Sukses

PLN Jadi Holding, Kementerian ESDM Minta Kinerja Lebih Lincah dan Efisien

Kementerian ESDM berharap dengan diluncurkannya Holding dan Subholding PT PLN (Persero), kinerja bisnis PLN bisa lebih efisien ke depannya.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian ESDM berharap dengan diluncurkannya Holding dan Subholding PT PLN (Persero), kinerja bisnis PLN bisa lebih efisien ke depannya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana, dalam peluncuran Holding dan Subholding PT PLN (Persero), di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Rida menjelaskan, dalam situasi dan kondisi energi global yang tengah berubah akibat pandemi covid-19 yang belum seluruhnya tuntas, dan gejolak politik akibat Rusia dan Ukraina, serta adanya tekanan untuk segera dilaksanakan transisi energi, semakin hari menjadi tuntutan global.

Maka semua perusahaan dituntut untuk makin lincah dan makin gesit, serta makin efisien dengan cara beradaptasi atas situasi yang berkembang melalui pengembangan inovasi baru, dan menciptakan layanan serta bisnis baru guna kesinambungan perusahaan.

"Kementerian ESDM mengapresiasi langkah restrukturisasi PLN ini. Agar PLN lebih lincah, gesit, dan efisien dalam menjawab perubahan kondisi dan tantangan energi indonesia dan global baik itu untuk saat ini maupun untuk masa depan," ujar Rida.

Oleh karena itu, melalui pembentukan holding dan subholding, Kementerian ESDM berharap terhadap PLN akan makin efisien kedepannya.

"Contohnya penjualan makin naik. Artinya ada ruang karena konsumsi per kapita kita masih kecil sedangkan tetangga kita sudah besar termasuk Malaysia. Itu juga merupakan peluang yang besar yaitu biaya pokok penyediaan akan turun, revenue akan naik, dan ujungnya beban fiskal APBN akan juga turun," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makin Efektif

Kementerian ESDM, juga berharap PLN makin efektif dan cepat mengambil keputusan, sehingga selalu terdepan dalam semua lini. Misalkan, selalu memanfaatkan teknologi baru yang terkait.

Tak hanya itu saja, Kementerian ESDM juga berharap PLN semakin menunjukan gesture perusahaan yang fokus pada Energi Baru Terbarukan (EBT), dan panas bumi.

"Ini sinyal baik bagi investor dan dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian kita secara nasional. Kami melihat ada ruang, PLN meningkatkan pemanfaatan teknologi digital dalam rantai bisnis lengkap dengan pengamanan IT security keamanannya," ujar Rida.

 

3 dari 3 halaman

Buat Industri Makin Kompetitif

Kementerian ESDM sangat yakin PLN mampu membuat operasi bisnis kelistrikan semakin efektif dan efisien dan sistem kelistrikan yang andal, aman, dan berkelanjutan dan harga yang semakin terjangkau oleh masyarakat, dan juga membuat industri makin kompetitif.

"Kami berharap PLN makin cepat dan lincah dalam penyediaan tenaga listrik dengan andal dan kualitas baik kepada lapisan masyarakat dan menjangkau seluruh pelosok negeri. Saya yakin, PLN akan mampu menjalankan tugas ini. Kebangkitan PLN selanjutnya dan akan menjadi babak baru pengelolaan energi nasional kedepan," pungkas Rida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.