Sukses

Harga Emas Anjlok 1 Persen, Menanti Suku Bunga AS Naik

Harga emas turun 1 persen pada hari Selasa. Ini terjadi karena dolar AS dan imbal hasil Treasury menguat.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun 1 persen pada hari Selasa. Ini terjadi karena dolar AS dan imbal hasil Treasury menguat, dan investor menyesuaikan posisi menjelang kenaikan suku bunga besar yang diperkirakan secara luas oleh Federal Reserve AS minggu ini.

DIkutip dari CNBC, Rabu (21/9/2022), harga emas di pasar spot turun 0,66 persen pada USD 1,664,99 per ounce pada pukul 16:00. ET, bertahan di dekat level terendah 29-bulan minggu lalu. Harga emas berjangka AS turun 0,26 persen menjadi USD 1,673,8

"Emas tidak dapat menghilangkan salah satu dari kekhawatiran pengetatan Fed yang agresif ini, imbal hasil terus meroket secara konsisten memberi tekanan pada emas," kata Edward Moya, analis senior OANDA.

The Fed secara luas terlihat menaikkan suku bunga setidaknya 75 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan dua hari pada hari Rabu.

Bank sentral lainnya juga diperkirakan akan tetap melakukan pengetatan kebijakan moneter dalam menghadapi lonjakan inflasi. Swedia menaikkan suku bunga dengan persentase poin penuh pada hari Selasa. Inggris, Norwegia, Swiss dan Jepang juga mengadakan pertemuan kebijakan moneter minggu ini.

Suku bunga tinggi biasanya meredupkan daya tarik bullion karena mereka menerjemahkan ke peningkatan biaya peluang memegang aset, yang tidak membayar bunga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dolar AS Dekati Level Tertinggi 2 Dekade

"Kebijakan moneter yang agresif hawkish dari Federal Reserve AS telah mendorong imbal hasil Treasury AS dan indeks dolar AS - keduanya merupakan aset yang bersaing dengan logam safe-haven," Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals, mengatakan dalam sebuah catatan.

Dolar bertahan di dekat level tertinggi dua dekade, membuat emas batangan lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Imbal hasil dua tahun AS mencapai level tertinggi hampir 15 tahun.

Meskipun "ketika ketakutan resesi global benar-benar menjadi titik fokus pasar karena semua orang menjadi lebih agresif dengan siklus pengetatan mereka, saat itulah emas akan memiliki peluang," kata Moya.

3 dari 4 halaman

Harga Emas Menguji Level Kritis di USD 1.675 per Ounce

Harga emas masih terus terombang-ambing dan kemungkinan bakal kembali jatuh. Pada pekan ini, harga emas akan menguji level support kritis setelah jatuh ke level terendah dalam lebih dari dua tahun.

seiring dengan penurunan harga emas, sentimen dari para analis di Wall Street dan investor ritel telah berubah dari bullish menjadi bearish. Banyak alasan yang membuat harga emas bakal turun pada pekan ini.

Aksi jual emas yang terjadi pada minggu lalu merupakan kelanjutan dari tren yang sudah dimulai sejak awal Maret karena pasar bereaksi terhadap tindakan kebijakan moneter agresif Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed).

Bank Sentral AS memang terus menerus menaikkan suku bunga untuk mendinginkan inflasi dan hal ini berdampak buruk ke harga emas. 

Banyak analis mengatakan bahwa harga emas masih akan tertekan di pekan ini. Sulit bagi logam mulia untuk menemukan momentum bullish dalam waktu dekat dengan melihat berbagai sentimen yang ada.

"Aksi jual emas berlebihan, tetapi aset ini tidak pulih dengan cepat dari penurunan tersebut. Jadi dalam waktu dekat, kita bisa melihat lebih banyak pelemahan," kata Presiden Adrian Day Asset Management, Adrian Day dikutip dikutip dari Kitco, Senin (18/9/2022).

Minggu ini, total 22 analis mengambil bagian dalam survei Kitco News. Empat belas analis atau 63 persen memperkirakan harga emas akan bearish pada minggu ini. Pada saat yang sama empat analis atau 18 persen menyatakan bahwa harga emas akan bullish dan jumlah yang sama menyatakan harga emas akan stabil.

Di sisi investor ritel, sebanyak 1.045 responden mengambil bagian dalam jajak pendapat online. Sebanyak 395 pemilih, atau 38 persen melihat harga emas bakal naik.

Namun 489 lainnya atau 47 persen memperkirakan harga emas akan jatuh. Sisanya 161 pemilih atau 15 persen menyerukan pasar emas bakal sideways.

4 dari 4 halaman

Sentimen Pelemahan

Sentimen bearish datang karena harga emas jatuh ke level terendah lebih dari dua tahun di USD 1.661,90 per ounce pada pekan lalu. Logam mulia terakhir diperdagangkan pada USD 1.684,30 per ounce, turun sekitar 2,5 persen pada Jumat lalu.

Dengan melihat sentimen bearish yang sangat jelas tersebut, pertanyaannya adalah seberapa jauh harga emas bisa turun. Banyak analis mencatat bahwa USD 1.675 mewakili level support yang signifikan. Penurunan di bawah level ini akan menandakan berakhirnya tren naik tiga tahun emas.

Analis lain melihat beberapa dukungan awal harga emas di sekitar USD 1.650. Namun, Colin Cieszynski, kepala strategi pasar di SIA Wealth Management Inc, mengatakan ada sedikit dukungan untuk emas jika menyentuh level USD 1.550 per ounce.

Direktur pelaksana di Bannockburn Global Forex Marc Chandler mengatakan, target harga emas berikutnya adalah USD 1.615 sampai USD 1.650 dan tidak menutup kemungkinan harga akan turun ke USD 1.500 pada tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.