Sukses

Jokowi Bakal Lantik Azwar Anas Jadi Menpan RB Rabu Siang Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini rencananya akan melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB)

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini rencananya akan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang definitif.

Seperti diketahui, Menpan RB sebelumnya Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia. Dan Jokowi sendiri terus menunjuk sejumlah menterinya sebagai Plt Menpan RB, mulai dari Tito Karnavian hingga Mahfud MD.

Pelantikan rencananya digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9/2022), pukul 13.30 WIB.

"Besok (Hari ini) jam 13.30 (pelantikan Menpan-RB). Azwar Anas (yang dilantik)," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan dikutip dari kanal News Liputan6.com, Rabu (7/9/2022).

Diketahui, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Ia juga merupakan Bupati Banyuwangi yang memimpin sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, PDIP sudah menyerahkan tiga nama yang akan diusulkan sebagai Menteri PANRB. Selain Anas ada nama Olly Dondokambey yang merupakan Gubernur Sulawesi Utara, dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Anas pun juga dikabarkan telah menyambangi Istana untuk bertemu Jokowi. Namun, saat Liputan6.com mencoba menkonfirmasi kabar ini, tak ada respon dari pria yang kini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Plt Sebelumnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Dia menjadi Plt terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai ditunjuknya Menpan-RB definitif.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 75 tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Aturan ini diteken Jokowi pada 12 Juli 2022.

"Menunjuk Sdr. Mohammad Mahfud MD, Menko Polhukam sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB, terhitung mulai tanggal 16 Juli 2022 sampai dengan diangkatnya Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 definitif," demikian bunyi diktum kedua sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Keppres, Jumat (15/7/2022).

3 dari 3 halaman

Jokowi Masih Sibuk

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga kini belum melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) baru pengganti Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada awal Juli 2022. Pihak Istana menyebut saat ini Presiden Jokowi masih banyak kegiatan.

"Mungkin kan Pak Presiden kan sibuk," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan Jokowi harus melakukan rangkaian kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, Jokowi juga menerima Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin, 5 September 2022.

"Kemarin kunker rangkaian Papua, Ambon, Lampung, kemarin ada tamara (tamu negara), besok sih ada acara hari Kamis disini. Kamis ada acaranya Kementerian Pertahanan komponen cadangan," jelas Heru.

Saat ini, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Dia menjadi Plt terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai ditunjuknya MenPAN-RB definitif.

Sebelumnya, Jokowi disebut sudah mengantongi nama-nama pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Namun, Jokowi akan terlebih dahulu membahas nama tersebut dengan Ketua PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Ibu Puan (Maharani), sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya (pengganti Tjahjo) sudah ada," jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.