Sukses

ID Food Gandeng Swasta Bangun Industri Susu Sapi Nasional

Frisian Flag Indonesia sebagai salah satu perusahaan turunan dari FrieslandCampina akan menjadi off-taker susu sapi produksi peternak nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Holding BUMN Pangan atau ID Food terus mendorong produksi susu sapi dalam negeri. Caranya dengan membantu dalam penyaluran pakan, utamanya jagung sebagai salah satu komponen pokok.

Langkah ini merespons jumlah produktivitas sapi perah lokal yang disebut masih kalah dibanding dengan negara lain. Harapannya, melalui upaya ini turun mendorong tingkat produksi kedepannya.

“Jagung untuk pakan ternak sapi yang disediakan akan dihasilkan dari hasil kemitraan dengan petani yang tergabung dalam Program Makmur yang sekaligus memberikan kepastian penyerapan bagi para Mitra petani ID FOOD dan tentu saja meningkatkan kesejahteraan petani mitra ID FOOD,”ujar Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan dalam keterangannya, Senin (5/9/2022).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendorong keterlibatan perusahaan - perusahaan BUMN untuk memberikan dukungan dalam memperkuat ekosistem pangan susu dalam negeri. Baik melalui kerja sama lahan, keterlibatan dalam rantai pasok makanan, pendampingan serta pembiayaan bagi UMKM.

Frans melanjutkan setelah Holding pangan ID FOOD terbentuk awal tahun 2022 ini, sesuai misi perusahaan memperkuat produksi produk pangan dan penunjangnya, salah satunya di sektor peternakan yang dikolaborasikan pihak swasta industri susu dan sinergi BUMN PTPN Holding. Serta, kerja sama untuk mendukung Pemerintah dalam perkuat ekosistem pangan susu dalam negeri.

BUMN hingga perusahaan swasta Pelaku Usaha produsen susu saling bersinergi dan memiliki peran guna mendukung Pemerintah dalam perkuat ekosistem pangan susu dalam negeri. Diantaranya PTPN Holding melalui anak usahanya yaitu PTPN VIII berperan dalam menyediakan lahan ternak, sedangkan BUMN ID FOOD Group berperan memasok pakan ternak ke peternakan sapi perah yang didirikan sebagai pelaksanaan Kerjasama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerja Sama

Sementara peran HVA International B.V akan menjadi penghimpun investasi sekaligus operator dalam pengembangan peternakan sapi perah. Untuk menampung hasil produksi, Frisian Flag Indonesia sebagai salah satu perusahaan turunan dari FrieslandCampina akan menjadi off-taker.

Penandatangan Kerja Sama antara BUMN Holding Pangan ID FOOD, PTPN Holding, FrieslandCampina dan HVA International B.V disaksikan secara langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, 2 September 2022 di Belanda.

Menteri Erick mengatakan dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan akan meningkatkan populasi sapi perah dan produksi susu segar dalam negeri.

“Kami akan memastikan bahwa kerja sama ini juga membawa multiplier effects untuk perekonomian masyarakat, khususnya ekosistem produksi susu sapi dalam negeri,” terang Menteri Erick.

 

3 dari 4 halaman

Konsumsi Susu Sapi Indonesia

Indonesia hingga saat ini masih menghadapi ancaman stunting, atau kekurangan gizi yang berdampak pada terganggunya pertumbuhan anak.

Menurut data WHO, Indonesia masih termasuk dalam negara ketiga dengan angka kasus stunting (kerdil) balita tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar 36,4 persen.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, salah satu penyebab masih tingginya angka stunting di Tanah Air adalah faktor rendahnya konsumsi susu di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, lanjutnya, jumlah rata-rata konsumsi susu di Indonesia adalah 16,27 kg per kapita per tahun. Angka tersebut, masih jauh dibanding negara-negara tetangga, seperti Malaysia (26,20 kg/kapita/tahun); Myanmar (26,7 kg/kapita/tahun); dan Thailand (22,2 kg/kapita/tahun).

 

4 dari 4 halaman

Kebutuhan Susu Nasional

Erick mengatakan, kebutuhan susu nasional, saat ini mencapai 4,4 juta ton per tahun. Sementara, produksi susu segar dalam negeri baru mencukupi 21 persen dari kebutuhan.

"Permintaan susu terus meningkat, tetapi belum dapat diimbangi dengan produksi dalam negeri," ujarnya.

Dengan latar belakang tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN, terus berupaya meningkatkan produksi susu dalam negeri. Salah satunya, dengan memperbaiki produksi susu segar dari sisi hulu dengan membentuk kemitraan antara peternak susu dengan koperasi dan industri besar.

"Kementerian BUMN telah aktif mendorong keterlibatan perusahaan-perusahaan BUMN untuk memberikan dukungan, baik melalui kerja sama lahan, keterlibatan dalam rantai pasok makanan, pendampingan serta pembiayaan bagi UMKM," imbuh Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.