Sukses

Profil Azwar Anas, Menpan RB Baru yang Dilantik Jokowi Rabu Siang Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kabarnya akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) definitif

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kabarnya akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) definitif, pada Rabu (7/9/2022) hari ini.

Seperti diketahui, Menpan RB sebelumnya Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia. Sebagai gantinya, Jokowi telah menunjuk sejumlah pejabat negara untuk menjadi Plt Menteri PANRB, mulai dari Tito Karnavian hingga Mahfud MD.

Adapun acara pelantikan oleh Jokowi rencananya bakal digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9/2022) siang pukul 13.30 WIB.

Lantas, siapa sebenarnya Abdullah Azwar Anas?

Melansir dari berbagai sumber, Azwar Anas sendiri kini tengah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022. Sebelum di LKPP, ia duduk sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni pada 21 Oktober 2010-17 Februari 2021.

Azwar Anas merupakan putra asli kelahiran Banyuwangi pada 6 Agustus 1973. Secara akademik, ia menempuh pendidikan strata satu di dua tempat berbeda, yakni S1 IKIP Jakarta Fakultas Teknologi Pendidikan (1992-1998) dan S1 Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1994-1999).

Dia juga telah mengambil pendidikan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia pada 2002-2005.

Selaku mahasiswa, Azwar Anas tercatat pernah menjadi anggota MPR termuda yang dilantik saat usianya masih 24 tahun. Posisi tersebut diembannya selama periode waktu 1997-1999.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Jadi Anggota DPR

Dari MPR, Azwar Anas sempat coba mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk periode 1999-2004, namun gagal. Ia baru sukses menembus kursi parlemen untuk periode berikutnya, 2004-2009.

Berbekal pengalaman tersebut serta sokongan kuat dari para ulama dan simpatisan Nahdatul Ulama (NU), Azwar Anas berhasil memenangkan pemilihan untuk menjadi Bupati Bayuwangi pada 21 Oktober 2010.

Sejumlah prestasi sempat ditorehnya selama menjadi kepala daerah di kabupaten paling timur Pulau Jawa tersebut. Antara lain, meresmikan Bandar Udara Blimbingsari yang sekarang Bandara Internasional Banyuwangi.

Kemudian, penyelenggaraan pendidikan gratis dan program pendukungnya seperti SAS (siswa asuh sebaya). Azwar Anas juga menggelar berbagai event seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen, hingga merencanakan Wisata Banyuwangi yang berkonsep eco-tourism.

3 dari 4 halaman

Jokowi Bakal Lantik Azwar Anas Jadi Menpan RB Rabu Siang Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini rencananya akan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang definitif.

Seperti diketahui, Menpan RB sebelumnya Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia. Dan Jokowi sendiri terus menunjuk sejumlah menterinya sebagai Plt Menpan RB, mulai dari Tito Karnavian hingga Mahfud MD.

Pelantikan rencananya digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9/2022), pukul 13.30 WIB.

"Besok (Hari ini) jam 13.30 (pelantikan Menpan-RB). Azwar Anas (yang dilantik)," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan dikutip dari kanal News Liputan6.com, Rabu (7/9/2022).

Diketahui, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Ia juga merupakan Bupati Banyuwangi yang memimpin sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, PDIP sudah menyerahkan tiga nama yang akan diusulkan sebagai Menteri PANRB. Selain Anas ada nama Olly Dondokambey yang merupakan Gubernur Sulawesi Utara, dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Anas pun juga dikabarkan telah menyambangi Istana untuk bertemu Jokowi. Namun, saat Liputan6.com mencoba menkonfirmasi kabar ini, tak ada respon dari pria yang kini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu.

4 dari 4 halaman

Plt Sebelumnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Dia menjadi Plt terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai ditunjuknya Menpan-RB definitif.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 75 tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Aturan ini diteken Jokowi pada 12 Juli 2022.

"Menunjuk Sdr. Mohammad Mahfud MD, Menko Polhukam sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB, terhitung mulai tanggal 16 Juli 2022 sampai dengan diangkatnya Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 definitif," demikian bunyi diktum kedua sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Keppres, Jumat (15/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.