Sukses

Relakan Gaji 6 Digit demi Bisnis Bir, Miliarder Ini Kantongi Harta Rp 22 Triliun

Ketika Koch meluncurkan merek bir Samuel Adams pada tahun 1984, dia adalah lulusan Harvard berusia 34 tahun yang berhenti dari pekerjaan konsultasi dengan gaji enam digit.

Liputan6.com, Jakarta Berhenti dari pekerjaan kemudian lebih memilih bisnis kecil bisa menjadi salah satu keputusan terbesar dan paling menakutkan bagi sebagian orang. Namun, itulah salah satu cara bisa keluar dari zona nyaman.

Seperti yang dilakukan salah satu pendiri dan ketua Boston Beer Company alias miliarder Jim Koch. Ketika Koch meluncurkan merek bir Samuel Adams pada tahun 1984, dia adalah lulusan Harvard berusia 34 tahun yang berhenti dari pekerjaan konsultasi dengan gaji enam digit.

Dia lebih memilih untuk membuat bir di dapur keluarganya menggunakan resep keluarga lama. “Jika Anda lebih suka kaya daripada bahagia, Anda seorang sosiopat dan, saya bukan sosiopat. Saya memilih bahagia," ujar dia dilansir dari CNBC, Rabu (13/9/2022). 

Terhitung hingga hari ini, Koch sudah berhasil mengantongi kekayaan bersih senilai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 22,3 triliun.

Perusahaannya menarik lebih dari USD 2 miliar pendapatan tahunan. Tetapi 38 tahun yang lalu, mantan karyawan Boston Consulting Group itu hanya berharap untuk mengukir ceruk sebagai pembuat bir kecil di pasar bir yang didominasi oleh konglomerat besar, yang sebagian besar berbasis di luar negeri.

Meninggalkan pekerjaan bergaji tinggi untuk mengambil kesempatan itu adalah pertaruhan besar, tetapi Koch mengatakan dia tidak melihatnya seperti itu.

Dalam pertunjukan konsultasinya, Koch mengatakan bahwa dia sering memberi tahu klien untuk mempertimbangkan satu pertanyaan ketika memutuskan apakah akan meluncurkan bisnis atau produk baru atau tidak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekad yang Kuat

Tiba-tiba, dia menanyakan pertanyaan yang sama pada dirinya sendiri, katanya. Pendapat ayahnya adalah bahwa meluncurkan tempat pembuatan bir skala kecil “adalah tentang ide bodoh paling bodoh yang pernah dia dengar”, seperti yang dikatakan Koch sebelumnya. Sekarang, Koch mengatakan dia yakin dengan rencananya karena satu alasan sederhana. Pada saat itu, pembuat bir yang lebih besar menjual produk di bawah standar. Sederhananya, dia merasa dia bisa membuat bir yang lebih baik.

“Wawasan mendasarnya adalah ’Saya bisa membuat segelas bir terbaik yang tersedia bagi peminum bir di Amerika Serikat. Harus ada pasar untuk itu’,” katanya.

Koch mengatakan rencana bisnis awalnya adalah menghabiskan lima tahun menumbuhkan Sam Adams untuk memproduksi 5.000 barel bir setiap tahun, atau “1/40.000 pasar bir AS” pada saat itu, katanya. Dengan perhitungannya, perusahaan akan menghasilkan USD 1,2 juta pendapatan tahunan.

Itu cukup baik baginya dengan membuat bir hidup yang layak yang dia banggakan akan bernilai mengorbankan sebagian besar pendapatan tahunannya, katanya.

“Saya bisa membayar sendiri USD 75.000 setahun, yang dalam dolar hari ini mungkin USD 150.000,” kata Koch. “Dan saya akan bahagia ... saya cukup pintar untuk mengetahui bahwa jika saya harus memilih antara kaya dan bahagia, saya akan memilih bahagia setiap saat.”

 

 

3 dari 3 halaman

Pendapatan yang Meningkat

Pada akhirnya, Sam Adams berhasil melewati tujuan keuangannya, membantu memulai revolusi kerajinan bir di AS.

Saat ini, Boston Beer memiliki beberapa merek, termasuk Dogfish Head dan Truly seltzer, yang memproduksi 8,5 juta barel minuman dewasa setiap tahun dan menghasilkan miliaran pendapatan .

Seiring berkembangnya perusahaan, demikian pula kompensasi Koch. Pada tahun 2021, ia menerima total kompensasi USD 463.332 sebagai ketua Boston Beer, menurut pernyataan proksi April yang diajukan ke Komite Sekuritas dan Bursa AS.

Koch juga memiliki 18,5 persen saham di perusahaan, yang menawarkan nilai pasar USD 4,04 miliar, pada Selasa sore.

Kedengarannya seperti dia mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia, tetapi ketua Boston Beer mengatakan dia bertanya-tanya apakah dia akan lebih bahagia jika visi awalnya untuk Sam Adams yang lebih kecil — pembuat bir kerajinan regional hanya dengan segelintir karyawan — telah terjadi.

Sebagai contoh, dengan Boston Beer sebuah perusahaan bernilai miliaran dolar, Koch mengatakan bahwa dia bepergian lebih banyak daripada yang dia inginkan.

Pada 2019, setahun penuh terakhir sebelum pandemi Covid-19, dia mengatakan dia mengambil sekitar 190 penerbangan untuk bekerja. “Empat penerbangan seminggu,” katanya. “Saya sering bepergian dan perjalanan itu sulit.”

Ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab dan seorang Koch mengatakan bahwa dia masih bergulat dengannya.

“Apakah saya lebih bahagia karena semua kesuksesan ini daripada yang seharusnya, apakah itu baru saja terungkap seperti yang saya renungkan?” dia bertanya. “Ini adalah lemparan koin.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.