Sukses

Siasati Kenaikan BBM, GulaVit Bersama AGP Berikan BLT untuk Karyawan

Para penerima BLT adalah terutama kepada karyawan yang Gaji UMR.

Liputan6.com, Jakarta PT Pesona Inti Rasa (GulaVit) unit usaha PT. Pasifik Agro Sentosa yang merupakan Pabrik Gula Bervitamin di Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Utara yang juga menjadi bagian dari Yayasan Artha Graha Peduli (AGP) turut mensukseskan program Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang diinisiasi oleh Artha Graha Peduli kepada para karyawan serta pembagian sembako gratis dan subsidi kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi para karyawan dan masyarakat sekitar Pabrik.

Pimpinan PT. Pesona Inti Rasa Randy Suparman menyatakan AGP berkontribusi dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada sekitar 30 ribu karyawan/ti di unit grup usaha Artha Graha Group serta Artha Graha Network.

Para penerima BLT adalah terutama kepada karyawan yang Gaji UMR.Bantuan bagi karyawan disalurkan mulai tanggal 9 September 2022 melalui 2 cara yaitu melalui AGI Cash, produk uang elektronik dari Bank Artha Graha Internasional (BAGI) atau melalui rekening tabungan BAGI. Hal ini juga sebagai bentuk pengawasan agar penyaluran dana BLT tepat sasaran.

"Para Founder AGP dan Manajemen AG Group memahami kondisi perekonomian saat ini sebagai dampak kenaikan harga BBM, kami ingin berkontribusi langsung dan nyata dalam membantu karyawan dan masyarakat luas. Semoga atensi yang baik ini bisa bermanfaat bagi semua” ujar Ketua Yayasan AGP Heka Hertanto di Jakarta, dikutip Minggu (11/9/2022).

Heka menyebutkan selain memberikan BLT kepada karyawan/ti, Artha Graha juga mengadakan pembagian 50 ribu paket sembako gratis kepada masyarakat khususnya bagi yang benar benar membutuhkan, seperti para disabilitas, warga kurang mampu, dhuafa, lansia, yatim piatu yang bermukim di radius 5 km dari unit usaha AG Grup.

"Selain bagi karyawan sendiri, AGP juga terpanggil untuk berperan aktif membantu meringankan beban perekonomian masyarakat. Ini bentuk atensi dan solidaritas kami terhadap sesama” jelas Heka.

"Pemerintah tidak berjalan sendiri dalam menangani dampak kenaikan BBM. Semoga kegiatan ini dapat mengetuk hati para pelaku usaha lain untuk ikut berperan serta dalam membantu mengurangi gejolak ekonomi dampak dari kenaikan BBM, sehingga solidaritas antar sesama bisa tercipta” pinta Heka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wapres: BLT BBM Cara Pemerintah Jaga Kemiskinan Ekstream Tak Melonjak

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemberian bantuan langsung tunai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BLT BBM) ke warga miskin menjadi cara pemerintah untuk menjaga angka kemiskinan ekstrem supaya tidak melonjak.

Wapres mengatakan pemerintah hingga kini tetap fokus dalam mencapai target nol persen untuk kemiskinan ekstrem pada 2024, setelah pada 2021 mencapai 4 persen berdasarkan data Badan Pusat Statistik.

"Adanya kebijakan pemerintah berupa kenaikan harga BBM, harus dipahami masyarakat sebagai cara untuk menata kembali pemberian subsidi," kata Ma'ruf setelah mengukuhkan Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Selama ini, penyaluran subsidi BBM dinilai tidak tepat sasaran atau justru didapatkan oleh warga yang tak seharusnya menerima.

“Memberikan hak kepada orang yang berhak, ini yang sedang dilakukan pemerintah. Selama ini subsidi tidak sampai ke berhak, sehingga pemerintah memutuskan untuk mengambilnya dan menggantinya dengan bansos,” kata dia.

Wapres tak menyangkal kebijakan tersebut berdampak pada kenaikan harga untuk sejumlah bahan kebutuhan pokok penting. Akan tetapi, Ma’ruf menjamin bahwa hal tersebut hanya bersifat sementara karena sejatinya bukan kenaikan harga tapi penyesuaian atau normalisasi harga keekonomian barang dan jasa.

Ia menjelaskan pemerintah harus menempuh kebijakan menaikkan harga BBM karena Indonesia juga menerima dampak dari krisis energi yang melanda dunia.

Namun, apakah pengaruhnya akan signifikan bagi angka kemiskinan ekstrem nasional, menurut Wapres, hal itu harus dibuktikan berdasarkan analisis yang dilakukan BPS.

Pada prinsipnya, pemerintah terus mengawal proses ini agar dampak negatif tidak terlalu besar bagi kehidupan ekonomi masyarakat.

3 dari 4 halaman

Cara Daftar dan Cek Bansos BLT BBM 2022

Pemerintah mulai mencairkan bantuan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak atau BLT BBM sejak awal September 2022 ini.

BLT BBM 2022 merupakan salah satu program dari pemerintah untuk melindungi daya beli masyarakat akibat tekanan naiknya harga kebutuhan pangan di tengah naiknya harga BBM. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

“Bantuan ini diberikan untuk menyikapi kenaikan harga yang sekarang ini memang sudah mulai dirasakan naik sekaligus mengurangi beban pengeluaran keluarga dan meningkatkan daya beli warga,” kata Menteri Sosial,Tri Rismaharini, dilansir oleh Liputan.6.com melalui situs Kemensos pada Selasa, (6/9/2022)

Sasaran penerima BLT BBM 2022 ini sebanyak 20,65 juta warga, termasuk di dalamnya keluarga penerima manfaat BPNT dan PKH.

Adapun untuk penerima BLT BBM ini masing-masing KPM akan mendapat uang sebesar Rp600.000 yang akan dikirim melalui kantor pos Indonesia di seluruh Indonesia.

Dalam penyalurannya, BLT tersebut diberikan kepada masyarakat selama empat bulan yang akan dicairkan dua kali, yakni pada bulan September sampai Desember 2022 nanti. masing-masing pencairan akan menerima Rp300.000, sehingga jumlah total dana yang bisa didapatkan adalah Rp600.000.

Penyaluran BLT BBM oleh Kemensos ini hanya diberikan kepada masyarakat yang sudah memenuhi syarat serta kriteria yang ditentukan. Yaitu masyarakat yang termasuk kategori penerima dari golongan keluarga miskin, pra sejahtera, dan juga yang terdampak pandemi Covid-19.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi keluarga penerima manfaat BLT BBM 2022 ini, harus lebih dulu mengecek nama penerima pada link cekbansos.kemensos.go.id dan daftar di DTKS Kemensos, untuk mengetahui apakah Anda layak mendapatkan bansos BLT BBM tersebut.

Karena hanya masyarakat yang termasuk dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos inilah yang berhak mendapatkan BLT BBM 2022.

Untuk mendaftar masyarakat dapat mengakses melalui Aplikasi Cek Bansos yang terdapat di smartphone Android maupun iOS. 

4 dari 4 halaman

Cara Daftar Bansos BLT BBM 2022

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara daftar penerima BLT BBM melaui aplikasi Cek Bansos yang dirangkum oleh Liputan6.com Mengutip akun Instagram resmi milik Kementerian Sosial RI:

1. Langkah pertama, Download aplikasinya Cek Bansos terlebih dahulu di Google Play Store. Jika sudah terdownload Anda dapat buka aplikasinya, kemudian akan muncul halaman log in.

2. Kemudian pilih opsi buat akun, kemudian siapkan nomor NIK KTP dan KK.

3. Langkah berikutnya, masukkan data diri calon penerima BLT BBM pada halaman aplikasi. Yaitu:

-      Isi nomor Kartu Keluarga, NIK, nama lengkap sesuai KTP.

-      Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, alamat sesuai KTP beserta RT/RW.

-      Isi nomor ponsel, alamat e-mail, username dan password

-      Lampirkan foto dengan cara swafoto diri bersama KTP untuk verifikasi data calon penerima BLT.

4. Jika sudah kemudian klik 'Buat Akun Baru'. maka Anda akan mendapat kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui e-mail. Jika pesan aktivasi tidak ada di pesan masuk e-mail silahkan untuk cek di spam.

5. Setelah itu cek menu profil. menu profil akan menampilkan username, produk bantuan sosial dan menampilkan status apakah akun ini mendapatkan bantuan PKH atau BPNT.

6. Apabila Anda lupa kata sandi, maka Anda dapat mereset  kata sandi dengan memasukkan nomor ponsel, alamat e-mail, dan username.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.