Harga Emas Dunia Hari Ini Sedikit Terangkat, Ini Hal Pemicunya

Oleh Arief Rahman Hakim pada 30 Sep 2022, 07:04 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 07:40 WIB
Ilustrasi Harga Emas (4)
Perbesar
Ilustrasi Harga Emas

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dunia sedikit terangkat dan mendekati posisi harian tertinggi. Awalnya, logam kuning telah menghapus kerugian karena melihat beberapa pembelian safe-haven pasar saham AS mencair lagi dan penghindaran risiko meningkat, di tengah mata uang dan pasar obligasi yang goyah.

Sementara elemen bullish harian untuk harga emas hari ini sedikit menurun di pasar global. Seperti indeks dolar AS dan imbal hasil Treasury.

Melansir laman Kitco, Jumat (30/9/2022), harga emas dunia untuk perdagangan Desember terakhir naik USD 2,10 menjadi USD 1.672,20 dan harga perak turun USD 0,08 pada USD 18,80 untuk perdagangan Desember 2022.

Indeks saham AS turun tajam dan kembali mendekati posisi terendah baru-baru ini di pertengahan hari. Pasar hanya sebentar diredakan oleh pengumuman mengejutkan Bank of England pada hari Rabu bahwa mereka akan memulai pembelian obligasi pemerintah Inggris untuk menstabilkan pasar obligasi Inggris yang kacau.

Namun, pasar dengan cepat menepis langkah tersebut karena dianggap tidak cukup. Penghindaran risiko tetap meningkat secara signifikan akhir pekan ini.

Pasar saat ini tengah khawatir dampak dari kenaikan inflasi, momok resesi ekonomi global, dan ketidakstabilan mata uang dan pasar keuangan di banyak negara.

Nigel Green dari DeVere Group mengatakan jika Pemerintah Inggris telah menciptakan "lingkaran malapetaka" yang mengancam seluruh sistem keuangan dan mereka harus bertindak segera.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Intervensi Inggris

Ilustrasi Harga Emas. Foto: Freepik
Perbesar
Ilustrasi Harga Emas. Foto: Freepik

Menurut dia, pasar sekarang tahu di mana letak kelemahannya. Intervensi melukiskan target di bagian belakang tubuh yang mengintervensi.

"Jika pemerintah Inggris tidak mengubah rencana pajak dan pengeluarannya, mereka akan meledakkan pasar hipotek Inggris, pensiun Inggris, dan lainnya, dan akhirnya (penularan) dapat menyebar ke pasar keuangan global yang lebih luas yang mereka sendiri duduki di bawah tekanan es karena likuiditas menghilang," kata Green.

Komentarnya muncul setelah Bank of England masuk untuk membeli obligasi Inggris pada hari Rabu. "Pengumuman BOE "adalah hal yang benar untuk dilakukan, tentu saja, tetapi tampaknya menggelikan bahwa ia harus bertindak dengan cara ini," kata Green.

 


IMF Ingatkan Inggris

Logo IMF
Perbesar
Logo IMF. (Foto: aim.org)

Dana Moneter Internasional memperingatkan pemerintah Inggris atas rencananya untuk pemotongan pajak dan pengeluaran, dengan mengatakan hal itu kemungkinan akan meningkatkan ketidaksetaraan dan menambah tekanan yang mendorong kenaikan harga.

Sementara untuk pasar luar utama hari ini, dilaporkan harga minyak mentah Nymex menguat dan diperdagangkan di sekitar USD 83 per barel.

Sementara itu, imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun naik dan saat ini mencapai 3,729 persen setelah naik di atas 4 persen. Imbal hasil Treasury note 2 tahun mencapai 4,39 persen.

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Perbesar
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya