BRI Konsisten Terapkan ESG, Hasilnya Berhasil Raih Penghargaan ICAII 2022

Oleh stella maris pada 28 Agu 2022, 14:09 WIB
Diperbarui 28 Agu 2022, 14:36 WIB
BRI
Perbesar
BRI meraih dua penghargaan, yaitu hybrid Banking Strengthening Financial Inclusion Ecosystem dan Integrated Green Economy Program/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka membangun inovasi dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menerapkan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social & Governance). Penerapan prinsip ESG itu pun akhirnya mendapat pencapaian yang luar biasa. 

Ya, capaian tersebut diapresiasi melalui dua penghargaan utama, yaitu Hybrid Banking Strengthening Financial Inclusion Ecosystem dan Integrated Green Economy Program, pada acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2022, di Jakarta, Kamis (25/8). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Environmental, Social & Governance Division Head BRI Y. Ajeng Sekar Putih. 

ICAII 2022 memberikan penghargaan kepada emiten dengan kode saham BBRI sebagai perseroan yang menerapkan Integrated Green Economy Program, yakni mengusung aspek environmental (lingkungan), social (sosial) dan governance (tata kelola yang baik), khususnya dalam menjaga kinerja fundamental perbankan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

BRI
Perbesar
BRI meraih dua penghargaan, yaitu hybrid Banking Strengthening Financial Inclusion Ecosystem dan Integrated Green Economy Program/Istimewa.

Sementara itu, terkait upaya merealisasikan hybrid bank, BRI memiliki sumber daya yang sangat memadai. Hingga semester I-2022, BRI memiliki branchless network melalui Agen BRILink sebanyak 570 ribu di seluruh penjuru Tanah Air. Jumlah tersebut ditargetkan bisa mencapai 600 ribu hingga akhir 2022. 

Pada kesempatan terpisah Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto menyampiakan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan tersebut.

"Hal ini membuktikan bahwa perseroan mampu menunjukkan kinerja terbaiknya dalam menerapkan dan mengomunikasikan aspek ESG kepada masyarakat luas," ujarnya.

 

BRI
Perbesar
BRI meraih dua penghargaan, yaitu hybrid Banking Strengthening Financial Inclusion Ecosystem dan Integrated Green Economy Program/Istimewa.

Seperti diketahui, BRI telah menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan sejak 2013, di mana untuk pertama kalinya BRI mempublikasikan sustainability report, bahkan sebelum adanya aturan yang mewajibkan perusahaan menerbitkan laporan yang dimaksud. Kemudian, BRI juga membentuk unit kerja khusus yang bertanggung jawab atas implementasi ESG dan sustainable finance perseroan, yaitu Divisi ESG, serta membentuk ESG Committee.

Ke depan, BRI akan terus mendukung dan mengimplementasikan aspek ESG untuk menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan. Pada Juni 2022, BRI menerbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI atau Green Bond dengan menargetkan penghimpunan dana sebesar Rp15 triliun, jumlah emisi tahap I pada 2022 sebanyak-banyaknya Rp5 triliun. Penerbitan Green Bond BRI Tahap I Tahun 2022 tersebut berhasil mencatat kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga sebanyak 4,4 kali.

Hasil penghimpunan dana Green Bond tersebut dialokasikan paling sedikit 70% untuk kegiatan usaha atau kegiatan lain yang termasuk dalam kriteria kegiatan usaha berwawasan lingkungan (KUBL) baik yang baru, sedang berjalan, atau telah selesai sesuai dengan kerangka kerja obligasi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya