Sukses

Dolar AS Perkasa, Harga Minyak Dunia Makin Murah

Harga minyak dunia merosot pada hari Selasa, mengikuti aset berisiko lainnya yang lebih rendah

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia merosot pada hari Selasa, mengikuti aset berisiko lainnya yang lebih rendah. Ini karena dolar AS tetap kuat dan investor mengantisipasi lebih banyak kenaikan suku bunga bank sentral yang dirancang untuk meredam inflasi.

Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin lagi pada hari Rabu untuk mengendalikan inflasi. Ekspektasi tersebut membebani ekuitas, yang sering bergerak seiring dengan harga minyak. Bank sentral lainnya, termasuk Bank of England, juga akan bertemu minggu ini.

Suku bunga yang lebih tinggi telah mendukung dolar AS, yang tetap mendekati level tertinggi dua dekade terhadap mata uang lainnya pada hari Selasa, membuat minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

“Pasar minyak terjebak di antara kekhawatiran turun dan harapan naik. Kekhawatiran didorong oleh pengetatan moneter yang agresif di AS dan Eropa, yang meningkatkan kemungkinan resesi dan mungkin membebani prospek permintaan minyak,” kata Giovanni Staunovo, analis komoditas di UBS dikutip dari CNBC, Rabu (21/9/2022).

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November turun USD 1,77, atau 1,9 persen, menjadi USD 90,23 per barel pada 12:44 malam. EST (1644 GMT). Minyak mentah West Texas Intermediate AS untuk pengiriman Oktober berada di USD 84,45, turun 1,49 persen. Kontrak Oktober akan berakhir pada hari Selasa dan kontrak November yang lebih aktif turun USD 0,95, atau 1,21, pada USD 84,03.

Baik Brent dan WTI berada di jalur untuk penurunan kuartalan terburuk dalam persentase sejak awal pandemi COVID-19. Brent mencapai sekitar USD 139 per barel pada bulan Maret untuk tertinggi sejak 2008.

“Dolar adalah kuncinya dan The Fed adalah kuncinya; mereka akan membunuh permintaan untuk inflasi apa pun,” kata Robert Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho di New York.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentimen China

China membiarkan suku bunga pinjaman acuannya tidak berubah pada hari Selasa karena pengguna minyak terbesar kedua di dunia itu mencoba untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi yang lamban terhadap mata uang yuan yang melemah.

Stok minyak mentah AS diperkirakan telah meningkat minggu lalu sekitar 2 juta barel, jajak pendapat Reuters menunjukkan. Perjalanan kendaraan AS pada Juli turun 3,3% dari tahun sebelumnya, penurunan kedua berturut-turut.

“Kami akan memasuki musim turnaround di sini, jadi ini bukan musim mengemudi atau musim pemanasan selama enam hingga tujuh minggu ke depan,” kata Yawger.

Sebuah dokumen dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia menunjukkan kelompok itu gagal mencapai target produksinya pada Agustus sebesar 3,58 juta barel per hari (bph) - sekitar 3,5 persen dari permintaan minyak global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.