Suka Main Game? Coba 4 Jenis Profesi Ini

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 02 Okt 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi main game
Perbesar
Ilustrasi main game

Liputan6.com, Jakarta - Ada sebagian orang yang mungkin beranggapan bahwa bermain game itu hanya membuang waktu saja. Padahal, tahukah kamu kalau ternyata banyak profesi kekinian, khususnya untuk anak muda, yang bisa didapat dari hobi bermain game? Dari hobi jadi peluang.

Jika bermain jadi alasan untuk mengesampingkan tugas, itu memang merupakan dampak negatif dari bermain game.

Padahal ini bisa dimanfaatkan sebagai ladang usaha atau profesi yang menjanjikan. Karena di era yang serba digital seperti sekarang ini, kita bisa mengembangkan potensi diri yang ada sesuai dengan kesenangan yang kita suka.

Dikutip dari keterangan tertulis Biznet Minggu (2/10/2022), yuk simak beberapa profesi menjanjikan berikut yang bisa kamu dapatkan:

1. Gamer Profesional

Profesi pertama tentunya gamer profesional. Kembangkan skill gaming kamu, dan sering ikuti turnamen yang ada untuk meningkatkan reputasi di dunia game.

Mulailah dari turnamen berskala kecil di level lokal, hingga nanti bisa sampai ke level internasional, yang tentunya dengan hadiah yang menjanjikan.

Walaupun untuk menjadi gamer profesional tidak mudah, kamu harus terus bekerja keras serta memiliki dedikasi yang tinggi untuk ini.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Streamer

Ilustrasi Game Mobile, PUBG
Perbesar
Ilustrasi Game Mobile, PUBG (Photo by SCREEN POST on Unsplash)

Profesi ini mungkin sedang jadi profesi nge-hits di kalangan anak muda terutama di bidang esports atau game online.

Pastinya kamu juga bisa membuat berbagai macam konten positif yang bermanfaat mulai dari berita ter-update mengenai tim atau para pemain esports, konten video di YouTube salah satunya menjadi streamer atau vlogger yang berperan sebagai seorang yang membagikan konten mengenai suatu turnamen game online, memperlihatkan kemampuan bermain suatu game online untuk mendekatkan diri pada komunitas game.

3. Caster

Pernahkah kamu mendengar nama caster? Caster ini bisa dikatakan sebagai komentator pertandingan, dimana sebuah turnamen esports akan menjadi lebih seru ketika ada profesi caster di dalamnya.

Tidak jauh berbeda dengan komentator pertandingan sepakbola, caster ini dapat membuat pertandingan terasa lebih menarik untuk diikuti. Karena itu, seorang caster juga harus memiliki pemahaman yang sangat mendalam tentang game yang disiarkan.

 


4. Writer

Terlalu Lama Bermain Game dan Menonton Konten Streaming
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/Kelli

Content writer atau penulis cerita di dalam game online ada juga loh, pekerjaan untuk gamers yang suka menulis. Yap, pekerjaan game writer ini biasanya dibutuhkan untuk game yang memiliki narasi dan alur yang mendalam.

Game action-adventure, misalnya, membutuhkan narasi yang kuat untuk membangun gameplay-nya. Bahkan, di The Game Awards pun ada kategori khusus Best Narrative yang diberikan kepada game dengan story terbaik.

Biasanya, game writer akan bekerja sama dengan game designer dan voice over untuk menyampaikan ceritanya.

Itulah beberapa profesi kekinian yang bisa kamu tekuni dari hobi bermain game online. Dan untuk menekuni skill kamu bermain game online, tentunya kamu membutuhkan koneksi Internet yang stabil, dan anti nge-lag.

Untuk itu, kamu bisa andalkan Biznet Home Gamers, layanan Internet dari Biznet Home ini bisa kasih kamu bandwidth sampai dengan 250 Mbps plus IP Public.

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya