Buka PaDi Hybrid Expo 2022, Erick Thohir: 64,5 Juta Pelaku Ekonomi RI Itu UMKM

Oleh Arief Rahman Hakim pada 28 Sep 2022, 20:20 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 20:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir resmi membuka Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo 2022 di Sarinah.
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir resmi membuka Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo 2022 di Sarinah. Ini disebut jadi ajang untuk membangun ekosistem yang berpihak pada UMKM.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir resmi membuka Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo 2022 di Sarinah. Ini disebut jadi ajang untuk membangun ekosistem yang berpihak pada UMKM.

PaDi UMKM Hybrid Expo ini akan digelar 28 September sampai 2 Oktober 2022 di Sarinah, Jakarta Pusat. Sementara itu pameran online akan digelar pada 28 September sampai 12 Oktober 2022.

Erick memandang kalau UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Porsinya mencapai 64,5 juta pelaku ekonomi adalah UMKM.

"64,5 juta ekonomi Indonesia itu UMKM, 97 persen lapangan pekerjaan oleh UMKM. Kita harus punya kepedulian membangun sebuah ekosistem kebersamaan," ujarnya di Sarinah, Rabu (28/9/2022).

Atas capaian itu, ia mengatakan kalau ekonomi Indonesia tidak dibangun dari segelintir kelompok dan korporasi besar. Artinya, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

"Saya bilang saya tidak percaya ekonomi Indonesia dibangun berdasarkan oligarki atau kapitalis tapi inilah Indonesia dimana fondasi daripada ekonomi kita adalah ekonomi kerakyatan," ujar dia.

Erick menegaskan sejak awal ia meminta BUMN untuk membuat sebuah ekosistem besar untuk UMKM. Mengingat realisasi yang cukup besar dari belanja BUMN kepada UMKM

"Sejak awal saya meminta BUMN, para pimpinan hari ini hadir untuk menjadi ekosistem besar," ungkapnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Transaksi Tembus Rp 24,5 Triliun

Menteri BUMN Erick Thohir resmi membuka Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo 2022 di Sarinah.
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir resmi membuka Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo 2022 di Sarinah.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengungkap transaksi BUMN ke UMKM terus meningkat setiap tahun.

Bahkan angkanya mencapai Rp 24,5 triliun hingga akhir Agustus 2022. Ini jadi catatan peningkatan yang terus terjadi sejak 2020.

"nilai belanja BUMN kepada UMKM tercatat mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, pada tahun 2020 baru Rp 11,7 triliun dengan 92.000 transaksi dan meningkat menjadi Rp 21,9 triliun dengan 263.000 transaksi pada tahun 2021, dan belum Sampai Akhir Tahun 2022 yaitu tepatnya di akhir Agustus telah terjadi peningkatan menjadi Rp 24,5 triliun," bebernya.

 


Pencipta Lapangan Kerja

Wapres Ma'ruf Amin didampingi Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022). Dia melihat beragam produk UMKM yang dipasarkan di Mal Sarinah. (Foto: Istimewa)
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin didampingi Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022). Dia melihat beragam produk UMKM yang dipasarkan di Mal Sarinah. (Foto: Istimewa)

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri Program 30.000 UMKM BUMN Go Online yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dalam acara ini, Peruri mengikutsertakan mitra binaannya mengikuti program pelatihan tersebut untuk membantu meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya dalam menjalankan usaha untuk mencapai kondisi yang lebih baik atau naik kelas.

Kemudian, pada acara ini juga dilaksanakan dialog antara UMKM dengan Menteri BUMN serta Talkshow oleh pelaku UMKM yang telah sukses dalam mengembangkan usahanya menggunakan platform digital atau e-commerce dan menceritakan pengalamannya yang dapat menginspirasi pelaku UMKM lainnya.

Tujuan Peruri mengikutsertakan mitra binaan dalam program ini adalah untuk mendorong mitra binaannya melek teknologi digital dan berhasil memasarkan produknya secara online melalui e-commerce atau marketplace yang kian berkembang.

Selain itu, melalui program yang diselenggarakan Kementerian BUMN ini, nantinya mitra binaan Peruri akan mendapatkan pelatihan online secara gratis dan asistensi selama 3 (tiga) bulan.

Erick Thohir menyampaikan bahwa UMKM berperan penting dalam konstelasi perekonomian nasional.

"UMKM adalah mayoritas ekonomi Indonesia, pencipta lapangan kerja," tutur Erick Thohir.

Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM, pada acara ini Kementerian BUMN dan beberapa BUMN menyalurkan pembiayaan untuk UMKM senilai Rp 386 triliun.

"92 persen (pembiayaannya) dari bank-bank BUMN. Pembiayaannya ada, tinggal kita mau maju atau tidak," kata Erick Thohir.

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Perbesar
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya