Sukses

Ingin Menabung Beli Rumah? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Setiap orang memiliki keinginan untuk mempunyai rumah sendiri

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki keinginan untuk mempunyai rumah sendiri. Maklum saja, rumah menjadi salah satu kebutuhan hidup paling utama selain pakaian dan makanan.

Sayangnya, dengan tingginya harga rumah saat ini, menjadikan setiap orang harus menabung bertahun-tahun untuk membelinya.

Namun, bila tiap individu mampu menyisihkan uang atau menabung untuk hal ini, memiliki rumah idaman pasti akan terwujud. Tidak sulit dilakukan bila seseorang sudah bertekad menabung untuk membeli rumah.

Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak fokus untuk mengumpulkan uang saja. Seiring hal tersebut juga harus menyusun rencana anggaran untuk apa saja uang tersebut akan digunakan dalam proses pembelian atau pembangunan rumah.

Salah satunya ketika akan membangun rumah, tentu Anda membutuhkan inspeksi rumah yang profesional.

Selain itu, bila Anda hendak membeli rumah biasanya pun ada uang muka yang harus sejak awal. Adapun uang muka tersebut bisa berkisar antara 0 hingga 20 persen.

Selanjutnya Anda juga perlu memikirkan anggaran yang terkait dengan hipotek. Tidak hanya itu, ada pula anggaran lain yang harus direncanakan antara lain untuk biaya pindahan, asuransi hipotek, kepemilikan rumah, hingga peralatan rumah tangga.

Untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut, Anda pasti akan membutuhkan uang. Lantas bila masih sulit untuk menabung, beberapa cara ini mungkin bisa sedikit membantu Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menabung

Melansir laman The Balance, Senin (26/9/2022), berikut ini tips menabung supaya bisa membeli rumah idaman.

Setelah memiliki tujuan untuk menabung, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan antara lain.

1. Buat rencana tabungan

Pertama-tama, Anda cari tahu berapa banyak uang yang diperlukan untuk membeli rumah. Setelah mengetahui anggaran yang harus dikeluarkan tersebut, tentukanlah uang yang akan Anda sisihkan setiap bulannya. Atur kembali pemasukan dan pengeluaran Anda sehari-hari supaya mencukupi.

Setelah mengetahui nominal uang yang ditabungkan per bulannya, kemudian Anda baru bisa mengidentifikasi waktu yang diperlukan untuk bisa memiliki rumah yang diinginkan.

2. Simpan pengembalian pajak

Selanjutnya Anda bisa menabung dari hasil pengembalian pajak yang diberikan setiap tahunnya. Rezeki itu bisa menjadi peluang untuk meningkatkan tabungan sehingga Anda dapat mempersingkat waktu demi membeli rumah.

 

3 dari 3 halaman

3. Mempertimbangkan pinjaman tabungan pensiun

Bila memiliki rencana pensiun, Anda bisa mempertimbangkan pinjaman. Sebab, banyak penyedia jasa yang menawarkan opsi pinjaman berbiaya relatif rendah. Selain itu, pinjaman ini pun tidak akan memengaruhi skor kredit Anda.

Akan tetapi, ada kelemahan dari cara ini. Bila tidak dibayarkan tepat waktu, tabungan pensiun Anda yang akan menjadi solusi untuk melunasi pinjaman yang belum terlunasi itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.