Sukses

Harta Dimiliki Liz Truss, Perdana Menteri Inggris Pengganti Boris Johnson

Liz Truss terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif setelah Boris Johnson mengundurkan diri dari jabatan itu pada Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta Inggris tengah menjadi sorotan terkait perubahan kepemimpinan di negara ini. Usai melalui serangkaian pemungutan suara di antara Anggota Parlemen Konservatif (MP), Liz Truss terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris menggantikan Boris Johnson.

Truss terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif setelah Boris Johnson mengundurkan diri dari jabatan itu pada Juli 2022.

Sorotan kini tertuju pada Liz yang harus berjuang mengadapi berbagai masalah di negaranya. Salah satu yang jadi perhatian mungkin pengalaman, sepak terjang dan berapa harta dimiliki Liz Truss.

Melansir laman MoneyTransfers.com, Selasa (6/9/2022), PM Inggris baru ini memiliki harta kekayaan mencapai sekitar £ 8,4 juta setara Rp 144 miliar.

Sebelum hidup sebagai anggota parlemen, kekayaan jutaan pound Truss berasal dari karir di perusahaan minyak Shell sebagai akuntan. Dia pun dikenal sebagai penulis dan menerbitkan banyak buku.

Truss telah mengalahkan enam saingannya dalam serangkaian pemungutan suara di antara Anggota Parlemen Konservatif (MP) dan mengalahkan mantan kepala Departemen Keuangan Rishi Sunak dalam pemungutan suara di antara anggota partai, yang mewakili kurang dari 1% populasi negara tersebut.

Mary Elizabeth Truss lahir di Oxford pada tahun 1975 dari keluarga yang dia sendiri sebut sebagai " berada di sebelah kiri Partai Buruh," oposisi sosialis utama.

Dia dibesarkan di beberapa bagian Inggris yang secara tradisional tidak memilih Konservatif, berpindah-pindah antara Skotlandia dan utara Inggris.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak Profesor dan Perawat

Truss merupakan anak dari ayahnya yang seorang profesor matematika dan ibunya yang merupakan seorang perawat.

Sebagai seorang gadis muda, ibunya melakukan pawai untuk Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir, sebuah organisasi yang menentang keras keputusan pemerintah Thatcher untuk mengizinkan hulu ledak nuklir AS dipasang di RAF Greenham Common, sebelah barat London, seperti dikutip dari laman BBC World, Senin (5/9/2022).

Keluarganya pindah ke Paisley, di sebelah barat Glasgow, ketika Truss berusia empat tahun.

Berbicara kepada BBC Radio 4's Profile, saudara laki-lakinya mengatakan bahwa keluarga itu senang bermain permainan papan, tetapi Truss muda benci kalah dan sering menghilang daripada mengambil risiko tidak menang.

Keluarganya kemudian pindah ke Leeds, di mana dia bersekolah di Roundhay, sebuah sekolah menengah negeri. Dia mengaku melihat "anak-anak yang gagal dan dikecewakan oleh ekspektasi yang rendah" selama dia bersekolah di sana.

Beberapa teman sebaya Truss di Roundhay memperdebatkan kisahnya tentang sekolah, termasuk jurnalis Guardian Martin Pengelly, yang menulis: "Mungkin dia secara selektif menggunakan pendidikannya, dan dengan santai memperdagangkan sekolah dan guru yang mendidiknya, untuk keuntungan politik sederhana."

 

3 dari 4 halaman

Dunia Kampus

Apa pun sekolahnya, Truss masuk ke Universitas Oxford, di mana dia mempelajari filsafat, politik, dan ekonomi dan aktif dalam politik mahasiswa, awalnya untuk Demokrat Liberal.

Selama menjadi anggota Demokrat Liberal, Truss mendukung legalisasi ganja dan penghapusan keluarga kerajaan - posisi yang sangat bertentangan dengan apa yang dianggap sebagian besar orang sebagai Konservatisme arus utama pada tahun 2022. 

Truss mengatakan dia bergabung dengan Konservatif pada tahun 1996, hanya dua tahun setelah dia memberikan pidato di konferensi Liberal Demokrat yang menyerukan berakhirnya monarki.

4 dari 4 halaman

Bandingkan dengan Kekayaan Boris Johnson

Adapun Boris Johnson diyakini hanya memiliki kekayaan bersih sekitar £ 1,4 juta (Rp 24 miliar), menurut Celebrity Net Worth.

Perdana menteri dan istrinya, Carrie Johnson, memiliki tempat tinggal senilai £1,2 juta di London. Dia juga memiliki 20% saham di perkebunan Exmoor keluarganya.

Sebelum bekerja sebagai perdana menteri, Johnson bekerja sebagai jurnalis dan penulis, dan dibayar untuk penampilan berbicara di depan umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.