PLN Sering Putus Aliran Listrik saat Musim Hujan, Ini Penjelasannya

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 04 Okt 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 10:30 WIB
FOTO: Kesibukan Petugas PLN Amankan Jaringan Listrik Saat Banjir
Perbesar
Petugas PLN bersiap memeriksa jaringan listrik yang sudah diputus agar tidak membahayakan, Bango, Pondok Labu, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Banjir di Jakarta berdampak pada 180 unit Gardu Distribusi dan 61.320 pelanggan sehingga terjadi pemadaman di sejumlah wilayah. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) berupaya memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan dalam memberikan layanan listrik, terutama di tengah musim hujan seperti sekarang ini. Dalam kondisi tertentu, PLN terpaksa memutus aliran listrik (mati lampu) demi menjaga keselamatan pelanggan.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto menjelaskan, di musim hujan terkadang ada berbagai hal yang tidak diinginkan terjadi. Maka itu, PLN mengambil tindakan untuk keamanan dan keselamatan pelanggan.

"Bagi PLN, keselamatan pelanggan adalah paling utama. Misalnya ketika banjir terjadi, PLN terpaksa melakukan pemutusan aliran listrik sementara untuk meminimalisir potensi yang dapat membahayakan pelanggan," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/10/2022).

Pemutusan aliran listrik saat musim hujan sendiri biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor. Pertama, gardu listrik terendam air. Intensitas hujan yang tinggi bisa saja menimbulkan banjir. Tak jarang, gardu listrik juga ikut terendam air.

Pada kondisi tersebut, maka aliran listrik mesti diputus sementara. Hal ini dilakukan demi mencegah sengatan listrik yang membahayakan pelanggan serta mencegah potensi gangguan kelistrikan yang lebih besar.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tertimpa Pohon

Kartini PLN UID Siap Jaga Ketersediaan Pasokan Listrik
Perbesar
Petugas wanita PLN UID Jakarta Raya melakukan pengecekan gardu distribusi listrik di jalan M.H Tamrin, Jakarta, Rabu (20/4/2022). Jelang peringatan Hari Kartini, perempuan PLN UID Jakarta Raya yang bertugas di lapangan tetap menjaga keandalan kelistrikan Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kedua, kabel listrik tertimpa pohon. Selain banjir, hal lain yang bisa menyebabkan aliran listrik terputus ialah pohon tumbang.

Ketiga, curah hujan dengan intensitas yang tinggi juga berisiko terhadap tanah longsor sehingga berpotensi merubuhkan jaringan dan memutus suplai listrik.

Keempat, Saat musim penghujan disertai petir juga dapat menyebabkan gangguan distribusi listrik, sambaran petir pada trafo distribusi maupun jaringan PLN kerap kali menjadi salah satu penyebab gangguan listrik.

 


Informasi via PLN Mobile

PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center PLN 123.
Perbesar
PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center PLN 123.

Lebih lanjut, Gregorius menyampaikan, bagi masyarakat yang melihat potensi gangguan aliran listrik bisa menyampaikannya lewat aplikasi PLN Mobile.

"Lewat PLN Mobile, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya