Sukses

Konsumsi Muslim Dunia Tembus USD 2,4 Triliun di 2024, Ekspor Indonesia Perlu Digenjot

Menteri Teten melirik masih rendahnya tingkat ekspor halal dari Indonesia. Angkanya baru 3,8 persen dari total pasar produk halal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, ada potensi di pasar internasional soal produk halal. Bahkan ada potensi USD 2,4 triliun konsumsi Muslim dunia di 2024 mendatang.

Mengacu laporan dari State of Global Islamic Economic Report 2020-2021, tingkat konsumsi masyarakat Muslim dunia mencapai USD 2,02 triliun yang terserap di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan rekreasi halal.

"Tingkat konsumsi tersebut diproyeksi terus meningkat hingga mencapai USD 2,4 triliun pada tahun 2024 dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 3,1 persen," kata Teten Masduki dalam Indonesia International Modest Fashion Festival (In2Motionfest) 2022, di Jakarta Convention Center, Kamis (5/10/2022).

Dengan adanya potensi ini, Menteri Teten turut melirik masih rendahnya tingkat ekspor halal dari Indonesia. Angkanya baru 3,8 persen dari total pasar produk halal dunia.

"Untuk meningkatkan kontribusi tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya strategis, salah satunya melalui kolaborasi penyelenggaraan even berskala nasional dan internasional untuk mendorong promosi dan publikasi produk muslim Indonesia," ujar dia.

Dia mengatakan, Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MotionFest 2022) bersama dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Kementerian Koperasi dan UKM mampu memperkuat brand Indonesia sebagai pusat modest fashion di kancah internasional.

Menteri Teten mengaku telah sepakat bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo kalau event ini akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Bukan hanya dari aspek kemasan kegiatan, melainkan hingga jumlah desainer & buyer yang diundang.

"(Tapi) mengajak seluruh stakeholder di modest fashion di beragam kota turut terlibat, menyelenggarakan program promosi bersama, open house designer, sampai tentu saja dukungan pihak perbankan untuk program diskon pembelian," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Kemenkop UKM

Lebih lanjut, sebagai salah satu upaya membantu UMKM memanfaatkan potensi pasar halal dunia tersebut, Menteri Teten mengungkap hal yang sudah dilakukannya. Misalnya, menghadirkan fashion lab di Smesco Labo sebagai fasilitas riset UMKM.

"Salah satu bentuk outputnya adalah pameran siluet busana kebangsaan bertajuk Aradana yang diselenggarakan bersama Lakon. Ini bentuk upaya demokratisasi desain fesyen untuk outfit perkantoran berbasis budaya," ungkapnya.

Dukungan berikutnya terkait factory sharing atau rumah produksi bersama yang sangat bisa dimanfaatkan para pelaku modest fashion lokal.

Kemudian, Kemenkop UKM juga sudah menghubungkan aggregator bahan baku, pembiayaan, sampai akses pasar untuk sektor kriya dan wastra. Salah satunya melalui program Cerita Kriya dan Cerita Wastra, ini kita bekerjasama dengan Dekranas juga.

"Saya mengundang rekan-rekan pelaku dapat pula memanfaatkan ekosistem layanan hulu-hilir yang telah disiapkan di Smesco Indonesia," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

In2MotionFest 2022

Untuk diketahui, In2MotionFest 2022 merupakan upaya bersama untuk mendorong sektor industri modest fashion Indonesia menjadi brand yang dikenal dunia untuk mengangkat Indonesia di kancah internasional sebagai pusat modest fashion.

IN2Motion-Fest melibatkan 163 designer dari dalam dan luar negeri, dengan penggunaan lebih dari 14 wastra nusantara. Misalnya songket, tenun, batik, eco print, ATBM, lurik, tapis, tie dye, sasirangan, indigo, border, tenun ikat, jumputan dan rajutan.

Dia berharap, gelaran ini bisa mengambil peran sebagai akselerator dan bahkan agregator sektor modest fashion Indonesia dengan keterlibatan aktif para aktor di setiap lini ekosistem. Diharapkan melalui IN2Motion-Fest 2022 dengan tema Local Product Global Look, 17 slot fashion shows dan 1.280 looks, brand desainer anak bangsa menjadi brand yang dikenal di pasar global dan didukung bersama oleh seluruh stakeholder industri modest fashion.

"Akhir kata, saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya IN2Motion-Fest 2022 beserta dukungan semua ekosistem ISEF, menjadi event modest fashion terbesar di dunia. Semoga kedepan akan lebih banyak lagi stakeholder yang terlibat dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagi trendsetter industri modest fashion dunia," pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Tak Ada Hub

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Maruf Amin menyebut kalau Indonesia kaya dengan beragam komoditas. Namun, masih belum ada yang menghubungkan komoditas yang dimiliki dengan pasarnya.

Sehingga itu menjadi kendala dengan minimnya penerimaan yang didapatkan Indonesia. Maka, menurut Maruf, perlu adanya pembentukan global hub sebagai sarana pemasaran dari komoditas tersebut.

"Kita itu negara yang kaya, yang memiliki banyak komoditi, banyak produk yang kita miliki, itu memang yang diberikan kepada kita dan banyak, ini tidak semua negara sama diberi oleh Allah," kata dia dalam pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022, di Jakarta Convention Center, Kamis (6/10/2022).

Dia menerangkan, kalau Indonesia memiliki pasokan rempah yang sangat banyak. Bahkan digadang jadi pusat rempah dunia. Di sisi lain, banyak potensi di sektor perkebunan, pertambangan, hingga produk jadi seperti busana.

"Ada produk rempah, kita diberi oleh Allah rempah yang diluar (negeri) gak ada. Jalur rempah ini dihidupkan, jangan jalur sutra yang hidup, tapi jalur rempah yang harus kita hidupkan. Kita puanya pertanian perkebunan kelautan pertambangan dan produk fashion dan sebagainya," ujarnya.

"Tetapi tidak ada yang menghubungkan tidak ada yang mendorong mereka untuk memasarkan menghilirasi. Peran ini yang saya dorong saya katakan ini adalah peran hamzah washal," tambah dia.

Dia menerangkan 'hamzah washal' yang dimaksudnya merupakan analogi dari huruf hamzah yang ada dalam ayat Al-Quran. Menurutnya, hamzah washal ini bisa disebut sebagai penyambung atau hub.

Dalam konteks hub internasional dan komoditas, Maruf ingin ada sosok atau pihak yang bisa menjadi penghubung dari beragam komoditas yang potensial di Indonesia.

"Saya ingin tekankan beberapa pesan untuk bisa capai target-target yang bisa beri efek ganda, akselerasi dan penguatan global halal hub, sebagai pusat hamzah washal. ini banyak bertanya? apa hamzah washal? ituhuruf hamzah yang bisa menghubungkan antara kalimat dengan kalimat sehingga menjadi untaian kata yang indah," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.