Sukses

Penerima Prakerja Gelombang 41 Segera Beli Pelatihan Sebelum 17 September 2022 Pukul 23.59 WIB

Dalam hal ini, masa beli pelatihan Prakerja gelombang 41 akan berakhir esok hari tepatnya 17 September 2022.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja yang masih berlanjut di tahun 2022 sudah mencapai gelombang 45. Meski begitu, bagi yang sudah dinyatakan lolos sebagai penerima kartu prakerja gelombang 41 diharapkan segera membeli pelatihan pertama sebelum kepesertaan dicabut.

Informasi terkait hari terakhir pembelian pelatihan pertama ini disampaikan langsung melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja di @prakerja.go.id.

Mengingat, penerima Prakerja harus membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah diumumkan kelolosan gelombang. Jika tidak, akibatnya akun akan dinonaktifkan.

Dalam hal ini, masa beli pelatihan Prakerja gelombang 41 akan berakhir esok hari tepatnya 17 September 2022.

“Sabtu, 17 September 2022 pkl. 23.59 WIB adalah batas akhir beli pelatihan pertama untuk penerima Kartu Prakerja gelombang 41. Yuk segera beli pelatihan pertama untuk kamu penerima gelombang 41, jangan sampai akunmu terblokir dan saldo pelatihanmu hangus Sob!” demikian penjelasan dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Jumat (16/9/2022).

Seperti yang sudah ditegaskan, jika penerima Prakerja tidak segera membeli pelatihan, akun Kartu Prakerja kemungkinan akan terblokir atau dinonaktifkan. Tidak hanya itu, peserta pun tidak diizinkan mengikuti kembali gelombang berikutnya dari Program Kartu Prakerja ini.

Sementara mengenai saldo pelatihannya, itu akan hangus dan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Jadi, bagi penerima Kartu Prakerja khususnya yang sudah lolos di gelombang 41 segera beli pelatihan pertama sebelum semua itu terjadi. Bagi yang masih bingung, berikut ini cara beli pelatihan Prakerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Beli Pelatihan Prakerja

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa penerima Prakerja dapat memilih lebih dari satu pelatihan. Dengan catatan, pelatihan kedua dilaksanakan setelah menyelesaikan pelatihan pertama dan penerima masih memiliki saldo yang cukup.

Lebih lanjut, berikut ini tahapan membeli pelatihan Prakerja.

1. Cek dashboard Prakerja

- Catat 16 angka Nomor Kartu Prakerja

- Pastikan saldo pelatihan sudah tersedia

2. Gunakan fitur "Cari Pelatihan" untuk mencari pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 23 yang tersedia di Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar, Pintaria, Karier.mu

3. Cek deskripsi yang mencakup info mengenai harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan juga cara mengajar sebagai pertimbangan sebelum membeli

4. Beli dan bayar pelatihan dengan Nomor Kartu Prakerja.

Setelah mengikuti pelatihan sesuai yang diinginkan, penerima akan mendapatkan sertifikat.

Selain itu, penerima juga bisa mendapatkan insentif Prakerja senilai Rp 600 ribu yang akan diberikan selama empat bulan dan Rp 50 ribu per survei.

Akan tetapi perlu diingat, penerima yang akan menerima insentif tersebut adalah yang sudah memberikan rating serta ulasan pada pelatihan kerja yang telah diikuti sebelumnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.