Sukses

Jokowi Terkejut, Banyak Putra Asli Papua Kini Bekerja di Freeport

Presiden Jokowi mengaku cukup terkejut atas kehadiran karyawan PT Freeport Indonesia yang didominasi oleh warga Indonesia dan orang asli Papua.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri silaturahmi dengan karyawan PT Freeport Indonesia di Distrik Tembagapura, Mimika, Papua.

Dalam acara tersebut, Jokowi mengaku cukup terkejut atas kehadiran karyawan PT Freeport Indonesia dalam silaturahmi tersebut didominasi oleh warga Indonesia dan orang asli Papua.

"Saya pikir yang hadir malam ini bule semuanya, ternyata yang banyak dari kita, dan yang saya lihat juga yang banyak dari tanah Papua," ujarnya, dikutip dari Antara, Rabu (31/8/2022).

Selain itu, Jokowi mengingatkan manajemen PT Freeport Indonesia agar senantiasa berhati-hati dalam melakukan pengelolaan karena perusahaan tersebut punya kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Mimika maupun Provinsi Papua.

"Saya senang bahwa PDRB di Kabupaten Mimika, 68 persen itu berasal dari Freeport. Jadi Bapak Ibu sekalian memiliki kontribusi yang besar kepada Kabupaten Mimika, 68 persen," kata dia,

Menurut Jokowi kontribusi itu berlanjut menjadi 34 persen untuk PDRB Provinsi Papua.

Oleh karena itu Kepala Negara menitipkan pesan kepada Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, agar berhati-hati dalam mengelola perusahaan tersebut.

Pasalnya Jokowi meyakini bahwa pengelolaan tersebut tidak hanya menyangkut pada internal PT Freeport Indonesia, tetapi juga berdampak terhadap Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua.

"Begitu di sini turun, Papua ikut turun, Mimika ikut turun. Karena setelah saya cek angkanya kontribusinya sangat besar sekali," ujar Presiden.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa dirinya senang karena PT Freeport Indonesia pada tahun 2021 lalu mencatatkan pendapatan sebesar 7,5 miliar dolar AS.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Populasi Karyawan

Dalam kesempatan lebih awal Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson sempat menjelaskan bahwa populasi karyawan di perusahaannya sudah berbeda jauh dibandingkan lebih dari 30 tahun lalu saat ia baru memulai bekerja di sana.

Ia mengenang bahwa sebelumnya karyawan Freeport didominasi oleh ekspatriat, tetapi sekarang 98 pekerjanya adalah orang Indonesia dan lebih dari 40 persen merupakan orang asli Papua.

Presiden selanjutnya dijadwalkan meninjau kesiapan operasional 5G Mining di PT Freeport Indonesia pada Kamis (1/9) besok.

Turut mendampingi Presiden dalam rangkaian kunjungan kerja ke PT Freeport Indonesia adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

3 dari 4 halaman

Bisik-Bisik Jokowi ke Bos Freeport, Mau Bahas Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global sekarang ini masih lebih baik dari Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara Silaturahmi dengan Karyawan PT. Freeport Indonesia, yang turut dihadiri Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson, di Mimika, Papua, Rabu.

"Jadi kita patut bersyukur negara kita Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua kita bisa tumbuh 5,44 persen, dan inflasi bisa dikendalikan di angka 4,9 persen. Nanti saya mau bisik-bisik ke Pak Richard, berapa ya growth sama inflasi di Amerika? Saya yakin masih lebih baik kita," ujar Jokowi, dikutip dari Antara, Rabu (31/8/2022).

Ia mengatakan pencapaian Indonesia itu berhasil diraih dalam keadaan dunia yang penuh ketidakpastian pasca-COVID-19 dan perang yang menyebabkan krisis energi, pangan dan finansial.

Lebih jauh Jokowi pada kesempatan itu juga menyatakan senang karena pendapatan dari PT Freeport Indonesia tahun lalu berada di sekitar angka 7,5 miliar dolar AS, yang menurutnya sangat besar. Dia juga senang karena Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Mimika 68 persen berasal dari PT Freeport Indonesia.

Sementara itu Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson menyampaikan selamat atas kepemimpinan Jokowi yang dinilainya telah berhasil membawa perekonomian Indonesia berkembang di tengah pandemi COVID-19, serta atas kepemimpinan Indonesia di G20.

Adkerson menyampaikan kepada Presiden bahwa saat ini 98 persen pekerja di PT Freeport Indonesia merupakan orang Indonesia dan 40 persen-nya merupakan orang asli Papua.

"Kami mempunyai komitmen kuat menjaga keselamatan pekerja mengingat ini lokasi yang rawan. Kami juga memberikan upah yang layak. Kami memberikan dukungan kuat terhadap masyarakat," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Canda Jokowi saat Beri Jaket ke Karyawan Freeport: Tidak Saya Suruh Sebut Nama Ikan Kok

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersilaturahmi dengan sejumlah karyawan PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Rabu (31/8/2022). Ada momen menarik ketika ia memberikan jaket yang dikenakannya kepada salah satu karyawan.

Menurut pantauan Liputan6.com di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengenakan jaket berwarna merah-putih. Jaket itu dibuat khusus bertemakan Presidensi G20 Indonesia.

Momen ini terjadi sesaat sebelum Jokowi turun dari podium menyudahi sambutannya. Tak ada syarat khusus yang ia berikan, cukup mengacungkan tangan sesuai instruksi yang diberikan.

"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan kalau ada yang mau jaket tunjuk jari. Ga ada yang berani tunjuk jari ternyata, mau diberi jaket aja gak mau," kata dia sambil sedikit bercanda.

Jaket yang diberikan bukanlah jaket baru. Menariknya, jaket yang saat itu dikenakanlah yang diberikan kepada karyawan PT Freeport Indonesia.

Ia menyambung dengan candaan lainnya. Mengingat, Jokowi kerap memberikan hadiah setelah memberikan sedikit pertanyaan sederhana kepada orang-orang.

"Tidak saya suruh sebut nama-nama ikan kok. Tunjuk jari saja yang semangat langsung saya beri, jaketnya yang saya pake ini, kalau mau, kalau enggak yasudah," ujarnya disambut riuh tawa pengunjung.

Dalam beberapa saat Jokowi terlihat melirik sekitarnya, mencari orang yang dirasa tepat untuk diberikan jaket yang dipakainya. Dari layar YouTube Sekretariat Presiden, ada sekitar lebih dari 5 orang yang mengacungkan tangan.

Setelah beberapa saat, Jokowi akhirnya menunjuk satu orang. Orang itu dipilih karena memiliki badan tak jauh berbeda dengan kepala negara.

"Keliatannya itu pas, yak masuk. Ya kan hampir mirip saya, pas, karena ini (ukuran jaket) M kok," tambahnya singkat.

Seorang pria akhirnya menghampiri panggung dan berjalan mendekati podium Jokowi. Sesaat kemudian, Jokowi melepaskan jaket yang dikenakannya dan langsung digunakan pria tersebut.

Selanjutnya, karyawan yang diberikan jaket turut menyalami Jokowi usai diberikan jaket. Kemudian, kembali ke tempat duduknya semula. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.