Sukses

Damri Buka Rute Jawa Timur-Bali, Harga Tiket Mulai dari Rp 90 Ribu

Jadwal keberangkatan bus Damri untuk rute layanan Jember-Denpasar tersedia pukul 06.40 WIB, 08.00 WIB, 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Damri membuka pelayanan baru untuk moda transportasi jalur darat Jawa Timur-Bali. Layanan bus Damri tersebut memiliki rute Jember-Denpasar dan Denpasar-Probolinggo.

Denpasar-Jember atau Denpasar-Probolinggo biasa diakses melalui perjalanan pesawat terbang. Namun dengan adanya angkutan Damri, rute tersebut dapat dilalui dengan perjalanan darat.

Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri menuturkan, layanan tersebut dapat menjadi salah satu alternatif bagi pelanggan Jawa Timur dalam melakukan perjalanan ke Bali.

"Harapannya dengan hadirnya layanan darat Jawa-Bali dapat meningkatkan animo pelanggan, khususnya di wilayah Jawa Timur dalam melakukan perjalanan lintas pulau menggunakan jalur darat," ujarnya, Sabtu (10/9/2022).

Berikut detil rute perjalanan Jember-Denpasar:

1. Terminal T. Alun-Denpasar, dengan tarif Rp 180.000

2. Terminal Jajag-Denpasar, dengan tarif Rp 160.000

3. Terminal Srono-Denpasar, dengan tarif Rp 140.000

4. Terminal Banyuwangi-Denpasar, dengan tarif Rp 130.000

5. Terminal Genteng-Denpasar, dengan tarif Rp 180.000

6. Terminal Benculuk-Denpasar, dengan tarif Rp 160.000

7. Terminal Rogojampi-Denpasar, dengan tarif Rp 140.000

8. Terminal Ketapang-Denpasar, dengan tarif Rp 110.000

9. Terminal Gilimanuk-Denpasar, dengan tarif Rp 90.000

Jadwal keberangkatan untuk rute layanan Jember-Denpasar tersedia pukul 06.40 WIB, 08.00 WIB, 19.00 WIB.

Selain jadwal keberangkatan di atas, tersedia juga trayek Denpasar-Jember dengan tarif Rp 180.000. Trayek Denpasar-Probolinggo dikenakan tarif sebesar Rp 240.000, dan trayek Denpasar-Lumajang dengan tarif Rp 210.000.

Untuk trayek Denpasar-Jember, jadwal keberangkatan tersedia pukul 08.00 WITA, 18.00 WITA, 20.00 WITA. Sedangkan untuk trayek Denpasar-Probolinggo jadwal keberangkatan tersedia pukul 08.00 WITA.

Khusus perjalanan dari Jakarta, Damri juga menyediakan layanan rute Jakarta-Jember dengan keberangkatan dari Pool Damri Kemayoran-Cirebon-Semarang-Probolinggo, hingga ke tujuan akhir Jember. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 420.000, jadwal keberangkatan mulai pukul 14.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perum Damri Buka Rute Baru Bandara Soetta-Jababeka

Sebelumnya, PT Jababeka Tbk sedang ingin menjadikan Kota Jababeka- Cikarang menjadi kota mandiri berkonsep Transit Oriented Development (TOD) melalui Trans-Jababeka.

Trans-Jababeka sendiri adalah layanan transportasi massal terintegrasi yang melayani pergerakan masyarakat di Jababeka-Cikarang, baik di dalam kawasan maupun antar kawasan dari Kabupaten Bekasi hingga menyentuh ibukota DKI Jakarta dan wilayah aglomerasi Jabodetabek dan sekitarnya.

Saat ini TOD City Jababeka terus berkembang pesat. Hal itu setelah adanya penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman tentang pengembangan moda transportasi umum di Kawasan Kota Jababeka-Cikarang antara “Trans Jababeka” dengan dengan empat provider angkutan bus terkembuka, yaitu Sinar Jaya, Perum PPD, Perum DAMRI dan Swoop,.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Agung Wicaksono selaku Managing Director PT Jababeka Infrastruktur dengan Dadan Rudiansyah selaku Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha DAMRI, Bambang Suryo Susakti selaku Direktur Operasional dan Pemasaran Perum PPD, Brigjen.Pol(P). Dr.Drs. Muh. Elia WM. S.H.,M.M.,Adv. selaku Direktur Sumber Daya Manusia Sinar Jaya.

Sementara penandatanganan MoU dilakukan oleh Agung Wicaksono dengan Michael Geric selaku Co-Founder Swoop terkait peningkatan aksesibilitas ke Kota Jababeka.

"Objektif kerja sama ini ialah untuk menciptakan suatu sistem transportasi publik terintegrasi di kawasan Kota Jababeka Cikarang. Di mana menghadirkan transportasi publik untuk menghubungkan seluruh kawasan Kota Jababeka dengan kota-kota besar di sekitarnya dan transportasi antar moda transportasi umum lainnya (commuter bus, airport, stasiun KRL dan Kereta Api Cepat)," terang Direktur Utama PT. Grahabuana Cikarang Suteja S. Darmono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para operator yang telah mau berkolaborasi dalam mengoptimalkan angkutan massal yang ada di Kota Jababeka Cikarang ini," lanjut dia.

 

3 dari 3 halaman

Rute

Melalui terjalinnya empat kerja sama ini, maka akan hadir Bus DAMRI dengan rute Kawasan Jababeka dengan Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi setiap hari (sesuai jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan).

Kemudian, Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dari Sinar Jaya yang beroperasi setiap hari (Senin hingga Minggu) ke Jawa Tengah; akan hadir juga Bus dari PERUM PPD dengan rute Kota Jababeka ke wilayah Jakart yang beroperasi setiap hari; dan akan hadir Bus Swoop untuk meningkatkan aksesibilitas ke Kota Jababeka.

Saat ini sendiri TOD City Jababeka sudah eksis dengan hadirnya sejumlah transportasi publik. Mulai dari layanan Jabodetabek Residence Connexion dengan rute Hollywood Junction ke Blok M-Jakarta, Jabodetabek Airport Connexion, Bus AKDP hingga layanan Shuttle Bus DAMRI dengan rute dari Hollywood Junction ke Stasiun Cikarang.

“Sebenarnya beberapa operator bus yang melakukan tanda tangan kerja sama sudah juga beroperasi, dan ditambah operator bus lain dalam penandatanganan perjanjian kerja sama dan MoU ini, tentu akan makin mempermudah masyarakat maupun pekerja melakukan mobilitas dari dan ke Kota Jababeka,” terang Suteja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.