Sukses

Cara Cek BSU 2022 Sudah Cair Ke Rekening atau Belum Lewat Laman bsu.kemnaker.go.id

Sebelumnya, seperti diketahui bersama bahwa BSU 2022 tahap I senilai Rp 600 ribu sudah mulai dibagikan ke rekening masing-masing penerima terhitung sejak 12 September 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah mulai menyalurkan Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2022 tahap I ke masyarakat yang terdaftar sebagai penerima. Para pekerja atau buruh bisa mengecek dan mengenali tanda-tanda subsidi gaji sudah cair atau belum ke rekening masing-masing melalui laman bsu.kemnaker.go.id.

Lantas, bagaimana caranya?

Sebelumnya, seperti diketahui bersama bahwa BLT gaji atau BSU 2022 tahap I senilai Rp 600 ribu ini sudah mulai dibagikan ke rekening masing-masing penerima, terhitung sejak 12 September 2022. Di tahap ini, sudah ada 4,1 juta jumlah BSU yang tersalurkan dengan 4,36 juta pekerja/buruh yang menerima.

Sementara itu, targetnya Pemerintah akan menyalurkan BSU 2022 ke 16 juta penerima dengan dana yang sudah dianggarakan sebesar Rp 9,6 triliun. Namun, bila kenyataannya hanya tersalurkan di bawah angka tersebut, sisa dana nantinya akan dikembalikan ke kas negara.

Karena masih proses pencairan, masyarakat yang kemarin atau hingga saat ini masih belum mendapatkan BSU, coba mengeceknya dari laman bsu.kemnaker.go.id. Dengan demikian, Anda bisa tahu BLT Rp 600 ribu sudah cair atau belum di rekening.

Bagi yang masih bingung, berikut ini cara cek BSU sudah cair atau belum ke rekening penerima seperti mengutip akun Instagram @indonesiabaik.id, Jumat (16/9/2022).

1. Kunjungi laman bsu.kemnaker.go.id

2. Kemudian apabila belum memiliki akun, maka harus melakukan pendaftaran

3. Jika sudah memiliki akun, log in menggunakan akun yang dimiliki

4. Selanjutnya, lengkapi profil biodata diri

5. Terakhir, cek notifikasi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Notifikasi Penerima BSU

Setelah login akun, penerima yang mendapat subsidi gaji dari Pemerintah akan mendapatkan notifikasi bahwa dana BSU telah tersalurkan.

Sebagai contoh apabila dana BSU 2022 telah tersalurkan ke rekening, penerima akan menerima notifikasi sebagai berikut.

“Hai Saipul, ada kabar baik nih.... Bantuan Subsidi Gaji/Upah 2022 sebesar Rp 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) telah cair ke rekening Anda di Bank Mandiri. Selamat ya. Jangan lupa ikuti terus media sosial kami untuk mengetahui perkembangan informasi BSU 2022 serta update informasi ketenagakerjaan lainnya.”

Mengingatkan kembali bahwa BLT gaji sebesar Rp 600 ribu ini akan dicairkan melalui rekening Bank Himbara, yaitu Mandiri, BRI, BNI, BTN. Selain itu, juga bisa melalui Bank Syariah Indonesia khusus pekerja/buruh yang bekerja di wilayah Aceh.

Akan tetapi, bagi yang tidak ada rekening Bank Himbara atau BSI, pencairan BSU juga bisa dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Dengan cara ini, pencairan akan dilakukan dengan skema pembukuan rekening pos giro secara kolektif.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.