Mimpi Anak Usaha Pupuk Indonesia, Bangun Pabrik Nitrogen hingga PLTS

Oleh Liputan6.com pada 20 Agu 2022, 22:33 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 22:36 WIB
Gedung kantor pusat Pupuk Indonesia
Perbesar
Gedung kantor pusat Pupuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pada 18 Agustus 2022, PT Pupuk Indonesia Utilitas (PI Utilitas), salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) genap berusia delapan tahun (sewindu).

Direktur Utama (Dirut) PI Utilitas, Agus Subekti, mengemukakan jika ada sembilan rencana strategis perseroan yang akan segera direalisasikan. Rencana tersebut diungkapkan Agus pada perayaan ulang tahun kedelapan yang digelar secara hybrid di Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2022.

“PI Utilitas akan terus melakukan transformasi dan peningkatan ekspansi bisnis. beberapa rencana strategis proyek pengembangan PI Utilitas ke depan saat ini ada yang sedang dalam proses tender dan ada juga dalam tahapan kajian yang dilakukan oleh internal PI Utilitas dan konsultan,” katanya, Sabtu (20/8/2022).

Agus menjelaskan beberapa program pengembangan yang saat ini sedang dilakukan yaitu, pertama rencana pembangunan Cikampek Nitrogen & Oxygen Plant (CNOP) di Kawasan Cikampek, Jawa Barat yang saat ini sedang dalam tahapan proses tender dan pembangunannya ditargetkan selesai awal tahun 2024.

Kedua, perseroan juga sedang mempersiapkan rencana akuisisi salah satu perusahaan pembangkit listrik yang akan terealisasi pada tahun ini. Ketiga, rencana pembangunan Pembangkit Listrik TenagaSurya (PLTS) untuk mendukung program Dekarbonisasi di Grup PT Pupuk Indonesia (Persero)

“Keempat, Pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga menjadi bagian dari rencana strategis yang akan kami lakukan ke depan,” ujarnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Selanjutnya

Pabrik Pupuk milik Pupuk Indonesia Holding Company
Perbesar
Pabrik Pupuk milik Pupuk Indonesia Holding Company (dok: Pupuk Indonesia)

Kelima, menurut Agus, pada saat ini juga sedang dilakukan kajian pembangunan panel surya (solar cell) di Grup PT Pupuk Indonesia. Keenam. Operation and Maintenance (O&M) Water Treatment Plant System. Ketujuh, kajian pembangunan package boiler untuk pabrik soda ash di kawasan industri Petrokimia Gresik di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Kedelapan adalah rencana pembangunan gas engine untuk kawasan industri di Lhokseumawe, Aceh dan Kesembilan atau terakhir kajian terkait rencana trading gas industri,” katanya.

Terkait dengan rencana strategis tersebut, Agus mengatakan pada hari ini telah dilakukan penandatanganan lima kerjasama. Pertama, Head of Agreement (HOA) antara PI Utilitas dengan PT Rekayasa Industri. Kemudian yang kedua adalah Memorandum of Understanding (MoU) antara PI Utilitas dengan PT Metito Indonesia tentang kerja sama dalam bidang water treatment plant (WTP) system.

“Ketiga, adalah MoU antara PI-Utilitas dengan PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya, Tentang pengembangan energi baru terbarukan,” ujarnya.

 


Penyediaan Oksigen

FOTO: Melihat Posko Rescue Oxygen DKI Jakarta
Perbesar
Sejumlah tabung oksigen yang akan didistribusikan bejajar di Posko Rescue Oxygen, Monas, Jakarta, Senin (5/7/2021). Posko Rescue Oxygen didirikan untuk membantu penyediaan tabung oksigen bagi rumah sakit pemerintah dan swasta khusus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian yang keempat adalah penandatanganan kesepakatan bersama tentang rencana kerja sama strategis antara PT Pupuk Kujang dan PI Utilitas.

“Terakhir atau kelima adalah kesepakatan bersama antara PI Utilitas dan PT Hurip Putera Husada,engenai rencana kerja sama strategis penyediaan oksigen,” katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya