Sukses

Erick Thohir Pastikan Vaksin Indovac Produksi Bio Farma Halal

Vaksin Indovac produksi Bio Farma ini siap menjalani uji klinis untuk vaksinasi booster. Setelah proses uji klinis sebagai vaksin booster, Bio Farma akan mendaftarkan uji klinis untuk vaksinasi anak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan vaksin Covid-19 produksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) halal. Vaksin yang dinamai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Indovac ini akan menjalani uji klinis. 

Erick Thohir menjelaskan, BUMN farmasi PT Bio Farma (Persero) telah berhasil mengembangkan vaksin Covid-19 sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Langkah pengembangan salah satunya untuk menekan ketergantungan impor.

"PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine telah menghasilkan capaian yang luar biasa. Perusahaan milik negara ini menunjukkan karya membanggakan yang akan mendukung kesehatan dan kebangkitan seluruh rakyat Indonesia dari pandemi Covid-19," ujar Erick Thohir, Jumat (2/9/2022).

Sejak proses awal, kata Erick, pengembangan Vaksin Indovac ini sudah didesain halal dan diaudit oleh otoritas berwenang. Sehingga, pihaknya berharap segera mendapatkan sertifikasi halal setelah keluarnya EUA.

"Sejak awal saya sudah menegaskan kehalalan harus jadi faktor utama, sehingga vaksin Covid-19 BUMN ini sudah dirancang untuk menjadi vaksin halal," tegasnya.

Vaksin produksi Bio Farma ini siap menjalani uji klinis untuk vaksinasi booster. Setelah proses uji klinis sebagai vaksin booster, Bio Farma akan mendaftarkan uji klinis untuk vaksinasi anak.

"Vaksin Covid-19 BUMN bermanfaat untuk vaksinasi primer dan booster baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Vaksin Covid-19 karya BUMN yang berplatform rekombinan protein ini bisa digunakan secara aktif terhadap Covid-19 yang disebabkan virus SARS-CoV," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftarkan HAKI

Erick Thohir juga meminta Bio Farma untuk segera mendaftarkan nama vaksin Indovac ke Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementerian Hukum dan HAM. Bio Farma juga akan mendaftarkan vaksin hasil pengembangannya ke WHO untuk mendapatkan emergency use listing (EUL).

Dengan ini, diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap kesehatan dunia.

"Sejauh ini hasil uji klinis telah menunjukkan vaksin yang akan diproduksi oleh Bio Farma ini memiliki keamanan dan efikasi yang baik dalam meningkatkan kadar antibodi, sehingga tidak kalah dari vaksin Covid-19 jenis lainnya," ungkapnya.

Pengembangan Vaksin Covid-19 BUMN dari hulu-hilir dilakukan di Indonesia oleh Bio Farma, mulai dari adaptasi teknologi seperti subunit berbasis rekombinan protein vaksin SARS-CoV- 2 dan rekombinan SARS-CoV-2 receptor binding domain (RBD), uji klinis hingga proses produksi dan pengemasan. Sementara Baylor College of Medicine (BCM) Amerika Serikatmenyediakan seed (benih vaksin) untuk pengembangan vaksin.

 

3 dari 3 halaman

TKDN 80 Persen

Hal ini yang membedakan vaksin Covid-19 BUMN produksi Bio Farma dengan vaksin Covid-19 lainnya karenadikembangkan dan diproduksi dari hulu ke hilir oleh anak bangsa dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) hampir mencapai 80 persen.

"Kita memiliki sumber daya dan platform teknologi yang terbukti siap menghadapi situasi manakala terjadi pandemi di masa depan. Sudah saatnya kita pakai vaksin buatan negeri sendiri apalagi biaya yang dikeluarkan untuk vaksin impor sudah sangat tinggi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K.Lukito mengatakan, izin edar untuk penggunaan darurat vaksin Covid-19 BUMN akan dikeluarkan pada pertengahan September 2022. 

Sebagai informasi, Bio Farma telahmendaftarkan hasil uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 BUMN untuk usia 18 tahun ke atas ke BPOM sebagai syarat untuk mendapatkan EUA.

 Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.