Sukses

Mantan Istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott Gugat Cerai Suami Barunya

Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott, menggugat cerai suaminya, Dan Jewett, di Pengadilan Tinggi King County di Negara Bagian Washington.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari mantan istri pendiri Amazon Jeff BezosMacKenzie Scott

Dilansir dari CNN Business, Kamis (29/9/2022) miliarder sekaligus filantropis itu dikabarkan telah mengajukan gugatan cerai dari suaminya, Dan Jewett, setelah kurang dari dua tahun menikah.

Scott, yang juga merupakan salah satu orang terkaya di dunia, menikah dengan guru sains yang berbasis di Seattle itu tahun lalu setelah resmi bercerai dari Bezos pada 2019.

Scott mengajukan gugatan perceraian di Pengadilan Tinggi King County di Negara Bagian Washington pada Senin (26/9), menurut keterangan kantor panitera Pengadilan.

Berita terkait perceraian Scott dan Jewett pertama kali dilaporkan oleh outlet media The New York Times pada Rabu (28/9).

Pada tahun 2021, pasangan itu mengumumkan pernikahan mereka tanpa banyak keriuhan dan melalui pesan di halaman web mereka untuk Giving Pledge, sebuah organisasi filantropi yang mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Scott dan Jewett pun tampak kompak dalam komitmen mereka terhadap filantropi. Scott telah menyalurkan dana hingga miliaran dolar sebagai bagian dari rencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya.

"Saya menikah dengan salah satu orang paling dermawan dan baik yang saya kenal – dan bergabung dengannya dalam komitmen untuk memberikan kekayaan finansial yang sangat besar untuk melayani orang lain,” tulis Jewett dalam pesannya di laman Giving Pledge pada tahun 2021.

"Saya menantikannya. Pertumbuhan dan pembelajaran yang saya miliki sebagai bagian dari usaha bersama MacKenzie," ujarnya saat itu.

Tetapi pesan Jewett tampaknya sudah menghilang dari situs Giving Pledge dan namanya baru-baru ini diedit dari postingan Medium yang ditulis Scott tahun lalu tentang hadiah mereka, menurut laporan The Times.

Scott, seorang novelis, juga menghapus Jewett dari biografi penulisnya di Amazon, menurut NYT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliarder MacKenzie Sumbangkan 2 Rumah Mewah ke Organisasi Filantropi di Los Angeles

Sebagai salah satu perempuan yang masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia, mantan istri miliarder Jeff Bezos yaitu MacKenzie Scott telah memutuskan untuk memberikan sebagian hartanya demi beramal.

Dia dikabarkan menyumbangkan dua rumahnya untuk mendanai organisasi nirlaba yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari CNBC, Kamis (15/9/2022), Scott baru-baru ini menyumbangkan dua rumahnya yang berada di Beverly Hills California, ke California Community Foundation (CCF).  

Wakil Presiden Senior CCF Jarrett Barrios menjelaskan, organisasi ini bermaksud untuk menjual kedua rumah yang senilai USD 55 juta atau sekitar Rp 820,3 miliar. Kemudian menggunakan 90 persen dari nilai penjualan untuk mendanai inisiatif perumahan yang terjangkau.

Sementara itu, 10 persen sisanya akan digunakan untuk program integrasi imigran.

“Kami memiliki kebutuhan untuk menanggulangi krisis di Los Angeles untuk perumahan yang terjangkau yang terkait dengan krisis tunawisma yang kami alami, dan obat untuk tunawisma adalah rumah,” kata Barrios.

“Hadiah ini akan memastikan peningkatan yang cukup besar dalam pengeluaran tahunan kami untuk menciptakan perumahan dan mendukung penyewa,” sambungnya.

Transaksi itu diselesaikan akhir pekan lalu, setelah Scott memulai proses donasi mansion bulan lalu.

Scott, yang kekayaan bersihnya mencapai USD 38,2 miliar membeli salah satu rumah dengan mantan suaminya Jeff Bezos seharga USD 24,4 juta di 2007.

Mereka membeli rumah kedua yang terletak di ujung jalan. Satu dekade kemudian seharga USD 12,9 juta. Rumah itu memiliki 11 kamar tidur, 13 kamar mandi, kolam renang dan lapangan tenis, menurut Zillow. 

3 dari 3 halaman

Harta Milik Scott

Di samping itu, pada Maret, dia mengungkapkan sumbangan filantropi hampir USD 4 miliar selama sembilan bulan sebelumnya. Itu termasuk USD 20 juta ke CCF untuk mendirikan dana abadi LA Arts - yang, menurut situs web yayasan, mengeluarkan hibah untuk organisasi seni kecil hingga menengah di Los Angeles.

“Ketika tim pemberi kami berfokus pada sistem apa pun di mana orang-orang berjuang, kami tidak berasumsi bahwa kami, atau kelompok tunggal lainnya, dapat mengetahui cara memperbaikinya,” tulis Scott di Medium pada bulan Maret. “Sebaliknya, kami mencari portofolio organisasi yang mendukung kemampuan semua orang untuk berpartisipasi dalam solusi. Ini berarti fokus pada kebutuhan mereka yang suaranya kurang terwakili.”

Butuh beberapa saat sebelum rumah mewah berubah menjadi uang yang dapat digunakan. CCF perlu memasarkan dan menjual rumah sebelum memutuskan organisasi mana yang akan menerima hibah tahunan dari hasil penjualan, kata Barrios. Tujuan akhir organisasi ini adalah untuk membangun dan memelihara unit perumahan yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Los Angeles, dan mendanai program keadilan perumahan yang membantu penyewa mengakses informasi dan mengajukan program bantuan sewa, tambahnya.

Sebagian besar, itu pun bergantung pada volatilitas pasar perumahan di California selatan, kata Direktur Pemasaran dan Komunikasi CCF Paula Valle Castañon. Dia mengatakan Realtors yang disewa belum yakin seberapa cepat rumah akan terjual.

“Kami berterima kasih kepada MacKenzie Scott karena telah berinvestasi di komunitas kami, dan kemitraannya akan memungkinkan CCF mengembangkan jangkauan kami di komunitas,” kata Castañon. “Tetapi kami juga merasa terhormat dia merasa tim kami kompeten dan dalam kemampuan CCF untuk memelihara dan menjual dua rumah bernilai jutaan dolar.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.