Sukses

Jokowi Ramal Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal III-2022 Capai 6 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022 bisa dalam rentang 5,4 persen sampai 6 persen.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022 bisa dalam rentang 5,4 persen sampai 6 persen. Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi di kuartal II sebesar 5,44 persen.

"Perkiraan saya, ekonomi di kuartal III ini akan tumbuh 5,4 persen sampai 6 persen," kata Jokowi dalam acara UOB Economic Outlook 2023 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Jokowi optimis ekonomi di kuartal III ini akan lebih tinggi dari kuartal sebelumnya. Meskipun pada awal September terjadi kenaikan harga BBM subsidi yang sempat dikhawatirkan menggerus daya beli masyarakat.

"Saya cek di lapangan juga menurut saya akan tumbuh di atas yang kuartal II," kata dia.

Terlebih beberapa waktu lalu Jokowi turun langsung ke Maluku Utara yang pertumbuhan ekonominya bisa mencapai 27 persen. Tingginya pertumbuhan domestik ini ditopang dari sektor hilirisasi.

"Saya awal enggak percaya, setelah saya cek detail, dulu ekspornya nikel raw material hanya mentahan. Sekarang ada industri smelter di sana minyak," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Optimisme

Meski begitu dia menyadari mungkin prediksi yang dibuatnya berbeda dengan perhitungan yang dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sebab Jokowi mengaku memiliki 'kalkulator' sendiri yang membuatnya optimus ekonomi nasional pada awal semester II ini lebih optimis.

"Bu Menkeu mungkin juga bisa berbeda dengan saya. Saya juga punya kalkulator sendiri, Pak Menko (Perekonomian) punya perkiraan sendiri," kata dia.

Meski hitungannya berbeda, namun Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menumbuhkan semangat optimisme dalam menghadapi ketidakpastian global. Apalagi yang dihadapi ini bukan hal yang gampang dan hal yang murah.

"Saya hanya ingin menumbuhkan optimisme. Jangan pesimis!," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Jokowi Pamer Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Tertinggi di G20

Dalam acara UOB Economic Outlook 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tercatat, ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,44 persen di kuartal II 2022.

Menurut Jokowi, realisasi pertumbuhan ekonomi tersebut lebih tinggi dibanding negara yang tergabung dalam G20.

"Jadi kalau saya disuruh memperkirakan kuartal II bisa tumbuh 5,44 persen (year on year/yoy), coba dicari negara G20 yang tumbuh di atas lima persen. Kita ini tertinggi loh di G20," kata Jokowi, Kamis (29/9/2022).

Ia pun memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2022 berada di kisaran 5,4 sampai 6 persen. Prediksi ini lebih tinggi dari kuartal kedua yang sebesar 5,44 persen.

"Perkiraan saya ekonomi akan tumbuh di kuartal ketiga ini 5,4 sampai 6 persen, mestinya saya ini pegang angka. Saya bertanya ke menteri, saya cek ke lapangan juga, menurut saya akan tumbuh di atas yang kuartal kedua," kata Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Kepercayaan Konsumen

Dia optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan positif dengan berkaca dari sejumlah indikator. Salah satunya ia mengutip indeks kepercayaan konsumen yang meningkat ke angka 124,7 dibandingkan 123 pada Juli 2022.

"Optimisme konsumen ini masih pada posisi tinggi menurut saya. Karena indeks kepercayaan konsumen di angka 124,7 yang bulan Juli hanya 123. Artinya di situ ada optimisme," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.