Sukses

Tak Cuma IKN, Pemerintah Ingin Terapkan Konsep Smart City di Semua Kawasan

Rencana pembangunan perumahan ke depan akan menerapkan konsep smart city di semua kawasan, termasuk Ibukota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan rencana pembangunan perumahan ke depan akan menerapkan konsep smart city di semua kawasan, termasuk Ibukota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

"Ini adalah konsep utama yang akan kami kembangkan di sana karena membangun ibu kota baru di Kalimantan itu banyak tantangannya, termasuk suhu udara yang cukup tinggi," ujar Direktur Jendral Perumahan KemenPUPR Iwan Suprijanto dikutip dari Antara, Senin (29/8/2022).

Salah satu Key Performance Indicator (KPI) yang dicanangkan, lanjutnya, adalah mampu menurunkan suhu sebanyak 2 derajat Celcius, di tengah banyaknya pembangunan infrastruktur, perkantoran dan perumahan yang dilakukan.

Terkait hal itu, menurut dia, Peringatan Hari Perumahan Nasional diperingati di Kawasan BSD karena KemenPUPR ingin mengajak masyarakat untuk melihat praktik pengembangan kota yang memenuhi konsep smart city, green building/housing dan konsep transportasi yang terintegrasi atau Transit Oriented Development (TOD).

Melalui kegiatan yang mengusung tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak dan Terjangkau untuk Kita Semua” itu, keberadaan BSD memberikan contoh positif penataan dan pengembangan tingkat hunian yang bertumbuh dan berkembang seperti banyaknya ruang terbuka hijau dan ruang interaksi antar warga dan komunitas.

Hal itu, tambahnya, sangat tepat ketika dihubungkan dengan banyaknya tantangan pembangunan perumahan saat ini seperti tingkat kepemilikan rumah yang tinggi, banyaknya generasi milenial, munculnya keluarga baru, daya beli menurun karena pandemi Covid-19, juga masih banyak dijumpai perumahan yang tidak layak huni.

"Ini jadi tantangan dan tanggung jawab kita semua," kata Iwan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konektivitas

Sementara itu, Direktur Sinar Mas Land Herry Hendarta menyambut baik peringatan Hari Perumahan Nasional di wilayahnya. Banyak pengembangan yang telah dilakukan sehingga tercipta Kota Mandiri BSD City dengan berbagai fasilitas, aksesibilitas dan connectivity seperti adanya jalan tol Serpong-Balaraja yang baru serta jalur Commuter Line.

BSD City telah menjadi peta model perumahan modern dengan berbagai fasilitas yang lengkap, lanjutnya, dan pihaknya juga mengembangkan beberapa perumahan dengan konsep serupa di antaranya di wilayah Cibubur, Depok, Balikpapan dan Surabaya.

"Dengan kerja sama bersama KemenPUPR, kita berharap bisa mewujudkan perumahan yang lengkap dan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat,” kata Herry.

Sekretaris Direktorat Jendral Perumahan M. Hidayat menambahkan pada peringatan Hari Perumahan Nasional 2022, Ditjen Perumahan menyiapkan sejumlah agenda salah satunya kegiatan Fun Ride dan Walk berupa sepeda dan jalan santai di Kawasan BSD City, karena sejalan dengan tema kolaborasi antara pemerintah, pengembang, asosisasi dan masyarakat.

"Kita ingin mengajak masyarakat untuk merasakan lingkungan yang hijau seperti di sini dan semoga bisa diterapkan di ibukota yang baru nanti," katanya.

3 dari 3 halaman

Menko Airlangga Ajak Jepang Bangun Smart City di Ibu Kota Nusantara

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Member of Board of Directors Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development (JOIN) Takuma Hatano.

Menko Airlangga mengajak JOIN untuk terlibat aktif dalam mendukung pengembangan smart city, sektor energi terbarukan, dan ekonomi digital di Indonesia.

“Kami harap JOIN dapat berkontribusi dalam pengembangan sistem smart city di ibu kota baru kami di Kalimantan,” ungkap Menko Airlangga jelas Airlangga dalam keterangan tertulis, Jumat (22/7/2022).

Ibu kota Nusantara memiliki visi “Kota Dunia untuk Semua” akan menerapkan konsep kota pintar yang mengintegrasikan inovasi dalam pengembangan teknologi informasi baik infrastruktur keras dan lunak serta sistem bangunan dan transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Ibu Kota Nusantara nantinya akan menjadi sebuah kota ideal yang dapat menjadi role model bagi pembangunan dan pengelolaan kota di Indonesia dan dunia, selain sebagai simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, dan penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

Selain itu, Menko Airlangga juga mengatakan bahwa sumber daya energi berkelanjutan dan infrastruktur digital merupakan bagian integral dari pembangunan perkotaan modern dan kota pintar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.