Kawasan Industri Cikarang Masih Populer untuk Pusat Logistik dan Pergudangan

Oleh Arief Rahman Hakim pada 02 Sep 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 02 Sep 2022, 15:00 WIB
Melihat Pembangunan Kota Meikarta Terbesar se Asia Tenggara
Perbesar
Suasana pembangunan kota baru berskala internasional di Kota Meikarta, Lippo Cikarang, Sabtu (13/05). Proyek yang akan menghabiskan dana sekitar Rp278 triliun berada di koridor Jakarta - Bandung. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) Indonesia mengungkapkan bahwa pasar kawasan industri bertumbuh pada Semester I 2022. Hal ini diungkap dalam laporan Jakarta Property Market Update Kuartal II 2022.

Dari seluruh wilayah Jabodetabek, total lahan eksisting kawasan industri pada Semester I 2022 mencapai sekitar 2 juta m2. Dari jumlah tersebut, kawasan Cikarang mendominasi.

Tingkat okupansinya juga terus menunjukkan tren yang membaik dengan rata-rata mencapai 93 persen. Sampai akhir 2022, pertumbuhan pasokan lahan industri diperkirakan sekitar 180.000 m2 yang didominasi wilayah Cikarang.

"Tahun depan, pasokan bertumbuh sekitar 350.000 m2, dan Cikarang masih menjadi kawasan industri yang paling menonjol," ungkap Head of Research JLL Indonesia Yunus Karim dalam keterangan tertulis, Jumat (2/9/2022).

Yunus Karim melanjutkan, kawasan industri di sebelah timur Jakarta, seperti Cikarang, tetap populer sebagai kawasan industri, pusat logistik, dan pergudangan, karena lebih dekat dengan pusat kota, aksesibilitas mudah, dan kenyamanan yang ditawarkan.  

CEO LPKR John Riady menambahkan, permintaan lahan industri bertumbuh karena bisnis-bisnis yang telah berkembang yang melihat peluang melampaui pandemi Covid-19 dan para pemain ekonomi digital yang tumbuh sangat cepat yang sekaligus memperluas jaringan distribusi, gudang, pusat logistik, serta investasi-investasi lainnya.

"Dua sektor properti yang masih bertumbuh meski di tengah pandemi Covid-19 yaitu rumah tapak dan logistik yang justru semakin meningkat karena terdorong industri e-commerce," jelasnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Segmentasi Industri

Untuk menangkap peluang pasar di kawasan industri Cikarang, anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), yaitu PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), terus mengembangkan dan menjalankan strategi segmentasi industri seiring dengan tingginya permintaan gudang serta pusat logistik. 

Pencapaian strategi Lippo Cikarang ini tentu saja berimbas positif kepada kinerja LPKR sebagai induk usaha yang memegang 84 persen saham Lippo Cikarang.

Seperti diketahui, pada 2022, Lippo Cikarang menargetkan prapenjualan Rp 5,2 triliun, naik 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kontribusi prapenjualan dari lahan industri Lippo Cikarang diharapkan mencapai Rp 650 miliar.

Adapun pada Semester I 2022, Lippo Karawaci sudah merealisasikan prapenjualan sebesar Rp 2,48 triliun, dengan kontribusi lahan industri mencapai Rp 149 miliar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya