Sukses

Deretan Grup K-Pop Terkaya 2022, Urutan Berapa Idolamu?

Ini dia deretan grup K-pop terkaya tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta Upaya K-pop untuk mendominasi dunia masih berlangsung dengan baik hingga saat ini. Dengan grup-grup, seperti BTS dan Blackpink yang memimpin tangga lagu global dengan musik mereka. Tapi pendatang baru pun tak kalah ikut eksis sehingga membuat persaingan semakin sengit.

Dari ratusan grup yang memulai debutnya setiap tahun, hanya segelintir yang berhasil menjadi besar. Bahkan ketika mereka mencapai puncak, itu adalah industri yang bergejolak yang dapat menjatuhkan mereka kembali hanya dengan pemberitahuan sesaat.

Lalu mungkin terlintas di benak para fans mengenai grup mana saja yang paling kaya di dunia ini. Jika Anda salah satunya dan ingin mengetahui, ini dia deretan grup K-pop terkaya tahun 2022 seperti melansir laman South China Morning Post, Senin (22/8/2022).

5. TVXQ – USD 30 juta (Rp 447,4 miliar)

Sebelum BTS muncul, ada TVXQ yang telah menggemparkan dunia sejak debutnya pada tahun 2003. Namun demikian, ikon K-pop tetap menjadi salah satu grup terkaya di industri ini. Menurut Sportskeeda, TVXQ memiliki kekayaan bersih USD 30 juta.

Pernah menjadi band beranggotakan lima orang, duo U-Know Yunho dan Max Changmin yang tersisa tidak akan membiarkan dunia melupakan popularitas mereka.

Pada tahun 2018, TVXQ mencetak rekor di Jepang. Grup ini berhasil menyabet penghargaan sebagai artis internasional pertama yang menjual satu juta tiket untuk satu tur.

Meskipun sudah hampir 20 tahun sejak debutnya, TVXQ masih menanjak di tangga lagu hari ini. Buktinya pada tanggal 17 Agustus, duo ini merilis album Jepang baru "Utsuroi" yang membuat mereka berada di tangga lagu single Oricon dan tangga album untuk pertama kalinya.

4. Twice – USD 35 juta (Rp 522 miliar)

Bos gadis JYP juga dikenal sebagai "Nation’s Girl Group", meskipun Girls' Generation juga bersaing untuk gelar ini. Twice dikatakan bernilai USD 35 juta, menurut K-pop Starz.

Gadis-gadis itu membuat dampak sedemikian rupa sehingga mereka menjadi satu-satunya grup K-pop yang masuk ke daftar Forbes '30 Under 30 Asia.

Pada tahun 2019, para perintis juga membuat sejarah sebagai grup K-pop pertama yang mengadakan "tur kubah" Jepang blockbuster per Billboard.

Setelah JYP mengokohkan reputasinya di dunia hiburan K-pop dengan Stray Kids, agensi tersebut menjadi sorotan sebagai agensi hiburan “tiga besar” pertama di Korea Selatan pada tahun 2018, itu terbantu oleh kesuksesan Twice.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Blackpink – USD 62 juta (Rp 924,7 miliar)

Kelompok revolusioner grup ini telah dengan tepat disebut sebagai “pencari nafkah utama” YG Entertainment dari para penggemar. Girlband yang beranggotakan empat orang ini memiliki total kekayaan bersihnya yang mencapai USD 62 juta.

Blackpink telah menduduki puncak tangga lagu sejak debutnya pada tahun 2016. Bahkan akhir-akhir ini memperkuat status mereka sebagai global sejati, bintang crossover, peringkat di tangga lagu Billboard beberapa kali dan berkolaborasi dengan nama-nama internasional, seperti Lady Gaga, Cardi B, Dua Lipa dan Selena Gomez.

Gadis-gadis ini juga mendapatkan dukungan yang menguntungkan tanpa akhir. Secara kolektif dan individual, mereka bekerja dengan beberapa merek ternama, seperti Dior, Calvin Klein, Chanel, YSL, Celine, Bulgari, Tiffany & Co..

Di samping itu, Blackpink membuat sejarah Spotify pada tahun 2020 dengan single pra-rilisnya How You Like That yang memulai debutnya di posisi kelima dalam tangga lagu Global Top 50 harian Spotify.

Judul lagu itu terus naik ke tangga lagu dan mendarat di urutan kedua sehingga menjadikannya lagu K-pop dengan peringkat tertinggi dalam sejarah Spotify.

Dengan begitu banyak jutaan di kantong mereka, girlband ini dikatakan memiliki asrama di Han River Bamseom Apartments, salah satu kompleks paling bergengsi di seluruh Seoul, menurut Koreaboo.

 

3 dari 4 halaman

2. BTS – USD 120-150 juta (Rp 1,7 triliun sampai Rp 2,2 triliun)

Menurut Sportskeeda, BTS dikatakan memiliki kekayaan bersih antara USD 120-150 juta. Itu dari penjualan album, tur, dukungan merek, dan royalti.

Efek riak-down pada ekonomi Korea Selatan telah terbukti begitu luas sehingga dikatakan bahwa BTS menghasilkan USD 3,9 miliar yang luar biasa bagi perekonomian negara itu – lebih dari banyak perusahaan multinasional, menurut Sportskeeda.

Hanya pada tahun 2019, para anggota BTS menghasilkan USD 170 juta yang mencengangkan dari Tur Dunia Love Yourself mereka. Itu lebih banyak dari band Amerika mana pun pada tahun itu kecuali Metallica, menurut Celebrity Net Worth.

Para personel pun diketahui bekerja sama dengan merek, seperti Baskin-Robbins, LeSportsac, Sketchers, Mattel, Casetify, Tamagotchi, VT Cosmetics dan Jamie Wander.

Pada tahun 2022, setelah merilis album baru "Proof", grup ini meluncurkan game baru, BTS Island. Itu bertemakan seputar pencarian anak laki-laki untuk bersenang-senang dan relaksasi setelah kedatangan misterius mereka di sebuah pulau kosong.

Sementara grup K-pop diketahui tinggal di asrama bersama, kekayaan jutaan dolar BTS telah membantu mereka mendapatkan salah satu asrama termahal di Korea Selatan di Hannam the Hill. Kompleks ini dikenal untuk menampung selebriti lain seperti Psy dan aktris Han Hyo-joo, serta beberapa pengusaha papan atas, menurut Allkpop.

Para anggota juga membeli apartemen mewah masing-masing dengan harga hingga USD 7 juta, menurut Lifestyle Asia.

Di sisi lain, boyband BTS juga dikenal karena filantropinya dan pernah menyumbangkan USD 1 juta ke dana Crew Nation Live Nation untuk membantu mereka yang bekerja di acara langsung yang menghadapi kesulitan keuangan selama Covid-19, menurut Celebrity Net Worth. Menurut CNBC, anak-anak itu menyumbangkan USD 1 juta lagi untuk gerakan Black Lives Matter.

 

 

4 dari 4 halaman

1. Exo – USD 1 miliar (Rp 14,9 triliun)

Kebanggaan dan kegembiraan SM Entertainment dijuluki "Pilihan Bangsa" dan telah menguasai K-pop berkat vokal luar biasa para anggotanya, koreografi tarian yang brilian, dan visual yang indah.

Sangat mengejutkan untuk merenungkan bahwa Exo bisa bernilai enam kali lebih banyak daripada BTS. Bahkan bisa jadi melebihi beberapa selebriti Barat terbesar, seperti Kim K dan Jay-Z .

Meskipun tidak mungkin untuk diverifikasi, angka ini dilaporkan secara luas, di outlet media Korea, seperti KpopStarz, Kami dan Channel Korea. Ada yang mengatakan pula bahwa tiap anggota memiliki kekayaan bersih sekitar USD 7-10 juta.

Sementara media lain, termasuk Sportskeeda dan Otakukart mengutip angka yang lebih konservatif antara USD 100-130 juta.

Meskipun benar bahwa Exo belum menikmati kesuksesan internasional yang sama dengan BTS, kelangsungan hidup mereka yang berkelanjutan di Korea Selatan tidak ada bandingannya.

Pengaruh Exo sangat besar. sangat dihargai sehingga grup ini terdaftar di antara lima selebritas paling berpengaruh di Selebriti Kekuatan Korea Forbes dari 2014 hingga 2018.

Di tempat lain, Popnable menganalisis pendapatan bulanan band dari tujuh tahun terakhir. Kemudian ditemukan pendapatan rata-rata USD 2,5 juta untuk periode 2016-2022.

Bakat musiknya yang menduduki puncak tangga lagu membuat mereka berkolaborasi dengan Star Wars: Episode VII – The Force Awakens yang menghasilkan sebuah lagu berjudul Lightsaber dan sebuah MV dengan anak laki-laki yang membawa lightsabre sebenarnya.

Menurut Soompi, album "Don't Fight the Feeling" yang dirilis pada tahun 2021 berhasil menduduki puncak tangga lagu iTunes Top Albums di setidaknya 85 negara.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.