Sukses

Berbagai Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Sesuai Jenjang Karir, Apa Saja?

Jenis-jenis asuransi yang diperlukan di setiap tahap kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis asuransi apa yang harus Anda miliki diberbagai tahap kehidupan Anda? penasihat keuangan menunjuk pada cacat dan asuransi jiwa sebagai jenis pertanggungan yang paling penting pada setiap tahap, karena mereka berlaku sepanjang hidup kita.

Penasihat bahkan membahas pertimbangan berbagai poin yang sering diabaikan dalam kehidupan dewasa Anda.

Menlansir laman CNBC pada Minggu (18/9/2022), berikut adalah beberapa saran asuransi khusus di usia spesifik, dari masa kuliah hingga tahun emas pensiun Anda.

Masa Kuliah

“Jika Anda mengambil pinjaman pelajar swasta dan pinjaman itu ditandatangani bersama oleh orang tua dan tidak dilunasi setelah kematian Anda, maka Anda memerlukan asuransi jiwa untuk menutupi pinjaman tersebut,” kata perencana keuangan bersertifikat David J. Haas, pemilik dari Cereus Financial di Franklin Lakes, New Jersey.

Karena kebutuhan bersifat sementara, untuk masa pinjaman saja, term life akan sesuai, katanya.

Pada Pekerjaan

“Jika Anda bekerja, Anda hampir pasti membutuhkan asuransi cacat,” kata Sean M. Pearson, CFP, wakil presiden asosiasi dengan Ameriprise Financial di Conshohocken, Pennsylvania. “Kebanyakan perusahaan besar menawarkannya sebagai keuntungan, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda memiliki cukup.”

Penting untuk memahami cakupan Anda, katanya. Rencana dapat mencakup kecacatan total, yang didefinisikan ketika pekerja tidak dapat bekerja, atau mereka hanya dapat mencakup situasi di mana pekerja tidak dapat melakukan sebagian dari pekerjaan atau memerlukan pengurangan jam kerja.

“Misalnya, jika Anda menghasilkan USD 100.000 per tahun sebelum cedera atau sakit, dan setelah perubahan kesehatan Anda, Anda masih dapat menyelesaikan pekerjaan dengan bayaran USD 40.000 tetapi Anda tidak dapat melanjutkan peran Anda saat ini, Anda mungkin tidak dapat mengumpulkan uang. asuransi,” kata Pearson.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saat Berkeluarga

Menikah dan memulai sebuah keluarga adalah saat-saat dimana segalanya menjadi lebih rumit, kata CFP Robert Fragasso, CEO Fragasso Financial Advisors di Pittsburgh.

“Jika Anda memiliki hipotek dan membutuhkan dua pendapatan dan ingin mulai menabung untuk kuliah, asuransi jiwa berjangka akan sesuai sampai hutang itu lunas,” katanya.

“Untuk kewajiban yang terjadi setelah Anda lulus, seperti pajak kematian, pembelian bisnis, atau mendukung anak cacat, Anda harus melihat ke dalam asuransi permanen.”tambahnya.

Asuransi cacat jangka panjang sering diabaikan pada tahap ini, kata Haas dari Cereus Financial.

“Yang paling penting adalah semakin muda Anda, karena itu mencakup penghasilan seumur hidup yang akan terancam jika Anda menjadi cacat,” katanya.

Pearson mengatakan pastikan untuk melihat "porting" cakupan kecacatan Anda, atau membawanya bersama Anda, jika Anda mengambil cuti untuk merawat anak atau anggota keluarga.

“Jika orang tua yang tinggal di rumah ingin kembali bekerja tetapi memiliki perubahan kesehatan selama waktu yang dihabiskan sebagai pengasuh, orang itu mungkin tidak dapat kembali bekerja secepat atau dengan gaji yang diharapkan,” katanya.

3 dari 3 halaman

Bersiap untuk Pensiun

Prapensiun adalah waktu untuk merencanakan perlindungan terhadap penyakit kronis yang mungkin memerlukan perawatan di masa pensiun, kata Pearson.

“Ada lebih banyak pilihan (pada usia itu) yang mungkin lebih murah jika Anda merencanakan lebih awal,” tambahnya.

“‘Awal’ bisa jadi pasangan menikah di usia akhir 30-an yang tidak berencana memiliki anak dan memiliki arus kas tambahan setelah tabungan pensiun, atau [di] usia akhir 50-an, ketika biaya pendidikan sebagian besar sudah habis,” katanya.

Tahun Emasmu

Jika Anda baru pensiun atau memasuki masa pensiun, salah satu pilihan untuk melindungi uang Anda dari hidup lebih lama adalah anuitas langsung dengan premi tunggal, kata Ivan Illan, pendiri Aligne Wealth Preservation di Los Angeles.

Bentuk anuitas sederhana ini membutuhkan uang muka sekaligus, yang umumnya tidak dapat dibatalkan, dan segera membayar Anda aliran pendapatan seumur hidup. (Ini kontras dengan anuitas yang ditangguhkan, yang memulai pembayaran di masa mendatang).

Penting untuk dicatat bahwa mereka tidak mengatasi risiko inflasi, katanya.

“Anuitas itu sendiri tidak jahat, semuanya ada dalam aplikasinya,” kata Illan. "Tapi tidak ada makan siang gratis - Anda pada dasarnya memberikan lump sum ini, tetapi arus kas bisa jauh lebih baik daripada obligasi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini