Sukses

Harga Minyak Dunia Naik Dibayangi Kekhawatiran Pasokan

kendala pasokan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menambah dukungan lebih lanjut harga minyak dunia.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik dalam perdagangan yang bergejolak di tengah fokus pada kekhawatiran pasokan minyak Rusia. Faktor lain yang mempengaruhi harga minyak dunia adalah Bank of England menaikkan suku bunga kurang dari yang diperkirakan.

Melansir laman CNBC, Jumat (23/9/2022), harga minyak hari ini di pasar gobal jenis Brent naik 75 sen, atau 0,8 persen menjadi USD 90,58 per barel, setelah naik lebih dari USD 2 di awal sesi.

Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 75 sen, atau 0,8 persen menjadi USD 83,69, setelah naik lebih dari USD 3 di awal sesi.

Rusia mendorong masyarakat ikut wajib militer dan ini yang terbesar sejak Perang Dunia Kedua. Ini meningkatkan kekhawatiran eskalasi perang di Ukraina lebih lanjut dapat merusak pasokan minyak.

“Retorika permusuhan Putin adalah yang menopang pasar ini,” kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

Menurut analis, kendala pasokan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menambah dukungan lebih lanjut.

"Ekspor minyak mentah OPEC telah melandai dari peningkatan yang kuat pada awal bulan ini," kata Giovanni Staunovo, Analis Komoditas di UBS.

Uni Eropa sedang mempertimbangkan pembatasan harga minyak, pembatasan lebih ketat pada ekspor teknologi tinggi ke Rusia dan lebih banyak sanksi terhadap individu, kata diplomat, menanggapi apa yang dikutuk Barat sebagai eskalasi perang Moskow di Ukraina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Minyak

Permintaan minyak mentah di China, importir minyak terbesar dunia, rebound, telah diredam oleh pembatasan ketat COVID-19.

Bank of England menaikkan suku bunga utamanya sebesar 50 basis poin menjadi 2,25% dan mengatakan akan terus "merespons dengan kuat, seperlunya" terhadap inflasi.

Kenaikan suku bunga "kurang dari harga pasar dan menentang beberapa ekspektasi bahwa pembuat kebijakan Inggris mungkin dipaksa untuk mengambil langkah yang lebih besar," kata bank ING.

Bank sentral Turki secara tak terduga memangkas suku bunga kebijakannya sebesar 100 basis poin menjadi 12 persen, ketika sebagian besar bank sentral di seluruh dunia bergerak ke arah yang berlawanan.

Menyusul kenaikan besar-besaran Federal Reserve 75 bps pada hari Rabu, kenaikan suku bunga juga datang dengan cepat dan cepat dari Bank Nasional Swiss, bank Norges dan bank sentral Indonesia, dengan kenaikan lebih lanjut diharapkan dari bank Cadangan Afrika Selatan di kemudian hari.

“Ini hanya menunjukkan betapa sinkronnya siklus pengetatan saat ini,” kata Deutsche Bank.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.