Sukses

Kalimantan Timur Kurang Tenaga Konstruksi Bersertifikat, IKN Siapa yang Bangun?

Tenaga kerja konstruksi di Kalimantan Timur masih terjadi backlog yang cukup besar antara yang sudah bersertifikat dengan yang belum.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan Pelatihan dan Sertifikasi Tahap I bagi 1.535 Tenaga Kerja Konstruksi (TKK). Para tenaga konstruksi ini nantinya akan membangun infrastruktur di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Riza Indra Riadi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyiapkan program pelatihan dan sertifikasi Tenaga Konstruksi. Hal ini lantaran tingkat tenaga kerja konstruksi di Kalimantan Timur masih terjadi backlog yang cukup besar antara yang sudah bersertifikat dengan yang belum.

"Pemerintah Provinsi berharap kepada pemerintah pusat untuk terus melaksanakan program ini, dalam hal ini Kementerian PUPR. Sehingga masyarakat kami tidak hanya menjadi penonton saja dalam pembangunan IKN," ujar Riza, Minggu (28/8/2022).

Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Dedy Natrifahrizal mengatakan, peserta Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tahap I diikuti sebanyak 1.535 orang peserta, dimana sebanyak 817 orang berasal dari Kalimantan Timur.

Sebanyak 317 orang peserta hadir secara online melalui Zoom, dengan peserta berasal dari Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda, dan Universitas Mulawarman.

"Tim Instruktur yang terlibat pada kegiatan pelatihan dan sertifikasi merupakan para Trainer Konstruksi dari Vocational Education Development Centre (VEDC) Malang, dan Trainer Praktisi dari Pusat Pelatihan (Learning Center) BUMN Karya, para praktisi dari Asosiasi Profesi, dan para akademisi dari Politeknik dan Perguruan Tinggi," terangnya.

"Sedangkan Asesor yang melaksanakan Uji Kompetensi/Sertifikasi adalah para Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah mendapatkan Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sudah tercatat di Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi," kata Dedy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelar Pelatihan SDM Proyek IKN, Kementerian PUPR Gandeng Trimble

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menandatangani MoU dengan Trimble terkait peningkatan kompetensi SDM khususnya dalam penguasaan Building Information Modeling (BIM) dalam percepatan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Pemanfaatan teknologi BIM serta kesiapan sumber daya manusia dalam pengoperasian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) merupakan dua hal yang harus berjalan sinergi dan berkelanjutan,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tahap I Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/8/2022).

Rangkaian Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tahap I dimulai secara serentak di 5 wilayah kerja.

 

Trimble sebagai penyedia software melalui perwakilannya, Trimble Solutions SEA Pte. Ltd. dan Trimble Navigation Singapore SEA Pte. Ltd. akan memberikan pengayaan materi mengenai dasar dan implementasi BIM pada proyek-proyek konstruksi di Indonesia.

Trimble Solutions SEA Pte. Ltd. akan berfokus pada penyediaan infrastruktur dan software Tekla Structures untuk pendetailan dan pemodelan struktur 3D dan Trimble Connect yang merupakan platform kolaborasi antardisiplin.

Sedangkan Trimble Navigation Singapore Pte. Ltd. akan membantu memberikan pelatihan bidang geospatial dengan beragam alat pengukuran total station dan terrestrial laser scanning dan software Trimble Business Center sebagai alat untuk memproses data.

Selain itu, juga terdapat Trimble Site Vision yang berteknologi augmented reality (AR) yang berfungsi untuk memvisualisasikan serta inspeksi proyek secara real time.

 

3 dari 3 halaman

Trimble sebagai penyedia software melalui perwakilannya, Trimble Solutions SEA Pte. Ltd. dan Trimble Navigation Singapore SEA Pte. Ltd. akan memberikan pengayaan materi mengenai dasar dan implementasi BIM pada proyek-proyek konstruksi di Indonesia. Trimble Solutions SEA Pte. Ltd. akan berfokus pada penyediaan infrastruktur dan software Tekla Structures untuk pendetailan dan pemodelan struktur 3D dan Trimble Connect yang merupakan platform kolaborasi antardisiplin. Sedangkan Trimble Navigation Singapore Pte. Ltd. akan membantu memberikan pelatihan bidang geospatial dengan beragam alat pengukuran total station dan terrestrial laser scanning dan software Trimble Business Center sebagai alat untuk memproses data. Selain itu, juga terdapat Trimble Site Vision yang berteknologi augmented reality (AR) yang berfungsi untuk memvisualisasikan serta inspeksi proyek secara real time.

Peningkatan kompetensi juga akan berfokus pada 4 kategori peserta training, yaitu pembentukan calon instruktur, aparatur sipil negara (ASN), penyedia jasa konstruksi, dan calon tenaga kerja konstruksi.

Selain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, turut mendampingi Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dalam acara Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tahap I.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.