Sukses

Fakta Kebakaran di Gudang JNE, dari Penyebab, Kerugian hingga Produk Terbakar

Berikut adalah sederet fakta kebakaran gudang JNE di kawasan Cimanggis, Depok.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa kebakaran terjadi di gudang JNE di Jalan Pekapuran, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Kebakaran gudang JNE terjadi sekitar pukul 04.51 WIB.

Kabid Pengendalian Operasional pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, api sudah berhasil dipadamkan. 

"Alhamdulilllah sekarang api sudah bisa diatasi, tinggal pendinginan, tapi sekarang kami sedang memastikan jangan sampai ada temuan titik api," ujar Welman kepada Liputan6.com, dikutip Selasa (12/9/2022).

Diketahui, sejumlah pelaku usaha mulai dari kecantikan hingga fashion ikut terdampak dalam musibah tersebut. 

Berikut adalah sederet fakta peristiwa kebakaran gudang JNE di kawasan Cimanggis, Depok :

Diduga akibat korsleting listrik

Welman mengungkapkan, kebakaran gudang JNE dugaan akibat korsleting listrik, namun pihaknya akan memastikan lebih lanjut penyebab kebakaran tersebut. 

JNE siap ganti rugi barang konsumen

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menyampaikan permintaan maaf sehubungan dengan terjadinya musibah kebakaran Gudang JNE di Cimanggis Depok.

Head Of Media Relation JNE Kurnia Nugraha menyampaikan, pihaknya siap memberikan ganti rugi terkait produk-produk konsumen yang turut terbakar dalam peristiwa tersebut.

"JNE berkomitmen akan melakukan proses ganti rugi terhadap barang-barang kiriman pelanggan yang terdampak akibat musibah ini," kata Kurnia dalam keterangannya di Jakarta, Senin (12/9).

Kurnia menyampaikan, pengaduan informasi terkait barang kiriman milik pelanggan dapat menghubungi:JNE Customer Care, Telp : 021-2927 8888. Kemudian, Email : customercare@jne.co.id, Facebook : JNE Pusat, Twitter : @JNECare.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikut Terdampak Kebakaran Gudang JNE di Depok, Eiger Merugi Rp 50 M

Merek perlengkapan outdoor Eiger ikut terdampak kebakaran di Gudang JNE di Jalan Pekapuran, Curug, Cimanggis, Depok. 

Pasalnya, sekitar 200 ribu unit produk Eiger yang tersimpan di dalam gudang tersebut, ikut ludes terbakar.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jason Wuysang, GM ECommerce EIGER Adventure, menyampaikan akibat kebakaran tersebut, ribuan pesanan yang datang dari berbagai saluran belanja online harus dibatalkan.

"Hampir seluruhnya dari platform Shopee dan Tiktok, sebagian dari eigeradventure.com, sebagian dari Lazada dan Bukalapak dengan berat hati harus kami batalkan," ungkapnya.

Ia menyatakan pengembalian dana yang sudah dibayarkan oleh konsumen secara otomatis diproses oleh sistem di setiap platformnya.

"Secara perkiraan, total kerugian materi yang kami alami sampai Rp50 miliar," sambung dia.

Rumah warga di sekitar gudang JNE Cimanggis Depok ikut terbakar

Sejumlah rumah warga yang berdekatan langsung dengan gudang JNE Cimanggis turut terbakar. Gudang JNE di Kota Depok terbakar sejak pukul 04.51 WIB.

Salah seorang pemilik rumah yang terbakar, Stevana Astrida mengatakan menuturkan, saat peristiwa kebakaran terjadi, dia dan keluarga tertidur di kamar bagian lantai dua dan lantai dasar.

"Awalnya ada suara saya pikir musang namun suaranya masih ada sehingga penasaran dan membuka jendela lantai dua," ujar Stevana saat ditemui Liputan6.com, Senin (12/9/2022).

Setelah membuka jendela rumahnya, Stevana melihat api yang berasal dari gudang JNE membesar. Melihat itu, dia berusaha membangunkan suami dan anaknya yang sedang tidur di lantai dua rumahnya.

"Saya langsung bangunkan berikut orang tua saya yang tertidur di kamar lantai dasar," ucap Stevana.

3 dari 3 halaman

Pasca-Kebakaran Gudang JNE Cimanggis Depok, Polisi Pasang Police Line

Api yang membakar gudang JNE Cimanggis berhasil dipadamkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok. Pascakebakaran tersebut, pihak kepolisian telah memasang police line di gudang tersebut. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, sekitar pukul 13.00 WIB, petugas kepolisian sudah memasuki area gudang JNE Cimanggis yang terbakar. Petugas kepolisian mengeluarkan gulungan police line yang sempat dibawa petugas kepolisian.

Tidak lama berselang, petugas kepolisian melakukan pemasangan police line dari sisi timur ke arah sisi arah barat. Police line tersebut dipasang di sejumlah titik gudang JNE Cimanggis yang terbakar.

Sejumlah wartawan mengambil momen tersebut dari depan gerbang gudang JNE. Tidak lama kemudian pihak keamanan gudang JNE meminta wartawan untuk mengambil gambar di depan gerbang gudang JNE. Tidak lama berselang, pihak keamanan gudang JNE menutup pintu gerbang gudang JNE Cimanggis yang terbakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.