Sukses

Daftar 11 Pekerjaan Paling Banyak Dicari Perusahaan di 2022

Berikut adalah 11 pekerjaan yang paling banyak diminati oleh perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun pekerjaan jarak jauh telah menjadi pilihan standar bagi sebagian besar profesional sejak awal pandemi Covid-19, model kerja fleksibel yang berbeda juga mendapatkan daya tarik: bekerja dari mana saja (work from anywhere). 

Sebagian besar kebijakan kerja jarak jauh tidak menawarkan fleksibilitas yang sebenarnya: Sekitar 95% pekerjaan jarak jauh memiliki persyaratan geografis, baik itu wilayah, negara, negara bagian, atau kota tertentu, menurut FlexJobs. 

Namun, dalam pekerjaan dari mana saja, karyawan bekerja “100 persen dari jarak jauh, tidak bergantung pada lokasi dan, dalam banyak kasus, juga tidak bergantung pada zona waktu tertentu,” kata pelatih karir FlexJobs Toni Frana kepada CNBC Make It yang dikutip oleh Liputan6.com pada Selasa (6/9/2022). 

Untuk membantu pencari kerja menemukan pekerjaan jarak jauh terbaik yang memungkinkan mereka bekerja di seluruh dunia, FlexJobs telah mengidentifikasi pekerjaan paling diminati dari mana saja yang dipekerjakan oleh perusahaan dengan menganalisis databasenya untuk pekerjaan dari mana saja dengan volume posting tertinggi antara Januari dan Juni 2022. 

Semua pekerjaan dalam daftar menawarkan peluang jarak jauh penuh waktu atau paruh waktu, tidak memiliki batasan lokasi dan tidak memerlukan waktu di kantor. 

Berikut adalah 11 pekerjaan yang paling banyak diminati oleh perusahaan

1. Desainer

2. Penulis

3. Manajer Produk

4. Asisten Eksekutif 

5. Perekrut 

6. Manajer Media Sosial

7. Pemasaran

8. Desain Grafis

9. Desainer UX

10. Pengembang Wordpress

11. Insinyur Perangkat Lunak Senior

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Produktivitas

Manfaatnya pekerjaan dari mana saja — di luar kebebasan untuk hidup dan bekerja dari berbagai belahan dunia — dapat mencakup peningkatan produktivitas dan keterlibatan, dampak lingkungan yang lebih positif, dan “fleksibilitas karir terbaik,” kata Frana.

Jumlah orang yang memilih untuk tinggal dan bekerja di luar negeri sedang meningkat: Dalam survei lebih dari 1.400 responden dari enam negara (termasuk AS dan Meksiko), 54% pekerja mengidentifikasi diri sebagai “pekerja di mana saja,” jenis baru pengembara digital yang membagi waktu mereka antara bekerja dari jarak jauh dan bepergian.

Karena semakin banyak perusahaan mempertimbangkan untuk memperluas penawaran kerja jarak jauh — dan lebih banyak negara menawarkan visa kerja jarak jauh — Frana mengharapkan jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan dari mana saja akan segera berkembang.

Industri yang mempekerjakan sebagian besar pekerjaan dari mana saja saat ini, menurut laporan FlexJobs, termasuk pemasaran, manajemen proyek, layanan pelanggan, dan teknologi. 

 

3 dari 3 halaman

Perusahaan Teratas

FlexJobs juga mengidentifikasi perusahaan teratas mempekerjakan sebagian besar pekerjaan dari mana saja saat ini, daftar yang didominasi oleh perusahaan teknologi dan internasional, termasuk Airbnb, ConsenSys, dan Wikimedia Foundation (lihat daftar lengkapnya di sini). 

Jika Anda berharap untuk mendapatkan pekerjaan dari mana saja, menyoroti pengalaman dan keahlian kerja jarak jauh sebelumnya dengan alat jarak jauh seperti Zoom, Slack, Trello, dan Google Suite di resume Anda dapat membantu Anda menonjol sebagai pelamar, kata Frana. 

Menjadi nomaden digital, meski mengasyikkan, juga bisa menjadi transisi yang sulit dari pekerjaan tradisional dari rumah atau pekerjaan hibrida. 

Sebelum memulai pencarian Anda untuk menjadi "pekerja di mana saja," 

Frana merekomendasikan untuk menyiapkan anggaran untuk biaya perjalanan dan meneliti sumber daya perusahaan untuk karyawan jarak jauh mereka, seperti tunjangan teknologi atau program bimbingan virtual, untuk memahami bagaimana Anda akan didukung dalam peran baru Anda. 

 

Reporter: Firda Makarim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.