Ngoyo Tetap Kerja di Usia 64 Tahun, Miliarder Mark Cuban Mengaku Terlalu Kompetitif

Oleh Ine Vania Putri pada 27 Sep 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 21:00 WIB
Mark Cuban
Perbesar
Mark Cuban (biography.com)

Liputan6.com, Jakarta Hampir empat dekade lalu, Mark Cuban yang saat itu berusia 25 tahun memiliki tujuan ingin pensiun dalam waktu 10 tahun.

Namun hingga hari ini, miliarder berusia 64 tahun itu masih bekerja sebagai investor dan pengusaha. Dari memiliki Dallas Mavericks NBA hingga membintangi "Shark Tank" ABC, Cuban mengatakan dia jauh dari siap untuk mundur.

Pada episode terbaru podcast "Re:Thinking" dengan Adam Grant, Cuban mengatakan ada alasan dia belum pensiun.

“Saya terlalu kompetitif,” kata Cuban, ia menambahkan bahwa pola pikir inilah yang mendorongnya ke karir yang panjang dan sukses.

“Ketika saya berusia 25 tahun dan memiliki perusahaan pertama saya, saya ingin menjadi kaya,” kata Cuban. “Saya ingin pensiun pada saat saya berusia 35 tahun, dan itu mendorong keputusan yang saya buat.” Tambahnya.

Tetapi setelah menjual perusahaan pertamanya, MicroSolutions, pada tahun 1990, Cuban menyadari sesuat. Ia memula, menjual, dan berinvestasi di perusahaan yang terasa seperti olahraga dan yang dia tahu dia bisa terus menang selama bertahun-tahun yang akan datang. 

“Setiap pengusaha, pikiran mereka berkata, 'Saya ingin menjadi pengusaha yang mengganggu industri dan mengubahnya,'” Cuban menjelaskan. “Apa yang lebih baik dari itu?”

Dengan kata lain, Cuban mungkin tidak membutuhkan uang ekstra, tetapi dia masih mendapat sensasi dari mendukung investasi yang menjanjikan. Jika dia menghasilkan uang dari investasi sekarang, dia berkata di podcast, "Saya akan menginvestasikannya kembali."

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tidak Akan Pensiun Dalam Waktu Dekat

Mark Cuban
Perbesar
Foto: Business Insider

Pada usia 64, Cuban sekitar tiga tahun malu untuk dapat mengklaim manfaat pensiun Jaminan Sosialnya dan dia secara signifikan lebih kaya daripada rata-rata pensiunan orang Amerika di kelompok usianya.

Pada bulan Juli, perusahaan investasi Vanguard menemukan orang Amerika berusia antara 55 dan 64 tahun biasanya memiliki hampir USD 90,000 (Rp 1,3 miliar) yang ditabung untuk pensiun. Sementara Cuban belum mengungkapkan berapa banyak dalam rencana 401(k)-nya, Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya adalah USD 4.6 miliar (Rp 69,6 triliun).

Dan beberapa ahli mengatakan pensiun dini terlalu berlebihan. Hampir dua pertiga orang dari usia 57 hingga 66 tahun pensiun dini, meskipun kekayaan rata-rata untuk kelompok usia itu adalah USD 144,000 (Rp 2,1 miliar).

Laurence J. Kotlikoff, seorang ekonom Harvard mengatakan Itu kurang dari tiga tahun pengeluaran rumah tangga rata-rata. Hasilnya adalah pensiunan dini seringkali berakhir dengan lebih sedikit uang yang ditabung dan penurunan pemenuhan hidup secara keseluruhan, menurutnya.

 


Belum akan Pensiun

[Bintang] Mark Cuban
Perbesar
Mark Cuban, seorang triliuner mendukung Hillary Clinton untuk menjadi presiden. Mengetahui hal itu, Donald Trump mengatakan bahwa Mark adalah pria bodoh. (CNBC)

Tapi sepertinya Cuban tidak akan pensiun dalam waktu dekat.

Pada bulan Januari, ia meluncurkan Cost Plus Drugs, sebuah perusahaan resep yang menawarkan obat generik dengan harga lebih murah daripada apotek biasa. Dan sementara semangat kompetitifnya mendorongnya untuk memulai bisnis.

Cuban mengatakan bahwa dia lebih fokus pada misi perusahaan daripada menghasilkan keuntungan dan itulah salah satu alasan mengapa Cost Plus Drugs dapat menawarkan obat-obatan dengan harga terjangkau.

"Jika saya berusia 25 tahun dan saya melakukan ini lagi, saya mungkin [berpikir], 'Oke, apa yang bisa saya lakukan untuk diakuisisi?'" katanya. “Tapi sekarang nilai marjinal dolar saya berikutnya [minimal]. Itu tidak akan banyak mengubah hidup saya. Jadi proses pengambilan keputusan saya benar-benar berbeda.”

Infografis miliarder dunia
Perbesar
Jumlah miliarder dunia di setiap benua (liputan6,com/Deisy)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya