Sukses

Holding Danareksa Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kabupaten Sragen

Anggota Holding Danareksa kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi positif bagi Indonesia melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Liputan6.com, Jakarta Anggota Holding Danareksa kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi positif bagi Indonesia melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kali ini, komitmen tersebut diwujudkan melalui kegiatan “Tanam 1.000 Pohon Durian” di Desa Wisata Agropolitan Organik, Sukorejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada 15 September 2022 lalu.

Kegiatan yang melibatkan kolaborasi antara 12 (dua belas) anggota Holding Danareksa ini ditujukan untuk meningkatkan perekonomian warga di Kabupaten Sragen, khususnya ekonomi petani.

Selain itu, kegiatan ini turut membantu Pemerintah dalam mewujudkan Program Peningkatan produksi buah durian di atas lahan seluas total 25 hektar.

Adapun pemilihan bantuan bibit durian oleh Holding Danareksa selain karena kesesuaian jenis tanah, pemilihan didasarkan pada potensi kedepannya bagi perekonomian masyarakat setempat sehingga disiapkan menjadi produk yang unggul dan bermanfaat bagi warga di Desa Sukorejo serta menciptakan wisata edukatif baru bertema agropolitan di Desa Sukorejo, Kabupaten Sragen. Kegiatan seremonial penanaman 1.000 pohon ini turut dihadiri Wakil Bupati Sragen, H. Suroto di Sragen.

Corporate Secretary PT Danareksa (Persero), Putu Dewika mengatakan, Holding Danareksa berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam memberikan nilai tambah tidak hanya bagi anggota Holding Danareksa, tetapi juga bagi masyarakat.

"Sinergi antara 12 anggota Holding Danareksa dan Kabupaten Sragen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, melatih keterampilan dan manajemen usaha warga, sehingga ke depannya dapat turut menumbuhkan perekonomian masyarakat dari sektor pertanian, pariwisata, dan edukasi. Hal ini sesuai dengan salah satu pilar tujuan Holding Danareksa, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan teknologi untuk bersaing pada skala global," paparnya, Rabu (21/9/2022).

Adapun 12 anggota Holding Danareksa yang turut berkolaborasi dalam kegiatan ini, antara lain PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), PT Kawasan Industri Medan (KIM), PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN), PT Kawasan Industri Makassar (KIMA), PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW), PT Nindya Karya, dan PT Balai Pustaka. PT Indra Karya (Persero), PT Danareksa Finance, dan PT Danareksa Investment Management.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Wisata

Desa Sukorejo sendiri sudah menjadi Desa Wisata BETISREJO (Jambeyan, Jetis, Sukorejo) dengan julukan DeWORejo (Desa Wisata Organik Sukorejo) dengan produk unggulan padi organik. Wisata tersebut juga telah diintegrasikan dengan pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata.

Dengan adanya penanaman sentra durian Desa Wisata Agropolitan Organik Sukorejo diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal secara berkelanjutan dan meningkatkan potensi yang dimiliki Desa Wisata BETISREJO.

Wakil Bupati Sragen, H. Suroto mengatakan, apresiasi setinggi-tingginya kami ucapkan kepada Holding Danareksa karena telah melihat adanya potensi sumber alam Desa Sukorejo dan atas kepeduliannya kepada warga Sragen.

"Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut seiring dengan kemajuan perekonomian rakyat Sragen dan kemajuan Holding Danareksa sebagai BUMN yang terus memberikan kontribusi bagi Indonesia," tegasnya.

Program pengembangan sentra durian dan penanaman tanaman jali pada lahan seluas 25 hektare akan dilaksanakan oleh kelompok tani setempat yang berkolaborasi dengan BUMDes. BUMDes akan berperan sebagai pendamping sekaligus konsultan penyuluhan pertanian dan penyuluhan swadaya. Hasil panen dan penjualan tiket tempat wisata nantinya akan dibagi rata sesuai dengan kesepakatan bersama yang sudah ditetapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.