Sukses

Sebesar Ini Gaji Liz Truss, Perdana Menteri Inggris Baru

Liz Truss terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris menggantikan Boris Johnson.

 

Liputan6.com, Jakarta Tampuk kepemimpinan di Inggris berganti. Akhirnya, Liz Truss terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris menggantikan Boris Johnson. Pemimpin Partai Konservatif Inggris ini mencapai puncak karir politiknya dengan cepat.

Liz Truss telah mengalahkan enam saingannya dalam serangkaian pemungutan suara di antara Anggota Parlemen Konservatif (MP) dan mengalahkan mantan kepala Departemen Keuangan Rishi Sunak dalam pemungutan suara di antara anggota partai, yang mewakili kurang dari 1% populasi negara tersebut.

Lantas berapa gaji Perdana Menteri Inggris yang akan diterima Liz Truss?

Melansir laman nationalworld.com, Selasa (6/9/2022), total gaji tahunan yang menjadi hak PM Inggris pada 2022 mencapai £ 161.401 setara Rp 2,7 miliar.

Besaran ini terbagi antara gaji sebagai perdana menteri, sebesar £ 79.496 (Rp 1,3 miliar), sedangkan jumlah sisanya berasal dari peran mereka sebagai anggota parlemen. Namun besaran gaji dapat berubah dari tahun ke tahun.

Selain gaji saat menduduki kursi PM Inggris, akan mendapatkan berbagai fasilitas. Mulai dari tempat tinggal di 10 Downing Street dan akses ke kediaman resmi perdana menteri, Chequers.

Meskipun jauh lebih tinggi daripada rata-rata ONS UK sebesar £ 31.285 (Rp 539 juta), gaji perdana menteri Inggris sebenarnya lebih rendah daripada para pemimpin dunia lainnya.

Justin Trudeau dari Kanada menghasilkan lebih dari £200.000 per tahun, sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz menghasilkan lebih dari £ 280.000 setiap tahun.

Presiden AS Joe Biden adalah salah satu pemimpin dunia dengan bayaran tertinggi, dengan gaji tahunan sebesar £ 300.000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Liz Truss

Liz Truss merupakan kandidat favorit yang diprediksi menggantikan Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris, sekaligus pemimpin Partai Konservatif.

Truss telah mengalahkan enam saingannya dalam serangkaian pemungutan suara di antara Anggota Parlemen Konservatif (MP) dan mengalahkan mantan kepala Departemen Keuangan Rishi Sunak dalam pemungutan suara di antara anggota partai, yang mewakili kurang dari 1% populasi negara tersebut.

Para bookmaker atau juru taruh juga menjadikannya sebagai kandidat favorit untuk menang, setelah menghabiskan bertahun-tahun membangun hubungan dengan asosiasi konstituensi dan tetap setia kepada Boris Johnson selama hari-hari tergelap dalam masa kepemimpinannya.

Prediksi itu tepat, ia pun sukses unggul, memenangkan kompetisi melawan Rishi Sunak. Liz Truss terpilih sebagai PM Inggris yang baru.

Truss adalah seorang 'political chameleon' yang telah berubah dari seorang abolisionis radikal menjadi pembawa bendera Euroskeptik, Konservatif kanan, seperti dikutip dari laman CNN News, Senin (5/9/2022).

Sejak memasuki Parlemen pada tahun 2010, karir politik Truss naik dengan cepat dan telah memegang sejumlah posisi di kabinet di bawah David Cameron, Theresa May, dan Boris johnson, termasuk perannya sebelum menang jadi PM Inggris, sebagai Menteri Luar Negeri.

Liz Truss, yang baru terpilih menjadi anggota Parlemen pada tahun 2010, dalam waktu yang relatif singkat telah menjadikan dirinya sebagai politisis yang kuat yang memiliki agenda ambisius dengan antusiasme yang tinggi.

Di masa kampanyenya, Truss bersumpah untuk membuat perubahan ekonomi besar-besaran jika terpilih, termasuk memotong pajak dan dan membuang pungutan energi, dan telah mengesampingkan pajak baru atau menggunakan "handout" untuk mengatasi krisis biaya hidup.

3 dari 4 halaman

Liz Truss, Anak Seorang Profesor

Mary Elizabeth Truss lahir di Oxford pada tahun 1975 dari keluarga yang dia sendiri sebut sebagai " berada di sebelah kiri Partai Buruh," oposisi sosialis utama. Dia dibesarkan di beberapa bagian Inggris yang secara tradisional tidak memilih Konservatif, berpindah-pindah antara Skotlandia dan utara Inggris.

Truss merupakan anak dari ayahnya yang seorang profesor matematika dan ibunya yang merupakan seorang perawat.

Sebagai seorang gadis muda, ibunya melakukan pawai untuk Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir, sebuah organisasi yang menentang keras keputusan pemerintah Thatcher untuk mengizinkan hulu ledak nuklir AS dipasang di RAF Greenham Common, sebelah barat London, seperti dikutip dari laman BBC World, Senin (5/9/2022)

Keluarganya pindah ke Paisley, di sebelah barat Glasgow, ketika Truss berusia empat tahun.

Berbicara kepada BBC Radio 4's Profile, saudara laki-lakinya mengatakan bahwa keluarga itu senang bermain permainan papan, tetapi Truss muda benci kalah dan sering menghilang daripada mengambil risiko tidak menang.

Keluarganya kemudian pindah ke Leeds, di mana dia bersekolah di Roundhay, sebuah sekolah menengah negeri. Dia mengaku melihat "anak-anak yang gagal dan dikecewakan oleh ekspektasi yang rendah" selama dia bersekolah di sana.

Beberapa teman sebaya Truss di Roundhay memperdebatkan kisahnya tentang sekolah, termasuk jurnalis Guardian Martin Pengelly, yang menulis: "Mungkin dia secara selektif menggunakan pendidikannya, dan dengan santai memperdagangkan sekolah dan guru yang mendidiknya, untuk keuntungan politik sederhana."

Apa pun sekolahnya, Truss masuk ke Universitas Oxford, di mana dia mempelajari filsafat, politik, dan ekonomi dan aktif dalam politik mahasiswa, awalnya untuk Demokrat Liberal.

Selama menjadi anggota Demokrat Liberal, Truss mendukung legalisasi ganja dan penghapusan keluarga kerajaan - posisi yang sangat bertentangan dengan apa yang dianggap sebagian besar orang sebagai Konservatisme arus utama pada tahun 2022. 

Truss mengatakan dia bergabung dengan Konservatif pada tahun 1996, hanya dua tahun setelah dia memberikan pidato di konferensi Liberal Demokrat yang menyerukan berakhirnya monarki.

4 dari 4 halaman

Apa yang Sebenarnya Truss Perjuangkan?

Sebagian besar jajak pendapat menunjukkan bahwa dia siap untuk mendapatkan kunci ke Nomor 10 Downing Street, para kritikus bertanya: Apa sebenarnya yang dia perjuangkan?

Truss tentu saja terus menarik perhatian audiensnya. Sejak bergabung dengan Konservatif dan menjadi anggota Parlemen, dia dengan sungguh-sungguh mendukung hampir setiap ideologi disana. Dia melayani dengan setia di bawah tiga perdana menteri dalam beberapa pekerjaan kabinet yang berbeda, dan saat ini menjabat sebagai menteri luar negeri.

Yang paling menonjol, dia mendukung untuk tetap berada di Uni Eropa pada tahun 2016. Pada saat itu, Truss men-tweet bahwa dia mendukung mereka yang ingin tetap berada di blok tersebut karena "itu adalah kepentingan ekonomi Inggris dan berarti kita dapat fokus pada reformasi ekonomi dan sosial yang vital di dalam negeri."

Truss sekarang mendukung Brexit, dengan mengatakan bahwa ketakutannya sebelum referendum bahwa hal itu dapat menyebabkan "gangguan" adalah keliru. Calon pemimpin Tory ini bahkan mengancam akan membatalkan semua undang-undang Uni Eropa yang tersisa di Inggris dan mengesampingkan kesepakatan Brexit yang dinegosiasikan Johnson dengan Brussels dengan cara yang menurut Uni Eropa ilegal. Dia juga menyalahkan Prancis dan UE atas pemeriksaan perbatasan di Dover, pelabuhan utama antara Inggris dan Prancis.

Ada perdebatan di dalam Partai Konservatif tentang seberapa nyata dukungan Euroskeptisisme ini sebenarnya. Beberapa orang berpikir Truss dengan enggan mengikuti perintah pemerintah pada saat referendum pada tahun 2016, yang menentang Brexit. 

Anna Soubry, mantan menteri kabinet Konservatif, mengatakan kepada CNN bahwa Truss "memiliki perlindungan paling besar dari kami semua untuk mendukung Brexit. Briefingnya pada saat itu termasuk komunitas pertanian, yang secara keseluruhan mendukung Brexit. Saya duduk di sekitar meja kabinet dan mendengar alasan semua orang untuk melakukan apa yang mereka lakukan dan merasa sulit untuk percaya bahwa dia telah berubah pikiran sebanyak ini."

Semakin dekat dia dengan kekuasaan, semakin banyak warga Inggris bertanya-tanya seperti apa bentuk kepemimpinan Truss. Dia telah berkampanye untuk memimpin dengan agenda yang paling konservatif. Dia telah berjanji untuk memangkas pajak sejak hari pertama, merobek peraturan Uni Eropa dan mendorong pertumbuhan sektor swasta dengan pajak perusahaan yang rendah. Dia telah mengatakan bahwa dia tidak akan mengenakan pajak pada perusahaan-perusahaan energi meskipun mereka membukukan keuntungan besar selama krisis biaya hidup dan energi.

Kebijakan-kebijakan semacam ini, tentu saja, merupakan daging merah bagi anggota Konservatif yang pada akhirnya akan memilihnya. Dan sementara beberapa dari mereka yang mengenalnya mempertanyakan seberapa besar dia benar-benar mempercayai kebijakan-kebijakan tersebut, tidak diragukan lagi bahwa dia akan berusaha keras untuk mengimplementasikannya dan membuat dampaknya segera terasa.

Kemungkinan besar, masa kepemimpinan Truss pada akhirnya akan terlihat sangat mirip dengan Johnson, tetapi dengan penekanan yang lebih besar pada pemotongan pajak, penyusutan negara, dan, berpotensi, garis yang lebih keras di Eropa. Para kritikus mengatakan bahwa pemotongan pajak yang dia janjikan akan menyebabkan inflasi yang lebih besar dan kenaikan suku bunga di tengah perkiraan resesi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.