Sukses

Air Asia Buka Rute Baru Jakarta - Silangit, Sasar Potensi Wisata

Air Asia akhirnya membuka rute penerbangan Jakarta - Silangit, Sumatera Utara yang sebelumnya sempat tertunda akibat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia akhirnya membuka rute penerbangan Jakarta - Silangit, Sumatera Utara, yang sempat tertunda akibat Covid-19. Sasaran AirAsia bukan hanya penduduk sekitar yang ingin berpergian tetapi menyasar pangsa pasar wisata dan pendidikan.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan, AirAsia berusaha memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat pada moda transportasi menggunakan pesawat terbang. AirAsia akhirnya telah membuka rute baru penerbangan dari Jakarta ke Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara.

"Hari ini merupakan penerbangan perdana rute Jakarta-Silangit, Sumatera Utara," ujar Veranita, Jumat (2/9/2022).

Veranita menjelaskan, AirAsia telah melakukan assessment terkait dengan potensi pasar yang akan dijalankan dengan rute Jakarta-Silangit. Menurutnya, potensi pelayanan penerbangan Jakarta menuju Silangit, Sumatera Utara dinilai besar dalam bisnis transportasi.

"Kita melihat potensi ini besar ya dan kita percaya kita bisa mengembangkan bersama-sama, tapi kuncinya adalah bersama-sama," jelas Veranita.

AirAsia akan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, industri pariwisata, dan pendidikan yang berada di wilayah Tapanuli Utara maupun wilayah lain di Sumatera Utara. AirAsia untuk memberikan kenyamanan pada saat penerbangan rute Jakarta-Silangit maupun sebaliknya akan menggunakan pesawat tipe Air Bush 320.

"Armada kita saat ini adalah menggunakan Airbus 320 jadi kita tetap menggunakan armada yang sama," ucap Veranita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerbangan Perdana

Veranita mengungkapkan, pada penerbangan perdana AirAsia Jakarta-Silangit mencapai 134 penumpang. Hal itu menjadi sinyal bawah rute tersebut mendapatkan minat dari masyarakat pengguna transportasi pesawat terbang.

"Penerbangan pertama seperti kita jalani di rute yang lain, kalau kita baru membangun rute itu memang butuh waktu untuk bisa mendorong," ungkap Veranita.

Untuk mendongkrak peningkatan jumlah penumpang AirAsia dengan membentuk sejumlah promosi yang telah diprogramkan. Selain itu, AirAsia akan mengembangkan sejumlah potensi di jalur pelayanan transportasi Air Asia, salah satunya pariwisata.

"Kami akan mengembangkan dari sisi pariwisata dan kerjasama untuk bisa mendorong dan memaksimalkan rute penerbangan yang kita miliki," pungkas Veranita.

3 dari 3 halaman

Air Asia Buka Rute Penerbangan dari Perth dan Singapura ke Bali

Sebelumnya, pemulihan pariwisata Bali perlahan tapi pasti makin terlihat membaik, terbukti dengan banyaknya maskapai penerbangan yang membuka rute penerbangan ke luar negeri. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak membuka penerbangan internasional telah melayani sebanyak 17 rute penerbangan, dan kini kembali menambah rute Perth dan Singapura dengan melengkapi rute penerbangan reguler yang telah ada sebelumnya.

Kini, maskapai AirAsia Indonesia membuka rute Denpasar-Singapura–Denpasar akan terbang reguler setiap hari dan Denpasar-Perth–Denpasar terbang 4 kali dalam seminggu atau pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Penerbangan perdana AirAsia Indonesia rute Singapura dan Perth resmi mulai beroperasi pada 15 Mei 2022 menggunakan pesawat tipe Airbus 320, untuk rute Singapura–Denpasar tiba pukul 15.05 Wita mengangkut 160 penumpang sedangkan rute Perth–Denpasar mendarat mulus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 23.50 Wita dengan jumlah penumpang yang diangkut 142 penumpang.

Herry A Y Sikado, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai membenarkan maskapai AirAsia membuka rute tambahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.