Sukses

Ada Tambahan Rp 5 Triliun, Kartu Prakerja 2022 Masih Cari 1,4 Juta Peserta

Pemerintah tambahkan anggaran sebesar Rp 5 triliun untuk program kartu Prakerja disisa tahun 2022. Informasi tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Kamis (6/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tambahkan anggaran sebesar Rp 5 triliun untuk program Kartu Prakerja disisa tahun 2022. Informasi tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Kamis (6/10/2022).

"Kabar baik, kabar baik, kabar baik! Program Kartu Prakerja dengan skema Semi-Bansos masih berlanjut! Artinya, masih besar nih peluang kamu untuk jadi salah satu penerima manfaat Kartu Prakerja hingga akhir tahun 2022 ini. Makanya, buruan daftar Sob kalau belum daftar!," tulis keterangan @prakerja.go.id.

Dalam postingan itu mengingatkan kembali, bahwa diawal tahun 2022, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mendapat amanah menyalurkan anggaran Rp11 triliun untuk melanjutkan pelaksanaan program dengan skema semi-bansos.

Lantas apakah dana Rp 11 triliun itu sudah habis? Ternyata dana Rp11 triliun sudah 100 persen tersalurkan. Dana ditransfer langsung oleh Bendahara Umum Negara ke rekening bank atau dompet digital penerima manfaat Kartu Prakerja Gelombang 23-44.

Artinya, tanpa kamu sadari, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja kembali mendapat amanah menyalurkan tambahan dana Rp2 triliun. Dana telah tersalurkan pada Gelombang 45.

Kemudian skema Normal kartu Prakerja diundur ke tahun 2023. Kenapa? alasannya karena kondisi ekonomi global masih tidak menentu, sehingga tetap mengoptimalkan Program Kartu Prakerja

Tujuannya untuk mendukung daya beli masyarakat Tetap meningkatkan kompetensi angkatan kerja lewat pelatihan pelatihan yang ada.

Lalu, tambahan anggaran Rp5 triliun bisa untuk berapa penerima manfaat ya? Sederhananya, anggaran Rp 5 triliun di bagi total nilai manfaat yakni Rp 3.550.000 sama dengan total penerima manfaat sebanyak 1,4 juta.

Kemudian, kapan buka gelombangnya? Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menjelaskan, dalam proses penambahan tentunya diperlukan waktu.

"Sabar ya, pembukaan gelombang pasti akan selalu diinfokan pada waktunya di seluruh kanal media sosial Program Kartu Prakerja," tulis keterangan manajemen Prakerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Ditutup, Maaf Tak Bisa Daftar Lagi

Kartu Prakerja Gelombang 46 resmi ditutup pada Rabu (5/10/2022) malam kemarin pukul 23.59 WIB. Hal ini disampaikan akun resmi Instagram Kartu Prakerja @prakerja.go.id.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 ini sebelumnya dibuka pada 5 Agustus 2022 pukul 12.00 WIB.

"Pukul 23.59 WIB (5/10/2022) adalah batas akhir kesempatan kamu GABUNG GELOMBANG 46. Siapa saja yang udah gabung nih???," tulis akun tersebut, dikutip Kamis (6/10/2022).

Sebagai informasi, Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Seperti gelombang gelombang sebelumnya, untuk mendaftar program Kartu Prakerja Gelombang 46 calon peserta perlu mengetahui syarat sebagai berikut:

- WNI berusia 18 tahun ke atas.

- Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

- Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

- Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

- Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

- Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. 

3 dari 3 halaman

Cara Cek Kelolosan Kartu Prakerja

Bagi masyarakat yang telah mendaftar Kartu Prakerja , bisa mengecek kelolosan melalui dua cara yaitu, akun dashboard dan SMS atau pesan singkat atau e-mail.

Cek di Akun Dashboard

Mengutip informasi dari website prakerja.go.id, peserta bisa mengecek status kelulusan di akun dashboard masing-masing.

“Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboad kamu,” demikian penjelasannya.

Lebih lanjut, berikut ini langkah-langkah cek kelulusan Kartu Prakerja melaluin dashboard akun.

1. Cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja pada lama prakerja.go.id

2. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, itu berarti proses seleksi sedang berlangsung

3. Saat pengumuman, peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja

4. Peserta yang lolos menonton ketiga video tersebut dan tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video

5. Setelah menonton video selesai, peserta baru bisa melihat Nomor Kartu Prakerja

Sementara itu, bila tidak lolos Kartu Prakerja Gelombang 25, peserta akan mendapatkan notifikasi di dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.