Sukses

Azwar Anas Siapkan Gebrakan Usai Dilantik jadi Menteri PANRB

Pasca dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, siap meningkatkan pelayanan publik di level kabupaten dan kecamatan.

Liputan6.com, Jakarta Pasca dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, siap meningkatkan pelayanan publik di level kabupaten dan kecamatan.

"Dalam jangka pendek ini pelayanan publik dilevel kabupaten dan kecamatan mesti secara terukur dibuat oleh kabupaten kota di seluruh Indonesia. Kemudian, kedua, secara kelembagaan ke depan akan terus kita tata agar jemput bola pelayanan ke bawah akan bisa jalan," kata Abdullah Anwar Anas saat ditemui di Kantor Kementerian PAN-RB, Rabu (7/9/2022).

Lanjutnya, dia juga menegaskan terkait reward dan punishment di sistem akuntabilitas pemerintah. Menurut, program-program pelayanan publik yang terintegrasi akan menjadi ukuran penting.

"Saya kira itu (rencana) dalam jangka pendek," imbuhnya.

Disamping itu, dia juga mengaku siap akan melanjutkan program-program yang ditinggalkan oleh Alm. Tjahjo Kumolo mantan Menpan-RB kepada Mahfud MD.

"Pertama, saya tentu ingin melanjutkan program-program baik yang sudah dirancang oleh Alm. pak Tjahjo dan yang beliau tinggalkan ke pak Mahfud MD, insyaallah yang baik-baik akan kita lanjutkan," ujar Anwar Anas.

Kedua, sesuai arahan Presiden, dirinya diminta untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan reformasi birokrasi. Anwar Anas menegaskan, hal ini akan menjadi agenda prioritas yang dimandatkan Presiden kepadanya.

Ke depan, kata Anwar Anas, tantangan Kementerian PAN-RB yang dihadapi adalah digitalisasi. Digitalisasi menurutnya merupakan keniscayaan, disrupsi diberbagai sektor sekarang telah terjadi, misalnya dulu ATM dimana-mana sekarang banyak orang tidak menggunakan lagi ATM karena sudah cashless dan lain-lain.

"Ke depan birokrasi saya kira juga sama, digital birokrasi itu menjadi pilihan, apa saja kira-kira dalam digital strukturnya, digital kompetensinya, dan digital kulturnya. Tiga prioritas inilah yang salah satunya akan kami teruskan ide pandangan dari Mahfud MD dan pak Tjahjo Kumolo," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Azwar Anas Resmi Dilantik Jokowi sebagai Menpan RB

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Pria bernama lengkap Abdullah Azwar Anas ini menggantikan Menpan RB sebelumnya Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022. Mantan Bupati Banyuwangu ini menjadi Menpan-RB di sisa masa jabatan periode 2019-2024 Kabinet Indonesia Maju.

Enam+02:03VIDEO: Tarif Ojek Online Naik, Berlaku dari 10 September 2022 Dalam acara pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9/2022), Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti Azwar Anas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan denan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara..." 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas, jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab."

Melansir dari berbagai sumber, Azwar Anas sendiri kini tengah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022. Sebelum di LKPP, ia duduk sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni pada 21 Oktober 2010-17 Februari 2021.

Azwar Anas merupakan putra asli kelahiran Banyuwangi pada 6 Agustus 1973. Secara akademik, ia menempuh pendidikan strata satu di dua tempat berbeda, yakni S1 IKIP Jakarta Fakultas Teknologi Pendidikan (1992-1998) dan S1 Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1994-1999).

Dia juga telah mengambil pendidikan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia pada 2002-2005.

Selaku mahasiswa, Azwar Anas tercatat pernah menjadi anggota MPR termuda yang dilantik saat usianya masih 24 tahun. Posisi tersebut diembannya selama periode waktu 1997-1999.

3 dari 4 halaman

Pernah Jadi Anggota DPR

Dari MPR, Azwar Anas sempat coba mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk periode 1999-2004, namun gagal. Ia baru sukses menembus kursi parlemen untuk periode berikutnya, 2004-2009.

Berbekal pengalaman tersebut serta sokongan kuat dari para ulama dan simpatisan Nahdatul Ulama (NU), Azwar Anas berhasil memenangkan pemilihan untuk menjadi Bupati Bayuwangi pada 21 Oktober 2010.

Sejumlah prestasi sempat ditorehnya selama menjadi kepala daerah di kabupaten paling timur Pulau Jawa tersebut. Antara lain, meresmikan Bandar Udara Blimbingsari yang sekarang Bandara Internasional Banyuwangi.

Kemudian, penyelenggaraan pendidikan gratis dan program pendukungnya seperti SAS (siswa asuh sebaya). Azwar Anas juga menggelar berbagai event seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen, hingga merencanakan Wisata Banyuwangi yang berkonsep eco-tourism.  

4 dari 4 halaman

Laporan Harta Kekayaan

Menyelisik laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, Azwar Anas tercatat memiliki harta sebesar Rp16.380.464.415 atau Rp16,3 miliar.  

Harta Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dilaporkan pada 31 Maret 2022 saat menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dalam laporannya, Azwar memiliki 11 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Banyuwangi, Jakarta Timur, serta Bekasi. Tanah dan bangunan yang dia laporkan senilai Rp4.875.000.000 atau Rp4,8 miliar.

Untuk alat transportasi, mantan Bupati Banyuwangi ini hanya melaporkan memiliki satu unit mobil Toyota Alphard tahun 2010 senilai Rp180 juta. Namun harta bergerak lainnya yang dia laporkan sebesar Rp146.350.000.

Tak hanya itu, Azwar juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp5.975.537.868 atau Rp5,9 miliar. Kas dan setara kas yang dia laporkan sebesar Rp 4.523.576.547 atau Rp4,5 miliar. Dalam laporannya, Azwar juga tercatat memiliki harta lainnya Rp680 juta.

Azwar tercatat tidak memiliki utang. Dengan demikian, total harta kekayaan Azwar Anas saat ini tercatat berjumlah Rp16.380.464.415.

Azwar Anas merupakan mantan Bupati Banyuwangi periode 2010 - 2021. Ia kemudian ditunjuk menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Kini dia dikabarkan akan dilantik menjadi Menpan RB yang sudah cukup lama kosong setelah ditinggal Tjahjo Kumolo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.