Rusak Dimakan Rayap, BI Ganti Sebagian Uang Milik Penjaga Sekolah di Solo

Oleh Liputan6.com pada 15 Sep 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 17:00 WIB
Uang Rp50 Juta Dimakan Rayap
Perbesar
Sebanyak Rp50 juta uang tabungan milik penjaga sekolah di Solo hancur dimakan rayap, Selasa (13/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) mengganti sebagian uang milik penjaga sekolah di Kota Solo yang rusak akibat dimakan rayap selama ditabung di dalam celengan.

"Selasa siang (13/9) kami lihat bentuk uang dimakan rayap. Kan itu diketahui pada Selasa pagi, kemudian jadi viral, agar lebih jelas hasilnya seperti apa kami sudah identifikasi sisa kertas uang yang dimakan rayap," kata Kepala BI Kantor Perwakilan Surakarta Nugroho Joko Prastowo di Solo, dikutip dari Antara, Kamis (15/9/2022).

Ia mengatakan dari identifikasi sisa lembaran pada tahap pertama diperoleh Rp9.910.000 uang yang memenuhi syarat untuk ditukarkan ke BI.

"Selanjutnya, Rabu kemarin kami coba rekonstruksi kembali. Alhamdulilah bisa menghasilkan dan memenuhi syarat yakni 2/3 dari luasan uang sebanyak Rp10.310.000. Dengan demikian, total yang sah dapat penggantian sebanyak Rp20.220.000. Ini jumlah optimal yang bisa BI bantu," katanya.

Selebihnya, untuk potongan-potongan kecil, dikatakannya, tidak bisa lagi direkonstruksi. Terkait kejadian tersebut, ia berharap menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat agar menyimpan uang tabungan ke tempat yang lebih aman, yakni bank.

"Itu lebih aman, bisa digunakan untuk transaksi nontunai, dapat bunga atau bagi hasil. Bisa di celengan dulu tapi setiap bulan disetorkan (ke bank). Kalau ini kan dua tahun jadi terlambat teridentifikasi," katanya.

Terkait hal itu, pemilik uang rusak, Samin mengaku bersyukur karena sudah dibantu oleh BI untuk mengidentifikasi uangnya.

"Membantu menyusun serpihan uang saya, dan ini akhirnya bisa ditukar maksimal," katanya.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Agar Lebih Cinta Rupiah

Penampakan Uang Rupiah Kertas Baru Tahun Emisi 2022 yang Resmi Digunakan pada HUT ke-77 RI
Perbesar
Melihat penampakan Uang Rupiah baru (instagram/bankindonesia)

Pada kesempatan tersebut ia juga mengajak seluruh pihak agar lebih cinta, bangga, dan paham rupiah salah satunya dengan menjaganya lebih baik lagi.

"Jangan nabung di omplong. Ini hasil saya dua tahun menabung, ngojek anak-anak (siswa) dapat Rp5.000-10.000 langsung saya masukkan ke celengan," katanya.

Selain itu, uang tabungannya juga berasal dari hasil istrinya yang berjualan di kantin sekolah. Rencananya, uang tabungan tersebut akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji bersama istri dan dua anaknya.

Uang di dalam celengan yang rusak akibat rayap diperkirakan sekitar Rp50 juta. Sedangkan uang yang disimpan dalam celengan lain sebesar Rp49,8 juta dalam kondisi aman.


Miris, Viral Uang Rp 15 Juta Rusak Dimakan Rayap usai Ditabung Bertahun Tahun

6 Momen Apes Uang Tabungan Dimakan Rayap Ini Bikin Nyesek Banget
Perbesar
6 Momen Apes Uang Tabungan Dimakan Rayap Ini Bikin Nyesek Banget (sumber: Twitter/putribuddin)

Cerita lainnya, tahun lalu juga sempat viral di media sosial Tiktok yang memperlihatkan tumpukan uang senilai total Rp 15 juta rusak di makan rayap. Terkuak jika uang tersebut selama bertahun-tahun tersimpan di bawah kasur.

Akun Tiktok @cheetoss227, seperti dikutip Kamis (7/1/2021), menunjukkan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu dalam satu wadah plastik kresek hitam, terlihat menjadi sobekan-sobekan kecil karena dimakan rayap.

Pemilik akun Tiktok bernama Citra Permatasari ini membagikan kisah miris yang dikatakan terjadi pada kerabatnya.

"Diambil pelajaran ya teman teman uang Rp 15 juta dimakan rayap, akibat disimpan di bawah kasur," mengutip cuitan dalam akun Tiktok tersebut.

Tampak beberapa orang terdiri dari pria dan perempuan terlihat terus memperhatikan kondisi uang tersebut. Bahkan, sang wanita tampak memegang pecahan uang yang rusak dan menunjukkan kesedihan.

Tertulis pula kata-kata, "Sedih ga tuh,". "Tak tersisa sedikitpun." Dan "Disimpan bertahun-tahun,".

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya