Kenalkan Gustav Magnar Witzøe, Miliarder Muda Berharta Rp 57 Triliun Sebelum Usia 30 Tahun

Oleh Aprilia Wahyu Melati pada 24 Sep 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 21:00 WIB
Gustav Magnar Witzøe
Perbesar
Gustav Magnar Witzøe. Dok: Instagram @guswitzoe

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penduduk asal Norwegia Gustav Magnar Witzøe yang saat ini baru menginjak 29 tahun berhasil masuk ke dalam jajaran miliarder termuda di dunia. Dia menjadi pewaris kerajaan penangkapan ikan salmon milik ayahnya.

Lalu, siapakah sosok Gustav yang sebenarnya?

Mari kenali miliarder termuda asal Norwegia ini yang sempat menjadi model hingga merangkap sebagai investor seperti melansir laman South China Morning Post, Sabtu (23/9/2022).

Menempuh Pendidikan di Norwegia

Gustav Magnar Witzøe terlahir dari pasangan Gustav dan Oddny Witzøe pada 8 Februari 1993, di Frøya, sebuah pulau kecil di Trøndelag, Norwegia. Ibunya bekerja sebagai pengasuh dan ayahnya seorang pengusaha, menurut Hot Fast News.

Pada 1991, ayah Gustav mulai mendirikan SalMar yang saat ini telah tumbuh menjadi salah satu produsen salmon budidaya terbesar di dunia.

Menurut Seafood Media Group bisnisnya itu sudah melebar hingga Asia, Amerika Serikat, Kanada, Federasi Rusia dan Norwegia.

Meskipun perusahaan terus berkembang, keluarga Witzø tidak memanjakan sosok anak tunggalnya itu.

Bahkan Gustav sendiri mengungkapkan kepada The Telegraph bahwa anaknya pernah bolos kuliah dan justru bekerja di tempat pembudidayaan ikan salmon selama dua tahun untuk belajar berdagang.

Dia berkata, “Mungkin akan berbeda jika saya tumbuh dengan uang, tetapi karena kami tidak ketika saya masih kecil, saya sangat senang tentang itu. Itu hanya keluarga yang normal dan sederhana, dan saya pikir itu adalah nilai yang akan saya bawa.”

Punya Tato yang Didedikasikan untuk Orang Tuanya

Hampir semua orang yang berstatus sebagai anak begitu mencintai orang tuanya. Begitu pun dengan Witzø.

Sebagai bentuk rasa cinta, kasih, dan sayangnya kepada kedua orang tua, Witzø membuat sebuah tato. Menurut Cord, dia membuat tato di lengannya dan menuliskan “Pahlawan Sejatiku” yang tertuju untuk orang tuanya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Punya Kehidupan yang Mewah

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Perbesar
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Meski dia menyandang status sebagai miliarder muda, Witzø masih senang berolahraga dan menunjukkan gaya hidupnya yang mewah di akun social medianya. Dia bisa berolahraga kira-kira Sembilan kali dalam seminggu.

Selain itu, gaya hidupnya yang mewah pun ia tunjukkan lewat akun Instagram pribadinya. Beberapa foto yang diunggahnya merupakan tempat-tempat yang pernah ia kunjungi, dari Italia, Prancis, hingga Dubai.

Pecinta Anjing

Dari banyaknya hewan, Witzø begitu menyayangi seekor anjing dan akhirnya menjadikan peliharaan. Ia menyayangi anjing terrier Staffordshire kesayangannya. Bahkan Witzø pun membuatkan akun Instagram pribadi untuk hewan peliharaannya itu.

Jadi Miliarder Sebelum 30 Tahun

Pada 2013, Witzøe mendapat 47 persen saham SalMar ASA dari ayahnya. Saat itu usianya baru menginjak 19 tahun. Menurut The New Zealand Herald, langkah itu diduga untuk menghindari tagihan warisan yang besar.

Meskipun menjadi pemilik salah satu konglomerat perikanan terbesar di dunia, Witzøe tampaknya tidak merasa berhak atas kekayaan keluarga hingga saat ini.

“Anda tidak bisa hanya menuntut untuk menjadi bos dari organisasi sebesar itu. Anda harus cocok untuk itu. Jika ada alternatif, pria atau wanita terbaik harus mendapatkan pekerjaan itu. Ada begitu banyak yang dipertaruhkan – nilai, pekerjaan, faktor penting,” ujarnya.

Menurut Forbes, sat ini dia punya kekayaan bersih sekitar USD 3,8 miliar atau sekitar Rp 57 triliun.

 

 


Jadi Model Hingga Investor

Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race
Perbesar
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Menurut The Telegraph, Witzøe didukung oleh temannya untuk memulai karier sebagai model. Akhirnya dia meluangkan waktunya untuk berkarier sebagai model, tapi juga tetap berinvestasi di perusahaan start up. Menurut salah satu media Inggris, Witzøe berinvestasi di beberapa perusahaan, seperti Snapchat Norwegia, Gobi, dan layanan host Airbnb Keybutler, menurut media Inggris.

Investor Norwegia membiayai start-up melalui perusahaannya Wiski Capital, yang terlihat bekerja dengan talenta teknologi paling mentah di Norwegia, menurut situs webnya.

Pernah Terjerat Hukum

Sayangnya, kehidupannya tidak selalu mulus. Witzøe pernah terjerat hukum tepat di akhir masa sekolah menengahnya. Dia dilaporkan ditangkap karena menyalip kendaraan lain yang melaju dengan kecepatan 180km/jam di zona 60km/jam, menurut The New Zealand Herald. Akibatnya, dia menjalani hukuman dua minggu penjara, menurut sumber yang sama.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya