Sukses

Hindari Kesalahan Keuangan Ini Biar Kaya Raya Seperti Miliarder Dunia

Jadi, jika Anda ingin mencapai status jutawan, satu-satunya hal terpenting yang bisa dilakukan adalah belajar dari orang-orang super kaya itu.

Liputan6.com, Jakarta Ada dua poin penting yang sering dilakukan para jutawan atau bahkan miliarder untuk mengelola keuangan. Mereka tahu persis untuk apa uang tersebut digunakan dan apa saja hal yang tidak boleh dilakukan.

Jadi, jika Anda ingin mencapai status jutawan, satu-satunya hal terpenting yang bisa dilakukan adalah belajar dari orang-orang super kaya itu. Entah dari salah satu pendiri Microsoft Bill Gates hingga mantan CEO Google Eric Schmidt atau CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

Dilansir dari CNBC, Kamis (1/9/2022), untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini tujuh kesalahan keuangan yang tidak pernah dilakukan oleh para orang tajir itu dan mungkin Anda bisa menghindarinya demi jadi jutawan.

1. Tidak membuang-buang uang untuk biaya tagihan

Orang kaya tahu bahwa tagihan hanya membuang-buang uang. Jadi, tindakan yang tepat adalah membayar tagihan tepat waktu.

Mereka memanfaatkan fitur, seperti pembayaran otomatis untuk menghindari biaya keterlambatan untuk segala hal mulai dari utilitas hingga hipotek hingga tagihan kartu kredit.

Selain itu, mereka juga memperhatikan biaya bank. Banyak bank akan membebankan biaya tambahan kepada Anda untuk layanan yang diberikan.

Beberapa bank besar, misalnya, akan mengenakan biaya mulai dari USD 12 hingga USD 15, kecuali Anda memenuhi serangkaian persyaratan tertentu, seperti mempertahankan saldo rata-rata tertentu di akun Anda. Biasakan untuk memeriksa laporan bulanan Anda untuk biaya tersembunyi ini.

2. Tidak mengabaikan nilai kredit

Skor kredit Anda berperan dalam menentukan suku bunga. Skor kredit yang tinggi dapat memberi Anda tingkat bunga rendah dan menghemat ribuan dolar bunga selama masa pinjaman. Skor rendah dapat mencegah Anda mendapatkan pinjaman jika Anda membutuhkannya.

Orang kaya mengetahui hal ini dan mereka tidak pernah mengabaikan nilai kreditnya. Mereka terus-menerus memeriksa skor kredit dan melakukan yang terbaik untuk tetap murni.

Ada sejumlah aplikasi yang memungkinkan Anda memeriksa skor Anda secara gratis dan bahkan mencoba membantu Anda meningkatkannya. Pantau laporan skor Anda setiap bulan, pertahankan tingkat hutang Anda rendah dan bayar tagihan Anda tepat waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tidak menghabiskan uang secara impulsif

Beberapa jutawan mungkin menghabiskan banyak uang untuk hal-hal konyol sepanjang waktu, seperti membeli Lamborghini Cardi B seharga USD 500.000.

Sisanya, seperti miliarder Bill Gates justru memakai jam tangan seharga USD 10. Bahkan Warren Buffett makan hal yang sama untuk sarapan di McDonald’s setiap hari. Namun, biayanya tidak pernah lebih dari USD 3,17.

“Orang kaya tidak menjadi kaya dengan menghabiskan semuanya. Mereka tahu lebih baik daripada siapa pun bahwa dengan menjadi pembeli yang berhati-hati, mereka dapat mencapai gaya hidup beberapa anak tangga di tangga pendapatan,” catat peneliti pasar Pam Danziger.

Pengeluaran impulsif mengarah pada pemborosan, pengeluaran berlebihan, dan hutang — tiga hal yang dihindari orang sukses.

4. Tidak terjerumus dalam taktik pemasaran

Plot pemasaran ada di mana-mana dan orang kaya menghindarinya dengan membandingkan belanjaan. Mereka menghargai nilai, tetapi mereka juga melihat gambaran besar dan selalu mempertimbangkan manfaat kualitas versus biaya.

Untuk mengadopsi kebiasaan yang sama, lakukan riset dan pertimbangkan keuntungan Anda sebelum melakukan pembelian, besar atau kecil.

Dengan membeli barang yang lebih mahal namun dibuat dengan baik yang akan Anda gunakan selama bertahun-tahun, Anda dapat menghemat waktu dan uang karena harus memperbaiki atau mengganti barang yang dibuat dengan buruk.

 

3 dari 3 halaman

5. Tidak mencoba untuk mengalahkan pasar

Miliarder dan mantan CEO Google Eric Schmidt mengatakan bahwa perdagangan jangka pendek alias membeli atau menjual saham berdasarkan pergerakan pasar harian tidak akan membuat Anda kaya. Dia selalu berpikir jangka panjang dan tidak pernah mencoba untuk mengalahkan pasar.

Warren Buffett juga bersikeras menggunakan strategi jangka panjang. Beberapa hari setelah dia merilis surat tahunan Berkshire Hathaway kepada pemegang saham awal tahun ini, miliarder itu muncul di televisi di CNBC dan menjelaskan mengapa strategi investasi jangka panjang seperti dana indeks masih bertahan dalam ujian waktu.

6. Tidak hanya memiliki satu sumber pendapatan

Memiliki banyak aliran pendapatan akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang. Karena itu, para orang kaya tidak pernah bergantung hanya pada satu sumber pendapatan.

Pertimbangkan untuk mengubah mobil cadangan Anda menjadi bisnis berbagi tumpangan, mengambil pekerjaan lepas, menjadi tutor atau menulis tentang bidang keahlian.

“Ketika saya mendapatkan ‘The Tonight Show’, saya selalu memastikan saya melakukan 150 pertunjukan pertunjukan komedi setahun jadi saya tidak pernah menyentuh kepala sekolah,” kata komedian dan pembawa acara televisi Jay Leno. “Saya tidak pernah menyentuh sepeser pun uang ‘Tonight Show’ saya. Pernah. Saya selalu memiliki dua pendapatan. Saya akan menyimpan satu dan saya akan membelanjakannya.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.