Sukses

Dibayangi Gejolak Ekonomi Global, Berapa Harga Emas Pekan Ini?

Pekan lalu, harga emas berjangka Comex Desember diperdagangkan pada USD 1,673.70, naik lebih dari 1 persen tetapi turun untuk bulan keenam berturut-turut.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dalam dua minggu ke depan akan sangat penting. Semua mata tertuju pada putaran terbaru data ketenagakerjaan dan inflasi, karena emas menunjukkan tanda-tanda yang menjanjikan di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan mengintensifkan volatilitas pasar.

Ahli strategi pasar senior RJO Futures Frank Cholly, mengatakan harga emas dunia mengalami perkembangan penting pertengahan minggu ini karena harga naik dari posisi terendah 2,5 tahun dan menuju level USD 1.700 per ons.

Pekan lalu, berjangka Comex Desember diperdagangkan pada USD 1,673.70, naik lebih dari 1 persen tetapi turun untuk bulan keenam berturut-turut.

"Pada hari Rabu pekan lalu, emas mengalami pembalikan utama. Kami membuat ayunan baru dari posisi terendah dan berakhir dengan penutupan yang lebih tinggi. Kami memiliki beberapa tindak lanjut Kamis dan Jumat. Melihat grafik emas, ini sangat positif. Kami beralih dari tren jangka pendek turun ke samping dan naik sekarang," kata Cholly.

Menurutnya, jika pasar emas dapat kembali di atas USD 1.700, tren naik akan tercapai, dan kemungkinan mencapai USD 1.740 per once. Sebelum minggu ini, emas sangat negatif, terutama setelah penurunan di bawah USD 1.680.

Sementara, menurut ahli strategi DailyFX Michael Boutros, menyebut penurunan yang lebih tajam di bawah USD 1.600 bisa membuka pintu untuk aksi jual yang lebih signifikan ke USD 1.290 per once.

"Secara teknis sangat suram di sini. Jika harga emas bisa naik di atas USD 1.706, kita bisa menghilangkan penembusan turun ini. Tapi langkah yang lebih tinggi perlu terjadi dalam dua minggu ke depan. Jika tidak, tren turun akan mengambil alih. Apa yang terjadi dalam dua minggu ke depan dalam harga adalah yang terpenting. Kecepatan dan besarnya kenaikan suku bunga Fed yang luar biasa memberi tekanan berat pada emas," kata Boutros.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan Geopolitik

Ketegangan geopolitik bisa menjadi salah satu pendorong jangka pendek yang membuat emas di atas USD 1.700.

Perkembangan terakhir melihat Rusia mencaplok empat wilayah di tenggara Ukraina, berjanji untuk menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mempertahankan wilayah tersebut.

"Jika eskalasi di Rusia mulai meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan ancaman nuklir nyata, itu akan positif untuk emas. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap kenaikan geopolitik dalam emas kemungkinan hanya sementara," kata kepala strategi komoditas global TD Securities Bart Melek.

Melek mengatakan, setiap kali ada peningkatan risiko geopolitik, setidaknya ada kenaikan sementara. Tetapi mengingat situasi kebijakan moneter, akan sulit untuk mengubah tren bearish emas secara keseluruhan.

Pada akhirnya, dolar AS terus menguat. Prospeknya tidak berubah. The Fed akan terus menaikkan suku bunga.

 

3 dari 3 halaman

Data Ketenagakerjaan dan Inflasi

Arah jangka pendek emas akan sangat bergantung pada data ketenagakerjaan dan inflasi yang dirilis dalam dua minggu pertama bulan Oktober.

"Saya tidak melihat penembusan emas sampai kita melihat angka ketenagakerjaan dan inflasi. Jika IHK atau ketenagakerjaan lebih kuat dari yang diharapkan, itu adalah negatif untuk emas. Ini menunjukkan bahwa Fed akan lebih mungkin untuk melanjutkan kenaikan sesuai nya Garis besar 4,6 persen dalam dot plot. Inflasi yang tinggi juga berarti bahwa pasar dapat mempertimbangkan sesuatu yang lebih agresif di masa mendatang, "jelas Melek.

Konsensus pasar menyebut perkiraan laporan ketenagakerjaan untuk menunjukkan ekonomi menambahkan 250.000 posisi pada bulan September dan tingkat pengangguran tetap mendekati posisi terendah 50 tahun di 3,7 persen. Angka inflasi tahunan diperkirakan akan mencapai 8,1 persen pada bulan September setelah membukukan 8,3 persen pada bulan Agustus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.