Sukses

Erick Thohir Ajak Farel Prayoga Penyanyi Cilik Ojo Dibandingke Manggung di Sarinah

Erick Thohir menanyakan bagaimana rencana ke depan untuk Farel, tentang sekolah dan kegiatan bernyanyinya. Farel pun mengungkap dia akan tetap mengutamakan sekolah, namun juga akan terus bernyanyi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu dengan penyanyi cilik asal Banyuwangi yang viral karena berhasil menghibur dalam peringatan Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara pada Rabu 17 Agusrus 2022. Dalam acara tersebut, Daerel menyanyikan lagu Ojo Dibandingke.

Dalam pertemuan tersebut, seperti yang diunggah Erick Thohir di akun media sosialnya, Farel Prayoga senang bisa bernyanyi di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Garis tangan dari Allah, manusia tidak ada yang tahu kan. Terus sekarang bisa nyanyi di depan Pak Presiden dan di depan seluruh rakyat Indonesia, artinya kita harus berterimakasih pada Allah,” kata Erick pada Farel, dalam video yang diunggah di Instagram @erickthohir, dikutip pada Senin (22/8/2022).

Farel juga mengungkapkan perasaannya berjalan menuju podium untuk bernyanyi. Ia mengatakan, dirinya grogi saat itu hingga gemetar kakinya.

Farel juga bercerita, Tiga bulan sebelum bernyanyi di depan Presiden Joko Widodo, dirinya masih menjadi pengamen jalanan dari satu pasar ke pasar lainnya, dari satu kampung ke kampung lain di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Waktu jalan (ke podium) grogi. Saya 3 bulan yang lalu masih ngamen di pasar-pasar dan di kampung,” kata Farel Prayoga berbincang bersama Erick Thohir.

Lantas Erick menanyakan bagaimana rencana ke depan untuk Farel, tentang sekolah dan kegiatan bernyanyinya. Farel pun mengungkap dia akan tetap mengutamakan sekolah, namun juga akan terus bernyanyi.

“Ini luar biasa dan patut ditiru, mau nggak dikasih beasiswa?” tanya Pak Mentri (Erick Thohir).

“Mau banget, kalau sekolah tetap nomor 1 dan saya cita-citanya jadi penyanyi sukses,” jawab Farel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesempatan Manggung di Sarinah

Tak hanya beasiswa, Erick juga menawarkan Farel untuk manggung di Sarinah bareng idolanya.

“Mau nggak nyanyi di Sarinah bareng idolanya?” tanya Erick lagi.

Farel Prayoga dengan dengan malu-malu menjawab “mau”.

Dengan perbincangan Erick Thohir dengan Farel yang diakhiri meminta pesan yang disampaikan untuk ke teman- teman Farel yang diluar sana.

“Jangan sampai menyerah ya, kita meski ada ujiannya, pasti ada jalannya” ucap Farel.

“Siapa yang tidak kepincut dengan suara indah Farel, yang sukses bikin ambyar Istana Negara kemarin. Farel cerita banyak tentang perjalanan hidup dan mimpinya. Insya Allah, semoga bisa tercapai. Semangat terus Farel!” pesan Erick.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Dinobatkan Jadi Duta Kekayaan Intelektual Pelajar

Penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel Prayoga tampil memukau menyanyikan lagu "Ojo Dibandingke" di hadapan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri kabinet Indonesia Maju saat peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara.

Hal ini juga membuat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly langsung memberikan surat pencatatan ciptaan seni pertunjukan dengan nomor EC00202254496 kepada Farel dengan judul ciptaan "Penampilan sebagai Penyanyi Cilik Pada Acara Upacara Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 77 di Istana Negara".

"Ini sebagai bentuk respon cepat saya sebagai Menkumham dalam melindungi karya cipta seni pertunjukan milik Farel," kata dia dalam keterangan yang diterima, Kamis 18 Agustus 2022.

Yasonna menilai bahwa sosok Farel sangat menginspirasi rakyat Indonesia, di mana dirinya yang baru menginjak usia 12 tahun justru tidak malu mempopulerkan lagu-lagu campursari berlirik Bahasa Jawa.

Pada kesempatan yang sama, Farel Prayogyo juga dinobatkan menjadi Duta Kekayaan Intelektual Pelajar Bidang Seni dan Budaya Tahun 2022 oleh Menkumham.

"Diharapkan Farel ini dapat menjadi inspirasi para pelajar untuk menghormati, menghargai budaya tradisional dengan mengenalkan bahasa jawa melalui lagu dan seni," ungkap Yasonna.

Menurut dia, penobatan Duta Kekayaaan Intelektual Pelajar ini sekaligus dalam rangka untuk meningkatkan promosi dan penyebarluasan informasi serta sosialisasi di bidang kekayaan intelektual (KI) khususnya di kalangan pelajar.

Yasonna menjelaskan Duta KI Pelajar Bidang Seni dan Budaya kali ini merupakan pelaku seni pertunjukan dari kalangan pelajar yang telah menunjukkan prestasi dan karya yang dikenal oleh masyarakat Indonesia.

"Dia juga diharapkan dapat menginspirasi para pelajar di Indonesia untuk berkarya sejak dini dan menghargai serta melestarikan lagu-lagu kesenian tradisional. Biasanya kan anak seumuran Farel senangnya dengan lagu KPop," kata dia.

Reporter:Firda Makarimah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.