Sukses

Angkasa Pura I Gandeng MGLOG Maksimalkan Layanan Logistik

Angkasa Pura I menggandeng PT Mitra Intertrans Forwarding (MGLOG) guna memaksimalkan layanan logistik maskapai.

Liputan6.com, Jakarta - Angkasa Pura I menggandeng PT Mitra Intertrans Forwarding (MGLOG) guna memaksimalkan layanan logistik maskapai. Kerja sama keduanya akan memperkuat layanan logistik di laut maupun udara.

Untuk diketahui, MGLOG merupakan salah satu anak usaha Meratus Line Group yang bergerak di bidang logistik dan forwarding. Angkasa Pura I dan MGLOG menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan Bisnis dan Pelayanan Pengiriman Kargo Via Laut dan Udara.

Acara penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah dengan Direktur Utama Mitra Intertrans Forwarding Budi Hartono.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan langkah awal bagi kerja sama kedua perusahaan untuk pengembangan integrasi dan kombinasi bisnis layanan logistik, khususnya distribusi logistik via laut dan udara.

Turut hadir pula dalam acara penandatanganan MoU tersebut Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto.

“Dari pandemi yang telah berlangsung 2 tahun ini, kita semua belajar bahwa apa pun yang terjadi, logistik harus tetap jalan. Dengan latar belakang tersebut, negara melalui BUMN memberikan instruksi untuk memastikan sistem logistik yang lebih efisien. Dan salah satu untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melalukan _strategic partnership_ seperti yang saat ini kami lakukan dengan MGLOG," ujar Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

"Kami harapkan dengan adanya kerjasama ini maka akan terbentuk konektivitas layanan darat, laut dan udara sehingga kita dapat memberikan one-stop integrated solutions untuk pelanggan,” lanjut Dendi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruang Lingkup

Ruang lingkup dari nota kesepahaman tersebut adalah terkait kerja sama layanan pengangkutan via darat, pengiriman port to port melalui udara, pemeriksaan keamanan kargo dan pos. Lalu, pengangkutan dari pelabuhan ke pelabuhan dengan kepastian container, serta distribusi dan last mile melalui jalur darat dan/atau udara.

Direktur Utama Meratus Line Group Slamet Rahardjo menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara Angkasa Pura Logistik dengan MGLOG. Menurutnya kedua perusahaan punya layanan yang tersebar baik nasional maupun internasional.

"Dengan menyatukan kekuatan serta memaksimalkan potensi kita semua, saya yakin kita dapat memberikan pelayanan logistik intermoda transportasi terpadu, tidak hanya pengiriman via laut atau darat kini kami bisa terhubung melalui udara, tidak hanya secara domestik tapi juga ke rute-rute internasional," ujar Slamet Rahardjo. 

3 dari 3 halaman

Optimis

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah menyatakan optimisme dalam kerja sama antara kedua perusahaan. Lewat kolaborasi antara Angkasa Pura Logistik dan MGLOG ini, ada layanan yang dapat bisa berikan bersama.

"Proses angkut lanjut dari laut ke udara terutama untuk Indonesia Timur, diharapkan akan sangat memberikan solusi untuk pelanggan. Semoga setelah ini ada banyak hal lain yang bisa kita kolaborasikan bersama,” ujarnya.

Nota kesepahaman tersebut juga merupakan langkah awal bagi kedua perusahaan untuk meningkatkan layanan dan alternatif bandara dari forwarder, pemilik barang, serta stakeholder terkait lainnya. Utamanya dalam pendistribusian kargo ke area bandara yang lebih dekat dengan tujuan wilayah Indonesia Timur sehingga terdapat proses layanan yang lebih efisien, cepat, dan terintegrasi dengan Service Level Agreement (SLA) yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Kerja sama antara Angkasa Pura Logistik dan MGLOG yang tertuang dalam nota kesepahaman tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam percepatan integrasi layanan distribusi barang antar pulau dan antar tujuan. Melalui jalur distribusi darat, laut, udara, dan kombinasinya, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.