Jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara Target Rampung Desember 2022

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 21 Sep 2022, 11:26 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 11:26 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang
Perbesar
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang bisa rampung Desember 2022

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menargetkan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang bisa rampung Desember 2022. Utamanya untuk mendukung arus lalu lintas saat libur Nataru akhir tahun nanti.

Kehadiran jalan tol baru ini nantinya akan yang menghubungkan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2, dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

Menteri PUPR menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar -Sadang sepanjang 27,85 km.

"Kita akan selesaikan dulu ruas Sadang - Kutanagara 9 km pada Desember 2022 untuk mendukung arus libur Nataru," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022).

Namun, ia mengutarakan, penyelesaian Jalan Tol Japek II Selatan saat ini dihadapi oleh permasalahan finansial.

"Saya sudah menghubungi Pak Wamen BUMN untuk bisa mendorong PT. Jasa Marga mempercepat penyelesaian termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen," imbuh Menteri Basuki.

Dengan mekanisme ini, Basuki berharap bahwa PT Waskita Karya (Persero) selaku pelaksana konstruksi dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Tol Japek II Selatan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Proyek Strategis Nasional

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara gratis.
Perbesar
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara gratis.

Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan Swasta dengan kerjasama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga dan PT Wiranusantara Bumi.

"Kita coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. Untuk Lebaran 2023, kita coba sampai Gate Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gate Jati Asih 2024," terangnya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan membentang sepanjang 64 km dengan biaya investasi sebesar Rp 14,69 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

 


3 Seksi

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan
Perbesar
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan saat mudik lebaran 2022

Pembangunan jalan tol ini terbagi dalam 3 (tiga) seksi, yakni seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 km, dan seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Secara konstruksi, jalan tol ini akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya