Sukses

Indonesia-Korea Selatan Tandatangani Kerja Sama Bisnis USD 7 Juta

Zulkifli Hasan menyaksikan penandatanganan MoU pengusaha Indonesia dengan KOrea Selatan di Nusa Dua, Badung, Bali usai pertemuan Trade, Investment and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) G20.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bercerita, pengusaha Indonesia mampu mendapatkan komitmen kerja sama bisnis dengan pengusaha Korea Selatan dengan potensi transaksi senilai USD 7 juta.

Menurutnya, produk-produk Indonesia ternyata sangat disukai di Korea Selatan. Kerja sama bisnis ini dalam hal pembelian sejumlah produk makanan olahan Indonesia. Produk tersebut adalah konyak, serta keripik singkong dan ubi olahan beku yang merupakan produk unggulan Indonesia.

“Saya menyambut baik penandatanganan tiga MoU yang menghasilkan potensi transaksi sebesar USD 7 juta,” ungkap Zulkifli Hasan dikutip dari Antara, Jumat (23/9/2022).

Zulkifli Hasan menyaksikan penandatanganan MoU tersebut pada Jumatini di Nusa Dua, Badung, Bali usai pertemuan Trade, Investment and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) G20.

Penandatanganan MoU kerja sama bisnis tersebut merupakan hasil pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Perdagangan Korea Selatan, Ahn Dukgeun pada Rabu (21/9) di sela penyelenggaraan TIIMM.

Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kemitraan strategis kedua negara, terutama di bidang perdagangan.

Penandatanganan tersebut dilakukan antara tiga pelaku usaha Indonesia dengan dua pelaku usaha Korea Selatan.

PT Satoria Konjac Industri dengan With Us Co.,LTD menandatangani MoU pembelian produk konyak dengan potensi transaksi senilai USD 2 juta.

PT Indorasa Utama dengan With Us Co.,LTD untuk produk keripik singkong dengan potensi nilai transaksi USD 2 juta.

PT Seed Origin International dan Wellygo Inc untuk produk ubi olahan (frozen dried sweet potato stick/frozen sweet potato paste) dengan potensi nilai transaksi sebesar USD 3 juta.

"Indonesia mengapresiasi penandatanganan tiga kesepakatan dagang dan berharap kerja sama serupa akan semakin terbuka dengan implementasi Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) dan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea Selatan (IK-CEPA)," tegas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekspor Impor Indonesia-Korea Selatan

Nilai perdagangan Indonesia-Korea Selatan pada Januari-Juli 2022 sebesar USD 14,03 miliar.

Pada periode tersebut, ekspor Indonesia ke Korea Selatan sebesar USD 7,27 miliar dan impornya USD 6,77 miliar.

Sementara pada 2021, total nilai perdagangan kedua negara sebesar USD 18,41 miliar. Pada tahun tersebut, nilai ekspor Indonesia ke Korea Selatan mencapai USD 8,9 miliar dan impornya USD 9,4 miliar.

Pada 2021, Korea Selatan merupakan negara tujuan ekspor ke-7 dan negara asal impor ke-6 bagi Indonesia.

Sementara itu, Korea Selatan merupakan negara asal investasi asing langsung (FDI) ke-7 bagi Indonesia. Investasinya pada 2021 sebesar USD 1,64 miliar dengan 2.511 proyek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.