DPR Apresiasi Kementan: Anggaran Turun tapi Masih Dapat WTP, Kerja Luar Biasa

Oleh Liputan6.com pada 30 Agu 2022, 13:32 WIB
Diperbarui 30 Agu 2022, 13:47 WIB
Mentan SYL Sebut Pertanian Indonesia Tetap Tumbuh dan Tangguh di Tengah Krisis Global
Perbesar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL). (Foto:Dok.Kementerian Pertanian RI)

Liputan6.com, Jakarta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi pengelolaan anggaran di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) meski anggran yang ada terus menyusut akibat refocusing penanganan berbagai krisis global. Terlebih, Kementan mendapat Oponi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI).

"Kementerian Pertanian dipotong sampai sekian digit dengan refocusing yang begitu drastis dan fantastis tapi masih memiliki prestasi yang luar biasa. Saya kira ini harus kita apresiasi," Alien Mus, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Senin, 29 Agustus 2022.

Secara kinerja, kata Alien, Kementerian yang dipimpin Syahrul Yasin Limpo (SYL) ini mampu menunjukan perbaikan yang lebih baik. Apalagi kata dia, nilai ekspor Indonesia tumbuh meyakinkan, produksi dalam negeri tumbuh tinggi dan yang pasti Indonesia mampu mencapai swasembada.

"Tentunya kita mengapresiasi semua kinerja Kementan yang luar biasa ini, juga kinerja dari kementerian lainya," katanya.

Anggota lainya, Yessy Melania juga memberikan pujian yang sama. Dia bilang Kementan dibawah SYL sejauh ini mampu menjawab harapan rakyat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Lebih khusus lagi soal ketersediaan beras yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

"Saya kira hampir semua fraksi memberikan apresiasi kepada kementan yang telah bekerja maksimal," katanya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas dukungan DPR dan semua pihak dalam menjalankan pembangunan pertanian Indonesia. Meski tidak mudah, pertanian tetap mampu menunjukan perkembangan yang positif dimana selalu menjadi penyangga ekonomi nasional disaat krisis pandemi melanda dunia.

"Pertanian selalu tumbuh positif disaat sektor lainya mengalami penambatan. InsyaAllah kita akan terus bekerja membangun pertanian yang makin maju, mandiri dan moden," jelasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya