Ramaikan Bandara Soedirman Purbalingga, 6 Bupati Blocking Kursi

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 01 Okt 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 11:00 WIB
Bandara Jenderal Besar Soedirman atau Bandara Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah
Perbesar
Bandara Jenderal Besar Soedirman atau Bandara Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Pemkab Purbalingga)

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, siap melayani kembali penerbangan komersial. Sebanyak enam kepala daerah di Jawa Tengah menyatakan komitmen untuk menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat di Bandara Jenderal Besar Soedirman melalui blocking seat atau pembelian kursi, yakni dari Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, dan Kebumen.

Skema pembelian kursi ini akan dibahas lebih lanjut antara maskapai bersama perwakilan daerah masing-masing, dengan fasilitasi dari Kemenhub.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para kepala daerah yang kompak akan mengupayakan block seat. Ini artinya ada jaminan tingkat keterisian penumpang pesawat dan memberikan kepastian adanya penerbangan di bandara ini," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022).

Menhub mengatakan, upaya memberikan jaminan block seat ini dilakukan sebagai upaya awal agar penerbangan dari dan ke Bandara Soedirman dapat segera beroperasi kembali setelah terdampak pandemi Covid-19.

"Kita harapkan block seat ini tidak berlangsung lama dan setelah itu menjadi penerbangan yang biasa," tuturnya. Ditargetkan mulai Oktober 2022, semua pihak baik pemda, operator penerbangan, serta operator bandara, sepakat berkomitmen menyelenggarakan tiga flight/penerbangan dalam satu pekan sebagai permulaan.

"Ini bukti adanya kekompakan dan kerja sama yang baik antara Kemenhub, pemda, operator bandara, serta maskapai, untuk memastikan adanya penerbangan di bandara ini," ucap Menhub.

Dalam setiap pembangunan infrastruktur, Menhub melanjutkan, pemerintah memastikan infrastruktur yang telah dibangun harus dapat delivered atau dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kami ingin memastikan bandara ini berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat," kata Menhub.

Menurut dia, penerbangan dari dan ke Bandara Soedirman sangat potensial, dan pelayanan penerbangan di bandara ini telah dinanti oleh masyarakat Purbalingga dan sekitarnya. "Keberadaan bandara ini diyakini akan memberikan banyak manfaat positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat di Purbalingga dan sekitarnya," tandas Budi Karya Sumadi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penerbangan Perdana 10 Agustus, Cek Jadwal Wings Air di Bandara Purbalingga

Pesawat Maskapai penerbangan Wings Air di Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan yang siap terbang pada Jumat, 5 Agustus 2022. Dok Wings Air
Perbesar
Pesawat Maskapai penerbangan Wings Air di Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan yang siap terbang pada Jumat, 5 Agustus 2022. Dok Wings Air

Maskapai Wings Air bakal melakukan penerbangan perdana pada 10 Agustus 2022 mendatang di Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS), Purbalingga, Jawa Tengah.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan siap melakukan pelayanan prima kepada penumpang dari dan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga.

Ada beberapa layanan yang akan disajikan salah satunya armada pesawat dengan teknologi canggih dari perusahaan yang bermarkas di Perancis dan Italia yaitu jenis pesawat ATR 72-600 dan ATR 72-500.

“ATR 72 adalah jenis pesawat canggih di kelasnya yang didesain tepat melayani penerbangan jarak pendek dengan teknologi canggih di kelasnya,” katanya, dikutip dari keterangan Kominfo Purbalingga, Selasa (19/7/2022).

Dia menambahkan, aspek kesehatan juga menjadi prioritas layanan seperti kualitas udara segar terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi. Selain itu, sterilisasi kabin pesawat juga dilakukan secara terus menerus sehingga kebersihan dalam pesawat tetap terjaga.

“Kami jamin layanan termasuk dari aspek kesehatan dan kebersihan yang akan kami jaga terus menerus,” ucap dia.

Infografis 16 Bandara Dibuka untuk Penerbangan Internasional
Perbesar
Infografis 16 Bandara Dibuka untuk Penerbangan Internasional (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya