Sukses

Kala Gado-Gado hingga Rendang Jadi Menu Suguhan Para Pejabat Amerika Serikat

Siapa yang tak kenal dengan Rendang, Gado-Gado, hingga Bakso. Makanan khas Indonesia ini ternyata sudah terkenal di penjuru dunia.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan Rendang, Gado-Gado, hingga Bakso. Makanan khas Indonesia ini ternyata sudah terkenal di penjuru dunia. Terbaru, berbagai makanan itu menjadi suguhan para pejabat Amerika Serikat.

Semua ini disuguhkan dalam acara Resepsi Diplomatik yang diadakan uta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan P. Roeslani.

Bertempat di Hotel Willard yang terletak di sisi timur Gedung Putih, resepsi dihadiri lebih dari 500 tamu undangan. Para undangan berasal dari kalangan pejabat pemerintah, anggota parlemen dan senat, korps diplomatik negara sahabat, pebisnis, lembaga think-tanks, tokoh masyarakat, hingga organisasi internasional di Amerika Serikat.

Mewakili Pemerintah AS, Menteri Perdagangan Gina Raimondo hadir sebagai Tamu Kehormatan. Resepsi juga dihadiri oleh tamu-tamu VVIP yaitu Anggota Kongres AS Eric Swalwell (Demokrat-California), Ted Deutch (Demokrat-Florida), Daniel J. Krittenbrink (Assistant Secretary of State for East Asian and Pacific Affairs), Raymond Duda (Assistant Director, International Operations Division, FBI), LTG Laura A. Potter (Deputy Chief of Staff, G-2 U.S. Army), Mari Elka Pangestu (Direktur Utama Pengembangan Kebijakan dan Kerjasama, Bank Dunia, serta Jedidiah P. Royal (Principal Deputy Assistance Secretary of Defense for Indo-Pacific Affairs).

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan P Roeslani menggarisbawahi kedekatan sejarah serta hubungan Indonesia dan AS yang sama-sama menganut prinsip demokrasi dalam bernegara.

“Semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia hidup dalam konstitusi 1945, dan E. Pluribus Unum milik Amerika Serikat,'out of many, one', identik dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu persatuan dalam keberagaman,” kata Rosan dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Menanggapi situasi global yang kini penuh dengan ketidakpastian, Dubes Rosan tekankan pentingnya untuk mengedepankan kolaborasi dan kerja sama guna mengatasi berbagai tantangan global.

“Pada masa krisis, orang bijak memilih untuk membangun jembatan, bukan membangun penghalang. Kita harus menemukan cara untuk menjaga satu sama lain, seolah-olah kita adalah satu suku,” ujar Rosan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Penuh AS dalam G20

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo menyampaikan dukungan penuh pemerintah AS terhadap kesuksesan presidensi Indonesia di G20, serta berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan kerjasama dan kolaborasi dengan Indonesia.

“Indonesia merupakan mitra AS yang sangat penting di kawasan. Saya sepakat dengan Dubes Rosan, bahwa melalui kerja sama yang baik antara AS dan Indonesia, kita pasti dapat meraih pencapaian yang luar biasa bagi kedua negara,” ucap Menteri Raimondo.

Ia menambahkan, Kementerian Perdagangan AS dalam waktu dekat akan mengadakan tiga misi besar ke Indonesia, yaitu Advanced Manufacturing Business Development Mission (Oktober 2022), Aerospace and Defense Trade Mission (November 2022), dan Trade Winds (Maret 2023).

 

3 dari 3 halaman

Sajikan Kuliner Khas Indonesia

Selepas penyampaian sambutan, Dubes Rosan pun mengundang Menteri Raimondo bersama tamu VVIP lainnya pada prosesi pemotongan Tumpeng sebagai bentuk penghormatan dan harapan terhadap hubungan Indonesia-AS yang lebih erat di masa mendatang.

Selain mencicipi aneka kuliner khas Indonesia seperti gado-gado, rendang, dan bakso, tamu undangan juga disuguhkan dengan penampilan musik gamelan dan tarian Bali.

Pada penghujung acara, resepsi menghadirkan penampilan khusus dari musisi dan komposer legendaris David Foster, yang diiringi oleh penyanyi dan aktris Katharine McPhee, finalis kompetisi American Idol tahun 2006.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.