Sukses

Buat Para Bos, Kenali 10 Tanda Pegawai Jenuh di Tempat Kerja

Pada tahun 1974, psikolog Herbert Freudenberger mengkarakterisasi burnout berdasarkan tiga gejala utama, yaitu kurangnya motivasi, ketidaksenangan dalam pekerjaan, dan ketidakefektifan.

Liputan6.com, Jakarta Tugas bos atau manajer tidak hanya memastikan baik atau tidaknya kinerja dalam sebuah perusahaan dan karyawan atau pun tercapainya target atau tidak, tapi perihal kondisi para karyawannya juga perlu diperhatikan.

Mengingat, penurunan ekonomi secara tiba-tiba tidak banyak membantu mendorong karyawan kembali ke pasar tenaga kerja. Melonjaknya biaya hidup dan harga konsumen yang tinggi hanya semakin merugikan pemilik bisnis.

Hal itu karena kekurangan tenaga kerja, inflasi, dan kendala rantai pasokan menambah banyak sakit kepala yang dialami beberapa pemilik saat ini.

Untuk itu, dibutuhkan lebih dari sekadar menaikkan upah untuk menarik dan mempertahankan staf. Pengusaha harus mulai mengenali tanda-tanda potensi karyawan yang sudah mulai kelelahan untuk membantu staf mengatasi peningkatan tingkat stres dan beban kerja.

Pada tahun 1974, psikolog Herbert Freudenberger mengkarakterisasi burnout berdasarkan tiga gejala utama, yaitu kurangnya motivasi, ketidaksenangan dalam pekerjaan, dan ketidakefektifan.

Adalah umum bagi pekerja untuk merasa terdemotivasi, tidak efektif, atau tidak senang dalam pekerjaan. Terlepas dari itu, sebagai bos, sebaiknya Anda mengenali lebih dalam terkait tanda-tanda pegawai sedang jenuh, tidak semangat, atau kurang motivasi seperti melansir laman Enterpreneur, Sabtu (3/9/2022).

1. Budaya tempat kerja yang toxic

Bahkan di saat bos berada dalam posisi yang sulit, harus menarik bakat dengan gaji yang lebih tinggi, tunjangan bantuan medis, pekerjaan jarak jauh atau tunjangan khusus pekerjaan lainnya, karyawan masih tidak senang dengan lingkungan tempat kerja mereka.

Statistik terbaru menunjukkan bahwa sekitar 15 persen pencari kerja menolak tawaran pekerjaan karena kurangnya budaya positif perusahaan dan lingkungan kerja secara keseluruhan.

Lebih lanjut 46 persen pencari kerja menyebutkan bahwa budaya kerja adalah salah satu faktor penentu terpenting dalam proses lamaran.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang tidak merasa dihargai dua kali lebih mungkin untuk berhenti dari pekerjaan mereka di tahun depan.

2. Pekerja kelelahan

Lelah karena bekerja sepanjang waktu adalah hal biasa, tetapi ketika ada rasa lelah yang sama di antara sebagian besar staf, inilah saatnya bagi pengusaha dan manajer perekrutan untuk turun tangan.

Karyawan yang menghadapi tingkat stres yang tinggi di tempat kerja cenderung merasa lebih lelah sepanjang waktu.

Beberapa pekerjaan juga menjadi semakin berat karena atasan berjuang untuk mempertahankan staf, menempatkan lebih banyak pekerjaan dan tekanan pada karyawan yang ada, hanya dengan ini berdampak pada kesehatan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tingkat konsentrasi yang rendah

Staf yang kelelahan, cemas dan stres akan memiliki tingkat konsentrasi yang lebih rendah di tempat kerja. Di kantor yang masih belum modern, ini mudah dikenali, karena majikan akan dapat menangkap mereka yang berjuang untuk berkonsentrasi saat bekerja.

Di sisi lain, melacak konsentrasi karyawan hanya menjadi semakin sulit bagi bisnis yang sepenuhnya terpencil atau memiliki skema hibrida.

4. Kurangnya motivasi

Penurunan motivasi yang tiba-tiba dapat berarti bahwa beberapa pekerja mengalami kesulitan menikmati pekerjaan mereka, atau menemukan minat pada pekerjaan yang mereka lakukan.

Jika karyawan berjuang untuk menyelesaikan proyek tepat waktu, atau Anda melihat penurunan kualitas pekerjaan, bisa jadi karyawan tersebut tidak cukup termotivasi untuk melamar pekerjaan.

5. Karyawan mudah tersinggung

Meskipun umum bagi beberapa karyawan untuk berbenturan dengan rekan kerja karena perbedaan pendapat atau kepribadian, beberapa karyawan bahkan mungkin lebih mudah tersinggung karena merasa tidak efektif, tidak dihargai atau tidak dihargai. Ciri-ciri umum dari iritabilitas adalah kemarahan yang berlebihan, kemarahan yang meluap-luap atau kemarahan yang mendasarinya terhadap rekan kerja lain.

6. Tingkat produktivitas yang lebih rendah

Masalah dengan produktivitas individu atau tim dapat menyebabkan ketegangan besar pada bisnis. Karyawan yang merasa kelelahan tidak akan mampu mengatasi tenggat waktu mereka saat ini.

 

3 dari 3 halaman

7. Penurunan kualitas kerja

Ketika karyawan mulai menyelesaikan proyek hanya untuk menyelesaikannya, kualitas keseluruhannya cenderung lebih rendah dari yang diharapkan. Kedua, jika kesalahan kecil menjadi masalah yang terjadi, maka jelas bahwa karyawan telah kehilangan motivasi dalam pekerjaan yang mereka lakukan.

8. Perasaan sinis

Sikap sinis bisa berasal dari beberapa hal. Namun, yang paling penting ketika karyawan merasa tidak dihargai, atasan tidak memperhatikan pekerjaan yang mereka lakukan, atau ketika mereka mulai kehilangan gairah terhadap pekerjaannya, seorang karyawan biasanya mulai bersikap sinis. Sikap sinis dapat dengan cepat menyebar di antara karyawan lain yang mungkin tidak menyadari pekerjaan atau perasaan mereka tidak dihargai.

9. Kesehatan pribadi yang menurun

Tingkat kesehatan pribadi yang rendah mungkin merupakan tanda yang paling mencolok bahwa karyawan kelelahan atau tidak bersemangat seperti awal bekerja.

Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi dapat berdampak pada kesejahteraan dan kesehatan fisik karyawan. Jika ada karyawan yang sepertinya tidak bisa melepaskan diri dari pilek, flu, atau sedang mengalami kondisi kesehatan yang parah, itu bisa menjadi pertanda bahwa itu terkait dengan pekerjaannya.

10. Terjadi perselisihan di tempat kerja

Bukan hal yang aneh untuk menyaksikan beberapa bentuk perselisihan karyawan, hampir pasti bahwa di suatu tempat akan ada satu atau dua karyawan yang melewati batas, apakah itu dengan rekan kerja lain atau mungkin dengan seorang manajer.

Bos tidak boleh berjalan di atas kulit telur di sekitar pekerja mereka, tetapi disarankan untuk segera mengatasi politik tempat kerja yang terjadi dan perselisihan yang sedang berlangsung. Menyelesaikan masalah akan memberikan indikasi yang jelas tentang apa yang mungkin menyebabkan masalah, apakah karyawan merasa kehilangan motivasi atau bahkan menunjukkan tanda-tanda kelelahan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.